Cave Tubing Goa Pindul : Petualangan Seru Mengarungi Sungai Di Dalam Goa

 

14

Bismillah :), beberapa waktu lalu saya bersama istri dan rekan-rekan staf dari IAIN Surakarta berwisata ke Yogyakarta daerah Gunung Kidul tepatnya di Goa Pindul. Pertama kali mendengar tentang Goa Pindul ketika salah satu teman memposting foto foto di facebook saat itu, jadinya penasaran pengen nyobaik petualangan disini. Menurut sejarahnya Goa Pindul di buka untuk tempat wisata pada tahun 2010 oleh penduduk sekitar dan di resmikan oleh Almarhum Bupati Gunungkidul saat itu. Goa Pindul dulunya hanya sebuah goa yang tidak terawat dan di jadikan sarang kelelawar, makanya tak heran kalau ketika di dalam goa banyak kelelawar yang bergelantungan di langit-langit Goa.

1

1-

Pagi itu pun kami sudah berkumpul di Boulevard IAIN Surakarta (Solo), dan tepat jam 6.30 berangkat. Jarak tempuh antara Solo hingga di desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta  kurang lebih 2-3 jam perjalanan. Setelah sampai di Desa Bejiharjo tempat dimana Goa Pindul berada, kami sudah ditunggu oleh mobil colt pickup yang akan membawa ke lokasi goa kurang lebih 1 km perjalanan. memang untuk bus besar tidak bisa masuk ke lokasi langsung kecuali dengan mobil atau motor, itupun dibatasi karena lahan parkit yang belum terlalu luas.

2

3

Petualangan menyusuri sungai didalam goa pun dimulai, setelah membayar tiketmasuk Goa Pindul kalau tidak salah paket reguler sebesar 35 ribu perpengunjung, harga tiket ini sudah incclude perlengkapan diantaranya Jaket pelampung, Ban karet, Senter kepala, Sepatu karet dan jasa Pemandu yang akan menemani menyusuri goa ini. Namun karena kami menggunakan jasa Tour dan Travel per pengunjung 60.000, itu sudah termasuk snack dan makan siang .

Setalah kami memakai peralatan lengkap. kami di pandu untuk masuk ke mulut goa dengan saling memegang ban antar sesama. hal ini dilakukan supaya tidak terpisah dari rombongan. untuk masuk di goa ini sebaiknya tidak membawa kamera digital kecuali di bungkus plastik yang sudah disediakan oleh operator. tapi kalau pake kamera anti air model Go Pro sih oke oke saja.

5

6

4

Perjalanan di dalam Goa Pindul ini kami tempuh selama 1-1,5  jam didalam Goa. atau kurang lebih dengan jarak 1,5 km. dengan aliran sungai yang tenang dan jernih, kami pun menikmati setiap lorong Goa dan Stalaknit yang menjulur dari langit -langit goa. Beberapa spot menarik terdapat didalam Goa, seperti kelelawar yang bergelantungan di langit goa, langit Goa yang berlubang, sehingga cahaya matahari yang turun dari langit tampak indah. apalagi tetesan air dari stalaknit. surga dunia pokoknya lah 🙂

12

11

Di Spot-spot inilah pemandu dari operator goa pindul memberi kita waktu 15-30 menit untuk melakukan foto-foto dan turun dari ban dan berenang, karena kedalamannya yang relatif dangkal. namun ada beberapa titik tertentu yang dalamnya palung sungai hingga 7 meter. jadi kalau petualangan disini harus hati hati.

8

Kata pemandu, di goa pindul  terdapat 3 bagian, pertama goa dengan tingkat pencahayaan terang, lalu bagian yang mulai gelap atau remang-remang  dan bagian yang gelap total. disini ada baiknya harus saling memegang ban tiap kelompok rombongan.

10

7

Setelah 1 jam lebih berada didalam Goa akhirnya kami sampai di ujung Goa. ternyata banyak sekali pengunjung waktu itu yang sudah selesai melakukan perjalanan dari dalam goa pindul. petualanganpun selesai, dan kami langsung menuju tempat parkir. disana mobil colt pickup yang tadi mengantar kami di awal perjalanan sudah setiap menunggu untuk mengantar kami kembali menuju pos operator dititik dimana kami di berangkatkan.

13

15

Selama perjalanan didalam aliran sungai dan berenang didalam air tentunya membuat kami merasa kelaparan. dan kamipun menikmati santapan Siang yang sudah disediakan oleh Tour dan Travel yang kami sewa. untuk keterangan lebih lanjut ini adalah alamat Operator Goa Pindul yang kami kunjungi waktu itu http://goapindul.net/




10 comments

  1. 4 tahun lalu masih sepi dan lebih alami, sayang sekarang sudah kebanyakan pengunjung krn pengelola jadi banyak dan tdk dibatasi.. cb ke Goa Kalisuci mas.. disana hampir mirip pindul…

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s