Festival Topeng Internasioal di Kota Solo

Posted on Updated on

IMF (2)

IMF (International Monetery Fund)? bukan..(Impossible Mission Force) juga bukan? :D, IMF di kota saya berada adalah ajang bergengsi yang di ikuti oleh SIPA. IMF (International Mask Festival) dan disini lebih bekennya pake IIMF (Indonesian International Mask Festival) yang diselenggarakan 4-5 September 2015 beberapa hari lalu berlokasi di Kraton Mangkunegaran, Solo (Padahal Semula rencananya di Vastenberg) . Solo pokoknya nggak ada matinya kalau soal beginian 🙂 berbahagialah saya yang tinggal di kotasolo ini, nikmat apa lagi yang bisa saya dustakan, banyak orang keren dan pertunjukkan keren yang menunjukkan peformanya di kota ini 🙂

IMF (3)

IMF (7)

IMF (4)

Dalam festival ini akan menampilkan tari-tarian topeng dari wilayah Indonesia maupun Internasional. Indonesia Internasional Mask Festival (IIMF) adalah festival berskala internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Solo, Semarak Foundation dan SIPA community sebagai ajang pertemuan seni topeng dari dalam dan luar negeri serta sarana promosi yang sempurna sekaligus bergengsi. padahal cuma topeng loh, tapi ini merupakan karya seni yang membuat saya pribadi kagum melihatnya. sekaligus sebagai refreshing penat yang melanda.

IMF (6)

Beberapa tarian yang ikut memeriahkan acaara IMF ini diantaranya adalah Tari Topeng Panji Bobung oleh Patut, Putang, Gunung Kidul Jogjakarta. terus ada penari bernama Iwan Djajiono penari asal Jogjakarta, yang menyiramkan Lilin ke tubuhnya dalam tarian Sisi Lain. Ada juga Tarian Buto, dikisahkan sebagai makhluk penghuni lereng Gunung Merapi dalam Tari Buto Birowo dari Rukun Santoso Boyolali.

Selain dari Boyolali ada juga yang dari tegal dengan menampilkan Prabu Klono Sewandono, tokoh utama dalam Tari Topeng Kresna dipersmbahkan oleh Sanggar Sekar Arum Tegal, Tari Endagi oleh adek adek SMP Negeri  2 Purworejo, Tari Topeng Klana oleh Kaniri dari Indramayu dan masih banyak lagi selama dua hari tersebut. hingga dalam pertunjukan kemarin juga ada performer berkelas internasional, seperti Kim-Jong Heung dari Korea Selatan, dan Hideta Kitazawa dari International Mask and Culture Organisation (IMACO), Jepang.

IMF (5)

Oh iya Kegiatan ini merupakan bagian dari International Ancient Mask Summit (IAMS) yang diselenggarakan oleh International Ancient Mask Center Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) dan Solo Art Base, Boyolali. dan next ketika saya menulis tulisan ini akan ada Event yang tidak kalah keren yaitu SIPA dan Festival Payung yang sudah saya publikasikan beberapa posternya disini dan akan diselenggaran 11-13 September 2015. Solo memang Spirit Of Java pokoknya 🙂

NB : Photo Credit By SIPA





Iklan

8 thoughts on “Festival Topeng Internasioal di Kota Solo

    Evi said:
    13 September 2015 pukul 4:05 PM

    Keren ya acaranya..Jadi tahu topeng-topeng dari negara lain..:)

      mysukmana responded:
      13 September 2015 pukul 4:16 PM

      keren bu Evi, main dong ke solo. banyak acara tradisional disini 🙂

    winnymarch said:
    10 September 2015 pukul 9:58 PM

    dari dulu penasaran ama acara beginian

      mysukmana responded:
      11 September 2015 pukul 8:57 AM

      Ayoo lihatt..

    Sandi Iswahyudi said:
    10 September 2015 pukul 8:50 PM

    Kalau acara kesenian macam gini saya juga suka mas. Hem, apalagi yang berbau seni.

      mysukmana responded:
      11 September 2015 pukul 8:56 AM

      Nanti k solo khan..

        Sandi Iswahyudi said:
        11 September 2015 pukul 10:07 AM

        Iya mas ini lagi di kereta hehe

          mysukmana responded:
          11 September 2015 pukul 10:55 AM

          Titi djeh mas..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s