Mlipir Ke Besi Tua Gondang Winangoen

BesiTuaGondang (7)

Kali ini pergi kuliah di temanin istri menuju jogja, setelah pulang sebelum dhuhur kamipun pulang dan melakukan perjalanan dari Jogja menuju Solo. Banyak sekali kenangan dimasa kuliah S1 dulu di UGM, salah satunya adalah rutinitas saya dikala kuliah, yaitu melakukan perjalanan naik motor dari Jogja menuju Gondang Winangoen (Klaten), tempat inilah dimana ayah saya pernah bertugas dan saya sempat tinggal di tempat tersebut kurang lebih 6 bulan waktu itu dan akhirnya ngekost di jogja. Setelah menempuh 25Km dari Jogja Kami  melihat Rest Area Air Mancur Gondang Winangoen dan langsung membelokkan kendaraan ke parkiran. Gondang Winangoen bisa disebut Pabrik Gula Gondang Winangoen adalah salah satu tempat bersejarah dan termasuk industri perkebunan klasik yang masih aktif di tengah-tengah persaingan industri di era modern ini. Pabrik Gula Buatan Belanda ini berdiri sejak tahun 1860.

BesiTuaGondang (9)

BesiTuaGondang (8)

BesiTuaGondang (1)

Setelah memarkirkan mobil di dekat pos satpam, kami pun berjalan kaki berdua dan disana banyak sekali besi tua, yang disayangkan adalah ada satu besi tua dalam bahasa belanda bisa disebut Sepoor atau kereta uap (kereta api). Tampak sekali di pojok ndongkrok seperti rosok dan bertuliskan “Kamar Mandi” , sempat berpikir Sepoor tersebut kalau di rosokin bisa dapat berapa duit ya :D.

BesiTuaGondang (10)

BesiTuaGondang (4)

Kami pun berjalan ke Sebelah barat sepoor, disana  terdapat deretan Lori, Lori ini masih digunakan dikala musim Giling. Dan usia Sepoor dan Lori ini sudah puluhan – seratus tahun. Lori dan Sepoor hingga saat ini sebagian masih digunakan oleh industri pabrik gula untuk mengangkut tebu (bahan dasar gula) untuk dimasukkan ke mesin penggilingan.

BesiTuaGondang (3)

Selain terkenal dengan Museum Gula nya, Pabrik Gula Gondang Winangun juga pernah dijadikan tempat-tempat syuting film  bersejarah seperti Habibi dan Ainun.  beberapa Scene film tersebut pernah mengambil gambar di salah satu rumah didepan deretan rel dan sepoor ini. Kalau tidak salah ingat di adegan film ketika  Ibu Ainun masih kecil dan menikah dengan pak BJ Habibi.

BesiTuaGondang (11)

BesiTuaGondang (6)

BesiTuaGondang (5)

Sambil melanjutkan jalan kaki, Tepat di pojok rumah yang digunakan untuk syuting Habibie Ainun tersebut terdapat Sepoor yang di tumpangkan dengan besi, disitulah ada pohon beringin besar yang sangat rindang yang usianya ratusan tahun. Beberapa bangunan di Gondang Winangoen sebagian memang sudah direnovasi sebagai tempat Agro Wisata salah satunya adalah rumah rumah dinas yang beberapa sudah menjadi Penginapan dan Beberapa sebagai tempat bermain / rekreasi. Sebenarnya ingin sekali lebih mengeksplore lebih dalam tempat ini meskipun sebenarnya pernah tinggal disini dulu. Namun karena waktu sudah mulai dhuhur akhirnya kami melanjutkan perjalanan kembali menuju ke Solo.




Iklan

11 comments

  1. Pas di Belanda di stasiun kereta api nemu kata spoor, yang artinya sebenarnya adalah jalur rel kereta api, bukan kereta api nya hahaha….. Spoor 1, artinya platform 1 (Inggris), Jalur 1 (indonesia) .

    1. hehe..malah saya baru tau, makanya klo liat di perlintasan kereta yang model lama biasanya awas spoor (kirain awas kereta api) harusnya (awas rel) hehehe

    1. Kalau Madukismo sya sudah lama dengar tapi belum pernah kesana mas..lokasi pasnya sebelah mana itu mas Madukismo..coba mas main ke Gondang WInangoen ben tambah wangoen hehehe

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s