Tongkol Asam Manis

Posted on Updated on

Tongkol Asam Manis (1)

Ceritanya nginep di rumah mertua dan ibu sedang pergi ke pantai (piknik bersama teman teman kantor), malamnya pulang dan dibawaain oleh oleh ikan Tongkol dari pantai selatan (kesukaan banget nih). keesokan harinya, saya kalau berangkat kekantor agak siangan dibanding dengan yang lain. tiba tiba dapat tugas dari ibu mertua : “mas ada ikan di kulkas dimasak ya..terserah mau dimasak apa” , biasanya tugas seperti ini adalah tugas istri, karena istri sedang hamil saya yang ambil alih karena mertua tau saya bisa masak.

Tongkol Asam Manis (2)

al hasil seperti inilah masakan saya “Tongkol Bumbu Asam Pedas Manis” resepnya sih gak susah, cuma manfaatin bahan yang ada di kulkas saja seperti ( Tomat, Blimbing Wuluh, Lombok Hijau, Lombok Merah) dan untuk bumbunya (Garam, Bawang Putih, Gula, Saus Tomat dan Saus Sambal) cuma disini minus tepung Maezena jadi kurang kentel bumbunya.

Cara masaknya : Tongkol yang sudah di goreng setengah matang di tiriskan, lalu masukin bumbu yang sudah di uleg, gongso dan dicampur dengan bahan yang sudah diiris, setelah itu tambahkan air matang secukupnya dan masukkan ikan tongkol yang sudah ditiriskan tadi, usahakan  ikan tongkol jangan sering di bolak balik. setelah aroma sedapnya terasa baru lah bisa dihidangkan. oh iya..dalam memasak biasanya saya tidak menggunakan takaran tertentu. cuma dikira-kira saja, kira-kira di icipi enak ya sudah pas 🙂 , karena saya bukan Chef 😀

Iklan

13 thoughts on “Tongkol Asam Manis

    izzawa said:
    3 Agustus 2015 pukul 5:22 PM

    Ini kesukaan saya lho mas…tp g pndai manis hehe..btw keren nih si mas bs masak…👍👍👍

      mysukmana responded:
      3 Agustus 2015 pukul 5:33 PM

      Oya…kalau rumah dkt pantai enak makan beginian

    Junaidi m said:
    3 Agustus 2015 pukul 6:30 AM

    Jadi kangen tongkol masakan ibu

      mysukmana responded:
      13 Agustus 2015 pukul 10:45 PM

      suruh masakin lah mas..

    winnymarch said:
    31 Juli 2015 pukul 10:24 PM

    lihatnya jadi laper kak ahaha

      mysukmana responded:
      1 Agustus 2015 pukul 4:55 AM

      Makan lah sist

    eda said:
    31 Juli 2015 pukul 3:12 PM

    wah keren bisa masaak… resepnya boleh dicontoh yaaa..

      mysukmana responded:
      31 Juli 2015 pukul 5:23 PM

      silahkan bu eda di coba sendiri,

    nyonyasepatu said:
    31 Juli 2015 pukul 9:13 AM

    Laper deh jadinya

      mysukmana responded:
      31 Juli 2015 pukul 9:15 AM

      Aku udah mam ..jd kenyang..

        nyonyasepatu said:
        31 Juli 2015 pukul 9:16 AM

        cuman makan buah kalau pagi, jadi laper liat beginian

          mysukmana responded:
          31 Juli 2015 pukul 9:24 AM

          Gak mam roti mbk..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s