Menikahlah di Ndalem Wuryaningratan atau Sasana Mangunsuka

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (5)

Pernikahan adalah hal yang paling istimewa selama dalam perjalanan hidup, meskipun saya bersama istri tidak menikah disini, saya di beri kesempatan untuk mengunjungi gedung ala kraton yang begitu mewah untuk acara pernikahan, yaitu Ndalem Wuryaningratan – Sasana Mangunsuka. Kunjungan ini kami lakukan karena kami penasaran dengan apa sih keistemewaan dari Ndalem Wuryaningratan – Sasana Mangunsuka? (kepo) 🙂

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (14)

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (3)

Ndalem Wuryaningratan dan Sasana Mangunsaka merupakan bangunan kuno yang dulunya dimiliki salah satu keluarga Kraton Kasunanan Solo yang berlokasi di Jl Slamet Riyadi No 261 Solo. Bangunan ini telah di restorasi resmi oleh pemerintah dan menjadi bangunan cagar budaya berdasarkan SK Walikota Solo Imam Sutopo waktu di tahun 1997 waktu itu. Dan kami baru tahu kalau bangunan ini merupakan bangunan yang dilindungi oleh undang-undang cagar budaya.

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (6)

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (4)

Seperti layaknya rumah tinggal bangsawan jawa, ndalem  Wuryaningratan juga dibangun dengan konsep rumah tinggal bangsawan jawa dengan pakem pakem jawanya dan juga filosofis. Seperti kesimetrisan bangunan, keseimbangan sayap dan seperti rumah jawa pada umumnya.

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (2)

Ketika pertama kali masuk di dalam Ndalem ini yang kami lihat adalah pintu gerbang sebelah barat untuk masuk dan pintu keluar gerbang sebelah timur dengan kolam di tengahnya. Tampak depan bangunan ini berdiri megah dengan aksen Eropa yang sangat kontras dengan bangunan jawa yang ada didalamnya namun tetap serasi ketika dilihat.

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (7)

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (8)

Kami pun di ajak masuk ke dalam bangunan tersebut oleh pengelola, dan saat pertama kali masuk yang kami rasakan adaalah wow ( selama sekian tahun di solo baru pertama masuk di bangunan seperti ini) Eropa-Jawa banget dan mewah. Pertama kali masuk di bangunan ini adalah bagian paviliun yang konon merupakan ruangan yang digunakan oleh Kanjeng Wuryaningrat yang digunakan untuk menerima tamu rekan seperjuangan jaman kemerdekaan di jaman Bung Tomo hingga Soekarno. Didalam terdapat patung-patung khas Eropa yang juga menghiasi bangunan ini dan kursi bak kursi rasa tersebar di setiap sudut ruangan bangunan ini.

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (12)

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (13)

Selain ndalem Wuryaningratan di bagian belakang ini juga ada bangunan pendamping yaitu Sasana Mangunsuka, yang di bangun untuk mendampingi kemewahan bangunan utama. Sasana Mangunsuka yang pembangunannya selesai dibangun dan di renovasi pada tahun 2002 ini merupakan bangunan yang di lengkapi dengan kemewahan langgam jawa.

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (11)

Kedua bangunan tersebut kini sejak tahun 2002 di akusisi oleh H Santoesa Doellah, seorang warga Solo yang juga pengusaha batik dengn merk Danar Hadi. Dan saat ini bangunan tersebut digunakan sebagai gedung pernikahan. “Dan bebrapa paket pernikahan juga bisa di pesan disini mulai 75.000 per pack untuk 500 orang (minimal)”begitu kata pengelola kepada kami. Siapa yang belum nikah alias Jomblo ? Bisa nikah disini loh, dan bener-bener jadi raja sehari ala Kraton Solo.

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (10)

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (9)

Ndalem Wuryaningratan - Sasana Mangunsuka (1)

Selain bangunan yang megah dan mewah, didalam bangunan tersebut juga tersedia beberapa Gamelan Jawa dengan tatanan yang sangat tradisional dan kental akan budaya jawanya. Gamelan ini juga bisa dimainkan ketika ada acara berlangsung di  Sasana Mangunsaka.

Ndalem Wuryaningratan dan Sasana Mangunsuka

  • Jl. Slamet Riyadi No 261 Solo, Jawa Tengah 57141
  • Telp 0271-727020
  • Fax. 0271 -722042

Iklan

41 comments

  1. Apik dan mewah ya. Alhamdulillah pemkot Solo peduli dgn bangunan tua, direnovasi jadi terawat dan tampil cantik dan berfungsi baik.. sedih aja kl tiap pulang kampung banyak bangunan jaman Solo uda rusak/dibongkar jadi konsumsi bisnis

  2. Ini sepertinya adalah salah satu nDalem yang paling baik kondisinya, dibandingkan dengan beberapa lainnya yg kondisinya sangat menyedihkan. By the way boleh bebas berkunjung ke dalamnya untuk lihat-lihat? Dan apakah ada sejarah di baliknya yg bisa dipelajari langsung di tempat itu mas?

    1. Sy kmrn makan di resto sebelahnya dan pengelolanya ngajak keliling kesini.krn masih 1 manajemen gitu mas..hehee..klo sejarahny cm ini warisan kraton di beli sm pengusaha mas..

  3. Ini mewah ya, tapi nuansa Jawanya terasa banget. Bagus memang menikah di bangunan heritage, ada kesan klasik yang kuat dan membedakan banget dengan gedung-gedung aula pada umumnya. Biasanya gedung seperti itu bakal ramai banget Mas, kayaknya di sini juga demikian, ya :hehe. Yang kita perlu booking dari jauh-jauh hari kalau mau berencana mengadakan acara di sini :)).

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s