Monumen Mesin Giling Agro Wisata Sondokoro

EngineerMuseum (7)

#Photography – PhotoBlogging dan Hunting foto kali ini adalah ke Monumen Monumen Mesin Giling Agro Wisata Sondokoro yang terletak di kawasan kompleks PG Tasikmadoe “Cerb.Stork & C.Hencelo.1926” merupakan bangkai dari mesin giling tebu yang di gunakan oleh belanda pada tahun 1926 yang kini oleh pengelola di renovasi lagi menjadi sebuah museum. Bisa bayangkan betapa beratnya besi besi tua ini. kalau orang otomotif mungkin tau istilah istilah seperti slinder, kopel, gear dan itu pun ukurannya kecil. kalau para pembaca mengunjungi monumen mesin giling ini pasti akan terpesona dengan hebatnya orang menciptakan teknologi dikala itu (sangat besar dan berat sekali ukurannya) . Besi tua yang sangat kokoh, gear dengan diameter meteran dan berbagai macam potongan-potongan mesin industri gula yang pernah direbut oleh KGPAA Mangkunegaran IV dari belanda masih berdiri kokoh disini,  keren kan. Nah saya pribadi ada ide nih kalau objek-objek tersebut mungkin juga sangat cocok buat foto-foto seperti prewedding dan adek adek yang suka selfie 🙂

EngineerMuseum (6)

EngineerMuseum (3)

EngineerMuseum (9)

EngineerMuseum (4)

EngineerMuseum (5)

EngineerMuseum (8)

EngineerMuseum (1)

EngineerMuseum (2)

Iklan

25 comments

  1. Wow, kalau komponennya saja sebesar itu, besar mesinnya yang asli seperti apa ya… saya pernah lewat beberapa pabrik gula peninggalan belanda yang masih asli di kawasan Bondowoso, dan memang gedungnya besar sekali, mungkin untuk menampung mesin yang sebesar itu yah :hehe. Keren, apalagi saya lihat tempatnya bersih dan monumennya terjaga dengan baik. Potensi wisata banget ini mah :hehe. Ini di Karanganyar sebelah mana, mas?

    Ukurannya masif! Saya masih terkagum-kagum melihatnya :haha.

  2. Saya dulu sempat keliling PG mas, PTPN Jateng Jatim, dalam rangka verifikasi perizinan limbahnya.. Yang paling horor bukan suasana inspeksinya, tapi kalau diundang makan malam dan menginap di area pabriknya.. hehe

        1. Iya..dr kelas 3 SD smpe SMA d Tasikmadu. Kuliah d jogja d PG Gondang Klaten. Udah biasa jd g takut..pernah duli jam 1 bangun laper bikin mie.kyk ada yg godain hihiiii tp tak godain genti..hihii

  3. itu cuman museum? kalau di Klaten, ada PG yang masih produksi. Namanya PG Gondang Winangoen tinggalan Belanda dulu. Ada juga PG Ceper yang sekarang jadi objek wisata mistis karena udah lama gak dipake dan jadi wingit (angker)

    1. Iya klo PG di jateng bag timur sy sudah mengunjungi semua mbk..sy jg pernah tinggal dikomplek2 mistis ini dr SD smpe SMA hihiii

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s