Rhodi Kebuli “Masakan Timur Tengah Rasa Jawa Tengah”

Kebuli-WP (4)

Kota Solo (Surakarta) memang di kenal dengan kekayaan kulinernya, baik kuliner asli dari solo itu sendiri maupun kuliner impor yang sudah di modifikasi. salah satu khas yang ada dan satu satunya nasi kebuli yang terkenal di kota solo adalah Nasi Kebuli Mbah Soleh buatan Ngruki (bukan ponpes ngruki lho..). Nasi Kebuli merupakan masakan khas timur tengah (arabian food), namun ditangan pak rhodi Nasi Kebuli yang berada di daerah laweyan solo ini sudah di modifikasi dengan lidah orang jawa. beberapa waktu yang lalu saya mampir di tempat ini. dan berkenalan dengan empunya yaitu pak rodhi. bapak satu anak ini memang sebenarnya sedikit keturunan arab dan menikah dengan orang jawa. konon beliau dulunya adalah seorang pelayar hingga timur tengah. dan mulai merintis usaha rodhi kebuli ini sejak dari ayahnya yang lebih dulu membuka usaha katering di daerah Ngruki.

Kebuli-WP (3)

Kebuli-WP (7)

Kebuli-WP (6)

Ketika saya masuk di warung yang tidak terlalu lebar, ukuran 6×6 meter persegi sudah merasakan bau nasi kebuli yang khas rempahnya. dan pak rodhi pun memberikan saya menu yang ada di mejanya. disni berbagai menu Nasi Kebuli ditawarkan, apa lagi nasi kebuli nya tidak hanya satu macam. ada nasi kebuli original kambing dan ada pula nasi kebuli ayam (baik porsi besar maupun porsi kecil). saya pun memesan spesial untuk hari itu, yaitu Nasi Kebuli Kambing Besar dan Kopi Arab :).

Kebuli-WP (9)

Kebuli-WP (10)

Kebuli-WP (2)

Sambil menunggu pak Rodhi, saya pun minta ijin Pak Rodhi untuk mengambil gambar dengan kamera saya. dan melihat lihat menu lain selain yang saya pesan, beberapa media lokal hingga nasional juga pernah meliput Nasi Kebuli Mbah Soleh ini ternyata. Oh iya selain nasi kebuli untuk menu tambahan lainnya pak rodhi juga menyediakan berbagai menu pilihan khas timur tengah diantaranya seperti ; tengkleng, kambing goreng maroko, roti prata dan roti maryam. selain menu pokok terdapat juga berbagai minuman khas seperti teh tarik asli, teh rempah, jahe rempah, es rempah dan kopi arab seperti yang saya pesan.

Kebuli-WP (1)

Kebuli-WP (13)
Tak lama kemudian pesanan pun datang, Nasi Kebuli Kambing Besar dan Kopi Arab. satu persatu saya cicipi dan hmm..cukup cocok dengan lidah jawa. mungkin kalau dibayangkan rempahnya terasa banget perpaduan rempah arab dan rempah timur tengah. dan pak rodhipun bilang ” ini masakan timur tengah rasa jawa tengah mas”. “begitu ya pak” dan saya menjawabnya. yang saya heran, daging kambingnya tidak bau prengus dan sangat empuk terlebih dengan tambahan acar tomat nanas dan kentang hmm yummy.. sambil menikmati nasi kebuli,  di sela sela makan saya coba menikmati teh Arab yang cukup menghangatkan badan. pasti para temen-temen yang membaca ini penasaran dan mau nyoba..? :D, silahkan jika sedang berada di kota solo boleh lah mampir disini.

Nasi Kebuli Mbah Soleh Ngru-Q

Jl. Perintis Kemerdekaan No.66 Kabangan 0271-2520002

Whatsapp : 089622225390, BB 222Eb5A7 twitter : @RODHI_KEBULI

Buka Senin-Sabtu 09.00-21.00, Minggu Libur

5 comments

  1. waah Nasi Kebuli! makanan khas peranakan yang selalu jadi favorit. Kalau di Bandung ada Nasi Kebuli enak buatan Sayyid Abu Ali. Dulu beliau buka kedai, tapi karena nampaknya karena kesibukannya, sekarang hanya menerima pesanan untuk acara pengajian, aqiqah, dan paketan lainnya. pengajian kantor saya selalu menjadikannya menu utama. 🙂

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s