Monumen Mesin Giling Agro Wisata Sondokoro

Posted on Updated on

EngineerMuseum (7)

#Photography – PhotoBlogging dan Hunting foto kali ini adalah ke Monumen Monumen Mesin Giling Agro Wisata Sondokoro yang terletak di kawasan kompleks PG Tasikmadoe “Cerb.Stork & C.Hencelo.1926” merupakan bangkai dari mesin giling tebu yang di gunakan oleh belanda pada tahun 1926 yang kini oleh pengelola di renovasi lagi menjadi sebuah museum. Bisa bayangkan betapa beratnya besi besi tua ini. kalau orang otomotif mungkin tau istilah istilah seperti slinder, kopel, gear dan itu pun ukurannya kecil. kalau para pembaca mengunjungi monumen mesin giling ini pasti akan terpesona dengan hebatnya orang menciptakan teknologi dikala itu (sangat besar dan berat sekali ukurannya) . Besi tua yang sangat kokoh, gear dengan diameter meteran dan berbagai macam potongan-potongan mesin industri gula yang pernah direbut oleh KGPAA Mangkunegaran IV dari belanda masih berdiri kokoh disini,  keren kan. Nah saya pribadi ada ide nih kalau objek-objek tersebut mungkin juga sangat cocok buat foto-foto seperti prewedding dan adek adek yang suka selfie 🙂

EngineerMuseum (6)

EngineerMuseum (3)

EngineerMuseum (9)

EngineerMuseum (4)

EngineerMuseum (5)

EngineerMuseum (8)

EngineerMuseum (1)

EngineerMuseum (2)

Iklan

25 thoughts on “Monumen Mesin Giling Agro Wisata Sondokoro

    rumahijaubelokiri said:
    28 Oktober 2015 pukul 7:39 PM

    Waah sepertinnya seru untuk dikunjungi (dan poto2) :p.

      mysukmana responded:
      28 Oktober 2015 pukul 7:47 PM

      Silahkan mbk.ditunggu kedatangannya ksolo

    Nandito Silaen said:
    20 Oktober 2015 pukul 8:53 PM

    Hi mas im here :d. Wow ada juga museum itu ya?. Btw photo pertama tulisannya apa dahh? Hahahahah

      mysukmana responded:
      21 Oktober 2015 pukul 2:12 AM

      Ga mudeng mas..bhs belanda kwkww

    bersapedahan said:
    20 Oktober 2015 pukul 7:51 PM

    bener tuh .. cocok untuk foto prewed2 …. gaya jadul …
    apalagi di tempat yang unik seperti itu ..

    Ila Rizky said:
    20 Oktober 2015 pukul 10:00 AM

    aku baru tahu sondokoro, mas. jadi inget kota2 yang punya bangunan belanda kayak semarang 😀

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2015 pukul 10:02 AM

      iya di solo sebenarnya juga banyak bangunan kayak belanda mbak…

    jampang said:
    19 Oktober 2015 pukul 4:15 PM

    besar sekaliiiii.
    itu dulu dioperasikannya pakai apa yah?

      mysukmana responded:
      19 Oktober 2015 pukul 4:23 PM

      Pake mesin londho om..hehe..g mungkin klo pake mesin motor..ziziz

    winnymarch said:
    18 Oktober 2015 pukul 8:43 PM

    alamat lengkapnya dmna mas? apakah di solo jg?

      mysukmana responded:
      18 Oktober 2015 pukul 9:08 PM

      Iya 9km timur kota solo. PG Tasikmadu udh pada tau…

    Gara said:
    18 Oktober 2015 pukul 5:29 PM

    Wow, kalau komponennya saja sebesar itu, besar mesinnya yang asli seperti apa ya… saya pernah lewat beberapa pabrik gula peninggalan belanda yang masih asli di kawasan Bondowoso, dan memang gedungnya besar sekali, mungkin untuk menampung mesin yang sebesar itu yah :hehe. Keren, apalagi saya lihat tempatnya bersih dan monumennya terjaga dengan baik. Potensi wisata banget ini mah :hehe. Ini di Karanganyar sebelah mana, mas?

    Ukurannya masif! Saya masih terkagum-kagum melihatnya :haha.

      mysukmana responded:
      18 Oktober 2015 pukul 5:31 PM

      PG Tasikmadu Kec.Tasikmadu Karanganyar..dkt sm kabupaten paling 5km

        Gara said:
        18 Oktober 2015 pukul 5:46 PM

        Ooh… baiklah :)).

    cetut said:
    18 Oktober 2015 pukul 3:16 PM

    Saya dulu sempat keliling PG mas, PTPN Jateng Jatim, dalam rangka verifikasi perizinan limbahnya.. Yang paling horor bukan suasana inspeksinya, tapi kalau diundang makan malam dan menginap di area pabriknya.. hehe

      mysukmana responded:
      18 Oktober 2015 pukul 3:19 PM

      Oya..hahaa..ke PG Tasikmadu, PG Cepiring atau PG Gondang Baru pernah? Malah dulu sy tinggal dsna..

        cetut said:
        18 Oktober 2015 pukul 3:25 PM

        Gondang Baru, Tasikmadu, Asembagoes, Meritjan, Pagotan, Pradjekan.. banyak mas.. Dulu tinggal di PG? Wow 😀

          mysukmana responded:
          18 Oktober 2015 pukul 3:29 PM

          Iya..dr kelas 3 SD smpe SMA d Tasikmadu. Kuliah d jogja d PG Gondang Klaten. Udah biasa jd g takut..pernah duli jam 1 bangun laper bikin mie.kyk ada yg godain hihiiii tp tak godain genti..hihii

        cetut said:
        18 Oktober 2015 pukul 8:17 PM

        hahaha mantabs

    Aan said:
    18 Oktober 2015 pukul 9:09 AM

    qrdjk

    Hera Pangastuti said:
    18 Oktober 2015 pukul 8:51 AM

    Saya juga gak tau asli mana. Bapak orang Magelang, Ibu kelahiran Purwodadi, saya dan kakak saya kelahiran Denpasar. Jadi saya campuran kayanya.

    Hera Pangastuti said:
    18 Oktober 2015 pukul 8:17 AM

    itu cuman museum? kalau di Klaten, ada PG yang masih produksi. Namanya PG Gondang Winangoen tinggalan Belanda dulu. Ada juga PG Ceper yang sekarang jadi objek wisata mistis karena udah lama gak dipake dan jadi wingit (angker)

      mysukmana responded:
      18 Oktober 2015 pukul 8:20 AM

      Iya klo PG di jateng bag timur sy sudah mengunjungi semua mbk..sy jg pernah tinggal dikomplek2 mistis ini dr SD smpe SMA hihiii

        Hera Pangastuti said:
        18 Oktober 2015 pukul 8:35 AM

        mungkin besok bisa dateng ke Klaten. di PG-nya ada wisata out bond juga

          mysukmana responded:
          18 Oktober 2015 pukul 8:38 AM

          Mbk hera asli mn sih..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s