Kulineran Ala Priyayi Solo (Soga Restaurant and Lounge)

Soga Resto (5)

Kuliner di kotasolo memang sangat banyak dan populer seperti Timlo, Tengkleng, Nasi Liwet, yang sudah biasa dimakan dan dijual secara umum. Namun ada juga makanan yang populer di kalangan para jajaran Kraton dan Raja mataram dahulu kala seperti Kasultanan dan Mangkunegaran. Makanan-makanan tersebut sering di nikmati para kawula Ningrat dan para Menir (wong londo).

Soga Resto (4)

Beberapa waktu lalu kami (saya dan istri) mendapat undangan spesial dari manager Soga Resto and Lounge untuk makan siang dan mencicipi kuliner Ala Priyayi Solo. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya datang kesini, waktu itu juga pernah ketika lunching Smartfrendworld 4 G LTE juga pernah menikmati makanan disini meskipun yang di sajikan adalah prasmanan dan sudah umum menurut saya πŸ˜€ . Pada kesempatan kali ini makanan yang di sajikan adalah spesial buat kami, sama seperti yang pernah dinikmati oleh para Raja dan Menir dahulu kala.

Soga Resto

Ketika kami duduk santai di ruang tamu Soga, pelayanan restoran tersebut langsung memberikan buku album menu, buku menu yang tebal dan berbagai macam menu sempat membuat bingung mau pesan apa? Karena banyak sekali pilihannya. Dan secara spontan saya bilang saja yang paling spesial di Restoran ini apa? Lalu Pak Manager merekomendasikan ke kami untuk mencicipi Singkong Londo, Kenyo Mesem dan main menu Nasi Ndalem Wuryaningratan, yang merupakan menu spesial dan menu ini biasanya disajikan untuk para pejabat-pejabat tinggi Negara yang sedang berkunjung di kota solo seperti BJ Habibie, dan beberapa Kementrian ketika ada acara di kota kami tercinta ini.

Soga Resto (9)

Soga Resto (10)

Menu pertama kali yang datang adalah Coctail (saya lupa namanya coctail apa) yang jelas disajikan dalam gelas yang memanjang keatas yang didalamnya terdapat strawberry, dicampur soda dan sirup. Minuman ini terasa segar dan langsung menghapus dahaga kami siang itu , apalagi cuaca kota Solo yang cukup panas diluar, meskipun didalam ruangan Soga Full AC.

Soga Resto (11)

Diiringi suara musik jawa, membuat suasana didalam Soga Resto & Lounge begitu kental akan jawa, eropa dan suasana klasik. Lebih menarikΒ jika berkunjung kesini untuk dinner. Didalam Soga juga terdapatΒ  Grand Piano yang biasa dimainkan oleh panis-pianis di kota solo. Iringan musik piano tentunya menghadirkan suasa romantisme dikala dinner ala priyayi. Bisa bayangkan kan?

Soga Resto (8)

Soga Resto (7)

Ketika kami dan manager restoran tersebut ngobrol-ngobrol, menu berikutnya adalah menu pembuka, yaitu Singkong Londo dan Kenyo Mesem. Singkong Londo sendiri merupakan singkong rebus gurih yang disajikan dengan keju parut dan strawberry segar sedangkan Kenyo Mesem adalah Ubi atau ketela ungu yang dikukus dan disajikan dengan kelezatan saus berry. Ketika menciciipi keduanya rasanya wow, lezat sekali dan tampak lumer dan empuk.

Soga Resto (3)

Tak lama kemudian menu yang paling ditunggu adalah Nasi nDalem Wuryaningratan, yang merupakan nasi kuning pada umumnya, juga sering disajikan di acara selametan orang jawa. Perpaduan nasi kuning yang disajikan dengan pergedel, srondeng, abon, klengkam, peyek kacang, dan yang spesial dari nasi ini adalah ayam yang dibalut dengan cabe merah sebagai kulitnya.

Soga Resto (1)

Soga Resto (2)

Akhirnya ketiga menu tersebut dan minuman coktail menjadi santapan spesial kami saat itu, untuk soal harga tentunya sudah disesuaikan dengan suasana yang ada. Selain di tempat ini untuk mencari ketenangan, tentunya kepuasan tersendiri bagi penikmat wisata kuliner berbau heritage di restoran yang telah di resmikan oleh Ir Joko Widodo (Presiden RI) yang dulu masih menjabat sebagai walikota Solo.

Soga Resto & Lounge

60 comments

  1. Pelayanan Soga resto memang memang sip, acung jempol deh. Mereka bahkan mau ngladeni kecerewetan bocah umur 6 tahun dengan sabar. Anakku pesan mie, dan yang nongol menurut den bagus satu itu, tidak sesuai dengan keinginannya, diganti lah akhirnyanya… plus itu bocah juga rempong bener sampe nengok-nengok ke jendela dapurnya segala, hahaha…

      1. udah lama sih, beberapa tahun yang lalu… gak kekinian lah nanti ceritanya, hahaha… insya Allah kapan-kapan kesana lagi. Aku malah pengin cerita soal museum batik yang di sebelahnya itu. Tapi semangat nge-blog emang masih tiarap mulu nih, parah… πŸ˜€

  2. Waaaahh….. perpaduan kuliner maknyus dan tempat yang nyaman. Sepertinya sangat layak dicoba kalau pas ke Solo, Semoga segera bisa kembali ke Solo lagi. πŸ™‚

  3. Melihat penampakan makanan dan minuman di foto atas sepertinya enak semua, mas. Ini jadi tujuan kuliner yang mantabs nih. Apalagi kalo makan malam disini, aduhai romantisnya. πŸ™‚

  4. Kalau ke Solo harus nyobain nih. Sepertinya konsep resto ini mirip-mirip Bale Raos Yogya ya? Jadi yg disajikan adalah menu-menu kesukaan para bangsawan 😊😊

    Duh jadi lapeeer πŸ˜„πŸ˜„

  5. Tempatnya kelihatan mahal Mas. Priyayi banget dan makanannya pun, platingnya kelihatan “ada harga”. Hihihi. Ngiler aja lihat foto sama baca ceritanya nih. πŸ˜€

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s