Cara Makan Soto Yang Benar

Posted on Updated on

Soto (2)

#Culinary – “Soto adalah senyawa makanan yang sangat terkenal di Indonesia“. Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas negeri ini seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, namun soto sendiri awal populer setau saya dari Semarang yang di bawa pedagang dari Negeri China dengan nama Coudo. saking populernya di jaman dulu akhirnya Soto terdiri dari berbagai macam varian seperti  soto Madura, soto Kediri, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar (orang makasar menyebutnya coto bukan soto meskipun ini masih satu varian).

Soto (1)

Hampir setiap pagi atau siang ketika makan di luar dan mampir di warung soto biasanya saya memakannya dengan cara yang berbeda. pada dasarnya setiap Soto terutama yang berada di kota dimana saya tinggal selalu menyediakan berbagai macam gorengan. mulai dari tempe, tahu,bakwan dan lento (salah satu gorengan khas solo). nah lalu bagaimana memakan soto yang benar versi saya :), setiap membeli soto saya selalu minta dua mangkok. yang pertama mangkok untuk soto dan satunya mangkok untuk gorengan. biasanya disini saya mengambil beberapa gorengan seperti bakwan, tahun dan tempe. Saya meminta si penjual soto untuk memotong-motong gorengan tersebut. setelah itu disajikan dengan toping kecap dan sambal yang cair.

Soto (3)

Keuntungannya disini tangan tetepa bersih, karena biasanya kalau dilihat pada umumnya kalau orang-orang makan soto tangan satu pengang sendok satunya pegang gorengan atau kerupuk. ilustrasi seperti apa penyajiannya? ya seperti foto yang saya ambil diatas. bagi teman-teman yang sedang berada di kotasolo silahkan mampir di warung-warung soto seperti : Soto Seger Mbok Giyem, Soto Ledok, Soto triwindu, Soto Gading dan masih banyak lagi warung Soto lainnya seperti Soto Mbah Prawiro Kartasura seperti di gambar yang saya ambil.

Iklan

24 thoughts on “Cara Makan Soto Yang Benar

    Satusatuen said:
    3 September 2015 pukul 3:36 AM

    cara makan soto yang benar ala Wawan adalah ambil soto menggunakan sendok dan masukkan ke dalam mulut. Kunyah dengan gigi kemudian telan. Jangan lupa minum air putih.
    :v :v :v :v

      mysukmana responded:
      3 September 2015 pukul 3:43 AM

      ngono yo kenek mas wkkwwk

    Nisfiani Istiqomah said:
    15 Mei 2015 pukul 5:31 AM

    Boleh juga pak caranya,, tapi kalo di warung soto bu umi deket kampus ada garpunya kok pak, hehehe.. 😀

      mysukmana responded:
      15 Mei 2015 pukul 4:07 PM

      wahahaha…tetep pake cara ini enak

    bukanrastaman said:
    15 Mei 2015 pukul 2:50 AM

    bener juga ya mas..

    btw saya tadi pagi makan soto, cuma apa saya dari kampung, kalo makan gorengan gag pakai tangan itur rasanya beda 😀

      mysukmana responded:
      15 Mei 2015 pukul 2:59 AM

      dulu awalnya saya juga gitu mas, tetapi semakin dewasa kok rasanya aneh. dan jadinya belepotan hehee..apa lagi pegang dua duanya..(klo pake garpu mungkin sih oke oke aja) tetapi jarang warung soto yang nyediain garpu mas hahah

    yusmei said:
    12 Mei 2015 pukul 11:54 AM

    Caramu unik mas..hehehe. Tapi sayange gak terlalu hobi makan soto, lebih suka makan baksooo ihihi

      mysukmana responded:
      12 Mei 2015 pukul 2:41 PM

      nah klo makan bakso enaknya pake tahu, terus di suwir-suwir kasih kecap enak 🙂

    Hengki said:
    11 Mei 2015 pukul 5:40 AM

    Dulu pernah mampir ke kota solo waktu masih SMA, tahun 2008an. Itupun karena lomba. Jadi gak sempat jalan-jalan. Nanti deh kalau ada kesempatan lagi nyicipin.

    Kalau saya gak bakalan tahan makan soto tambah gorengan :’) perut kecil.

      mysukmana responded:
      11 Mei 2015 pukul 6:44 PM

      Wah 2008 saya juga msh di jogja..ternyata udah lama ya mas.kapan kapan klo pas lewat atau ke solo mampir mas..:)

    shiq4 said:
    10 Mei 2015 pukul 11:20 PM

    Saya sukanya soto daging jadi belum pernah sekalipun makan soto campur gorengan. Pertama kali dengar

      mysukmana responded:
      11 Mei 2015 pukul 3:15 AM

      gorengan biasanya sebagai pendamping saja kak, hehe..itu style saya klo lagi mam soto biasanya gitu..:D

    maisya said:
    10 Mei 2015 pukul 3:54 PM

    Hehe.. boleh juga caranya. 😀
    Kalau aku seringnya sebelum sotonya dateng udah gak sabar ngemil gorengannya duluan. Biasanya kan gorengan udah tersaji cantik di meja haha.. *kelaperan*

      mysukmana responded:
      10 Mei 2015 pukul 8:36 PM

      Hehe..coba pake cr ini mbk..lbh nikmat..apa lg kalo gorengannya bakwan..

    Eva Fembiana said:
    10 Mei 2015 pukul 3:42 PM

    enak sekali itu pak.. 🙂

      mysukmana responded:
      10 Mei 2015 pukul 8:36 PM

      Pastinya..;-)

    winnymarch said:
    10 Mei 2015 pukul 6:26 AM

    soto banyak jenisnya klo di indoensia yah bg

    Aan said:
    10 Mei 2015 pukul 3:57 AM

    kalau cara makan soto enggak seperti itu trus bikin enggak kenyang ya? 😀

      mysukmana responded:
      10 Mei 2015 pukul 5:14 AM

      lha biasanya klo liat orang makan soto kanan kiri pegang gorengan..hahaha,,kan soto cuma pake sendok kecil biasanya 🙂

    agoey said:
    10 Mei 2015 pukul 1:36 AM

    weleh.. tapi yang penting makan… sa bodo bener atau salah.. 😆

      mysukmana responded:
      10 Mei 2015 pukul 1:51 AM

      bukan yang penting makan, tapi makan ada aturan 🙂

    Dita said:
    10 Mei 2015 pukul 1:04 AM

    Aduuhh kak aku jadi pengen makan soto pagi2, nyari dimana coba di Jakarta ini x((((

      mysukmana responded:
      10 Mei 2015 pukul 1:05 AM

      jakarta mana ada makanan beginian, adanya bubur ayam hehe :))

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s