Pantai Sundak

Posted on Updated on

Pantai Sundak (11)

Gunung Kidul yang merupakan bagian dari DIY (Yogyakarta) mempunyai banyak pantai yang terbentang di pesisir selatan Yogyakarta, salah satu yang saya kunjungi di kala akhir pekan adalah Pantai Sundak. selain memiliki pemandangan lepas pantai yang dilihat oleh mata kepala tampak indah juga menyimpan cerita. daerah Sundak dan sekitarnya dulunya merupakan tanah yang berevolusi, dan dulunya pesisir pantai ini adalah daerah lautan, hal ini bisa dilihat dari batuan Karst dan bukit yang terdapat di sekitarnya.

Pantai Sundak (12)

Pantai Sundak (1)

Pantai Sundak (8)

Pantai (2)

Perjalanan dari solo saya tempuh dengan menggunakan bus wisata kurang lebih tiga jam. Pantai ini mudah di tempuh perjalannya karena masih satu jalur dengan pantai Pok Tunggal dan pantai Indrayanti, serta banyak sekali penunjuk arah untuk menuju pantai ini. Pantai Sundak menawarkan berbagai suasana yang menyenangkan, angin yang sepoy-sepoy, cakruk (tempat nongkrong) seperti gazebo dipinggir pantai, dan banyak warung yang menjual berbagai makanan seafood dan kelapa muda bisa dinikmati disini.

Jadi bagi teman-teman yang suka travellng dan pecandu piknik di pantai hanya untuk mencari ketenangan, saya menyarankan di pantai ini, Β karena lebih sepi dibanding pantai-pantai disekitarnya. Selain bibir pantainya yang cukup dangkal, kata salah satu penduduk disana pantai ini juga menawarkan suasana malam yang cukup tenang, menikmati angin malam dibawah terangnya bulan hingga bakar ikan bisa dinikmati disini. untuk penginapan para pengunjung juga bisa mendirikan tenda dipinggir pantai atau tiduran di cakruk yang terletak di antara warung dan bibir pantai, didekatnya juga terdapat kamar mandi umum dan mushola yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Pantai Sundak (9)

Pantai Sundak (7)

Pantai Sundak (3)

Sayang sekali saya tidak menginap disana, dan saya hanya sekedar menikmati Ikan Goreng serta beberapa minuman yang saya pesan dari warung . Setelah menghabiskan makan saya mencoba jalan-jalan untuk naik ke batu karang yang terletak di sisi timur pantai, untuk sekedar naik cukup membayar dua ribu rupiah saja. ada tangga yang terbuat dari kayu dan aman untuk di naiki hingga puncak bukit karang. disinilah bisa mengambil gambar ke arah lepas pantai dan bibir pantai dengan indah.

s (2)

s (1)
Pantai Sundak (10)

Beberapa langkah dari puncak bukit karang tersebut juga terdapat warung dan penginapan yang juga disewakan dengan teras yang menghadap ke laut. Bisa membayangkan kan? jika disini sambil duduk di pagi atau sore hari sambil menikmati suasana pergantian terang gelap atau sebaliknya ditambah secanggir kopi atau teh. wah pasti nikmat sekali melihat lukisan alam karya sang pencipta. Dan konon dibawah bukit karang yang saya naiki ini juga terdapat goa yang didalamnya terdapat sumur alami dengan air tawar. dan biasanya penduduk setempat mendapatkan air tawarnya disini.

Iklan

102 thoughts on “Pantai Sundak

    Juragan Madu Online 0821.4150.2649 said:
    4 Desember 2015 pukul 11:31 AM

    Wajib di Kunjungi πŸ˜€
    Beli Madu Murni Online

    mawi wijna said:
    30 November 2015 pukul 8:58 AM

    Wah, Pantai Sundak udah berubah sejak kunjungan terakhir tahun 2012 silam. Dulu itu klo mau naik ke puncaknya belum ada tangga kayunya kayak gitu Mas.

      mysukmana responded:
      30 November 2015 pukul 9:55 AM

      oya..saya malah ini baru pertama kali ke sundak, sejak ada tangga kayu bisa foto foto dari atas mas

        mawi wijna said:
        30 November 2015 pukul 10:15 AM

        maklum Mas, anak muda zaman sekarang klo ke pantai yg dicari nggak hanya pasir sama laut, tapi bukit juga jadi sasaran…

          mysukmana responded:
          30 November 2015 pukul 12:36 PM

          Klo g di pantai utara jarang yang berbukit mas..hihii

    iyoskusuma said:
    20 November 2015 pukul 4:30 PM

    Susur garis pantai Kulonprogo memang seru! Drini juga bagus ya.

    prih said:
    19 November 2015 pukul 6:15 PM

    #Kekayaan alam pantai Sundak, paduan pasir pantai, karang dan goanya memikat ya Mas, foto tangga kayunya alamak indahnya
    #Terima kasih telah berkunjung ke ‘kebun’ saya.
    Salam

      mysukmana responded:
      19 November 2015 pukul 10:01 PM

      iya pantai sundak indah,karena pasirnya putih..asik bisa kesini terus nyemilir kena angin pantai

    Arie Okta said:
    18 November 2015 pukul 2:59 PM

    Pantainya bagus ya, airnya bening juga, saya pikir Yogya hanya ada pantai parang tritis dan pantai indrayanti

      mysukmana responded:
      18 November 2015 pukul 3:01 PM

      jogja punya sekitar 22 pantai kak di sepanjang pesisir selatan..

    sulunglahitani said:
    17 November 2015 pukul 6:41 PM

    Masih bersih ya Mbak pantainya. Jadi adem liatnya…

      mysukmana responded:
      17 November 2015 pukul 7:25 PM

      mas kak bukan mbak..itu istri sayah.. πŸ™‚

        sulunglahitani said:
        18 November 2015 pukul 4:09 PM

        Oalah. Saya kecele. Saya juga sering dikira cewek, padahal avatarnya udah cowok gitu πŸ˜€

    eda said:
    16 November 2015 pukul 3:43 PM

    sering denger namanya, tapi blm pernah ke sana..

      mysukmana responded:
      16 November 2015 pukul 3:43 PM

      makanya mbak eda harus segera merapat disana liburan nanti πŸ™‚

        eda said:
        16 November 2015 pukul 3:49 PM

        kalo ke gunung kidul, pernahnya cuma ke baron sama indrayanti.. padahal kan di sana bagus2 pantainya dan banyaaaak…

    Febriyan Lukito said:
    16 November 2015 pukul 3:06 PM

    Ini sederetan sama Pok Tunggal ya… tanya teman ah apakah dia dah pernah ke sana

      mysukmana responded:
      16 November 2015 pukul 3:08 PM

      iya sederetan sama pok tunggal…

    PantaiΒ Sundak | febrianto182 said:
    16 November 2015 pukul 2:34 PM

    […] Sumber: PantaiΒ Sundak […]

    titialfakhairia said:
    16 November 2015 pukul 11:03 AM

    Nama pantainya mengingatkan saya akan nama Gili (pulau) Sudak di Lombok

      mysukmana responded:
      16 November 2015 pukul 11:05 AM

      oya..disana namanya sudak, disini sundak.cukup mirip.emang ibu ada di lombok ya skg?

        titialfakhairia said:
        16 November 2015 pukul 11:07 AM

        Engga Mas, tapi sempet mau bikin acara trip ke Lombok πŸ™‚

          mysukmana responded:
          16 November 2015 pukul 11:09 AM

          mantap dong bu..ke mataram sama gili..indah bgt πŸ™‚

    gilaracahyani said:
    16 November 2015 pukul 10:11 AM

    keren banget kak pantainya, tp jauh bgt yak, dr Solo aja 3 jam…. πŸ˜€

    ira i / ira noor said:
    16 November 2015 pukul 9:07 AM

    lumayan jauh juga ya Mas dari Solo, tapi keren pemandangannya

      mysukmana responded:
      16 November 2015 pukul 9:09 AM

      iya mbak lumayan..tapi selama perjalanan gak rugi kok dengan pemandangannya yang indah

    anggik said:
    15 November 2015 pukul 10:30 PM

    Pantai di jogja belom pernah disambangi deh, paling di purworejo, pantai congot

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 10:36 PM

      malah saya purworejo belum pernah mas anggik πŸ˜€

    kezia kainina said:
    15 November 2015 pukul 7:24 PM

    Belum sempat ke DIY…
    Mupeng dech pengen ke sini

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 8:07 PM

      asli mana mbak..?

        kezia kainina said:
        16 November 2015 pukul 1:59 PM

        Aku asli Medan, merantau ke tanah jawa :p

          mysukmana responded:
          16 November 2015 pukul 2:17 PM

          wah sekarang di jawa dong, tepatnya kota?

            kezia kainina said:
            16 November 2015 pukul 2:42 PM

            Iya donk mukanya aja udah ga keliatan orng medang khan? :p

            Aku tinggal di Tangerang Mbak.
            Eksplore lagi donk DIY nya mbak.

              mysukmana responded:
              16 November 2015 pukul 3:08 PM

              eitss..jangan panggil aku mbak..aku mas..itu di foto istri tercintah :), oke ntar klo travelling lagi ya..mau ke jakarta terus DIY nih inshaAllah minggu depan πŸ™‚

                kezia kainina said:
                16 November 2015 pukul 9:46 PM

                Mas Adi, maaf aduch jadi ga enak.
                Habis lebih keliatan istrinya, istrinya cantik Mas.
                hehehe

                  mysukmana responded:
                  17 November 2015 pukul 5:56 AM

                  hehehe gpp mbak santai saja..alhamdulillah dapat istri cantik..:)

    Tiara said:
    15 November 2015 pukul 6:36 PM

    Wah bagus nih kayaknya mudah2an mingdep sempet kesini ya…

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 8:07 PM

      oya..emang rumah jenengan mana bu..deket kah

        Tiara said:
        16 November 2015 pukul 6:59 AM

        Gak mas cuma mingdep ada acara di yogya

    Alris said:
    15 November 2015 pukul 6:13 PM

    Wah cakep nian pantainya.

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 8:06 PM

      ciptaan Tuhan pasti cakep πŸ™‚

    Arinta Setia Sari said:
    15 November 2015 pukul 3:03 PM

    Sudah pernah Mbak Saya mampir ke Pantai Sundak bareng rekan organisasi πŸ™‚
    Tapi foto2 dlm postingan ini membuat saya nostalgia masa lalu
    terima kasih πŸ˜€

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 8:05 PM

      saya mas bukan mbak..foto sebelah saya adalah istri saya mbak πŸ™‚

    Evi said:
    15 November 2015 pukul 1:08 PM

    Aiih Pantai Sundak cakep nian. Pasir putihnya juga luas bisa bermain volley pantai nih di sini

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 1:19 PM

      Jogja kan deket sama tempate jenengan kan bu..hehehe

    Yuna said:
    15 November 2015 pukul 10:38 AM

    Cakeeep. ❀ Pantainya. Jadi harus ke Jogja lagi ini mah.

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 11:27 AM

      siapah??

        Yuna said:
        16 November 2015 pukul 3:04 PM

        Airnya mas. πŸ˜€

          mysukmana responded:
          16 November 2015 pukul 3:08 PM

          hagsss…bisa ajah

    febridwicahya said:
    15 November 2015 pukul 10:15 AM

    Pantai sundak itu hampir mirip kayak pantai disebelahnya sundak ya (yaiyalah, kan cuma dipisah apa gitu) wkwkwkw
    Aku pernah kesiniiii dong mas πŸ˜€ sama mantan *langsung baper wkwkwkw πŸ˜€

    Udah lama nggak ke pantai :’

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 11:27 AM

      wuih sama mantan, pacaran ya, mesti ngumpet di balik batu karang wkwk..soalnya kmrn aku foto foto hidden orang pacaran, cuma gak tak upload hahahaa pake tele jarak jauh :))

        febridwicahya said:
        16 November 2015 pukul 10:01 PM

        Iyaaaa dulu sih masih bisa dibilang pacaran -_- ya nggak ngumpet juga sih mas -_- cuma main lelep-lelepan ke laut doang πŸ˜€

        serius kamu foto hidden?liaaaaat mas πŸ˜€

          mysukmana responded:
          17 November 2015 pukul 5:57 AM

          serius ada 3 foto, wah gak enak klo di publish..merusak reputasi blog saya ntar wkwkwk

            febridwicahya said:
            18 November 2015 pukul 12:51 PM

            Wahahaha emang, mereka pacarannya lagi ngapain mas *mbayangin yang aneh-aneh wkwkw πŸ˜€

              mysukmana responded:
              18 November 2015 pukul 12:56 PM

              hedeh..dasar anak muda..istiqomah dong mas wkkw

                febridwicahya said:
                19 November 2015 pukul 9:28 PM

                Whahaha ampuuuun :p wkwk syiaaap bang πŸ˜€

                  mysukmana responded:
                  19 November 2015 pukul 10:02 PM

                  hahaha #jadi kyai

    xiaotia said:
    15 November 2015 pukul 9:35 AM

    pantainya mirip kayak di batu karas mas

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 11:26 AM

      batu karas itu mana mbak ?

        xiaotia said:
        15 November 2015 pukul 5:35 PM

        di pangandaran

          mysukmana responded:
          15 November 2015 pukul 8:06 PM

          owh..baru tau saya hehe

    Adiitoo said:
    15 November 2015 pukul 6:07 AM

    Mirip sama lokasi syutingnya film Reza Rahardian. Bagus pantainya. Kalau ke Jogja lagi saya mau ke sini. ANterin ya

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 6:15 AM

      syuting film apa dulu nih…lupa kak :D, monggo kak kpn k jogja

    dani said:
    15 November 2015 pukul 5:43 AM

    Huwaaaaa. Bagus banget Mas….. Langsung berasa butuh vitamin sea lagi nih sayaaa. πŸ˜€

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 5:46 AM

      ya udah banyakin minum jeruk mas wkwkwk

        dani said:
        15 November 2015 pukul 5:47 AM

        Hahahahah πŸ˜€

    Gara said:
    14 November 2015 pukul 11:13 PM

    Wah pantainya bagus. Terima kasih rekomendasinya ya Mas :hehe, kayaknya kalau saya ke Yogya lagi mesti ke sini nih. Pasirnya bagus, putih banget, dan spot memotretnya juga juara! Mudah-mudahan tetap (agak) sunyi dan bersih, seperti yang ada di gambar :hehe. Yogya banyak menyimpan pantai bagus yang layak dikunjungi :hehe.

      mysukmana responded:
      15 November 2015 pukul 5:03 AM

      wah komenmu terlalu memuji mas gara wkwkw…

        Gara said:
        15 November 2015 pukul 7:11 AM

        Pantainya memang bagus Mas :)).

          mysukmana responded:
          15 November 2015 pukul 7:17 AM

          Klo bagus kesinilah

            Gara said:
            15 November 2015 pukul 7:18 AM

            *liat sisa cuti*
            *kemudian nangis* T.T

    Jejak Rocky said:
    14 November 2015 pukul 10:07 PM

    asik juga suasananya

    winnymarch said:
    14 November 2015 pukul 9:34 PM

    saya gk sanggup naik tangga itu mas keatas

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 10:07 PM

      loh kenapa gak sanggup..:(

    Cici Suci Maulina said:
    14 November 2015 pukul 8:16 PM

    Wih udah ke Sundak nih .. Bagus kan? Cobain ke pantai lainnya Mas .. Pok Tunggal itu juga lebih sepi lagi lho (recomended).. dan bisa buat renang sepuasnya .. hehe

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 8:21 PM

      mbak kok blogmu gak bisa di buka sih..iya ke sundak kan sebelahnya pok tunggal..bagus lah saya beberapa pesisir pantai jogja 50% udah hehe

        Cici Suci Maulina said:
        14 November 2015 pukul 8:32 PM

        Kemaren” lagi istirahat, merenung mas haha. Jadi kuproteksi sejenak. Wah-wah keren-keren. Lanjutkan mas! πŸ˜€

          mysukmana responded:
          14 November 2015 pukul 9:07 PM

          wah wah pake diproteksi :))

    Jejak Parmantos said:
    14 November 2015 pukul 6:35 PM

    Saya pernah ngecamp di sini… numpang tidur di warung warga juga boleh, tapi bawa selimut sendiri. πŸ™‚

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 6:48 PM

      Banyak nyamuk gak mas waktu disini..

        Jejak Parmantos said:
        14 November 2015 pukul 6:50 PM

        Saya kesana waktu hujan, terus semalaman hampir didalam tenda terus. Jadi ngga ngerasain gigitan nyamuk..

    BaRTZap said:
    14 November 2015 pukul 6:22 PM

    Kalau gak bawa kendaraan sendiri, cara ke pantai Sundak ini gimana mas? Keliatan tenang banget pantainya … Pasir putihnya yg landai juga luas

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 6:28 PM

      Nah ini mas yg agak susah.setau sy dsni ga ada kendrn umum kecuali ojek yg dkt pantai.biasanya klo ksni pd nyewa motor atau mobil dr jogja

        BaRTZap said:
        14 November 2015 pukul 6:33 PM

        Nyewa motor kayaknya seru, bisa mblusuk-mblusuk … Tau info sewa motor di Jogja berapaan mas?

          mysukmana responded:
          14 November 2015 pukul 6:34 PM

          Klo gak slh sekitar 100-150 rb mas seharinya..

            BaRTZap said:
            14 November 2015 pukul 6:35 PM

            Makasih infonya mas … Jadi pengen ke sini nih 😊

              mysukmana responded:
              14 November 2015 pukul 6:50 PM

              Langsung mas.bsk pas ke jateng πŸ™‚

                mysukmana responded:
                14 November 2015 pukul 7:00 PM

                Melaut? Naik kapal dong..g terbang aja hehee…anda ke jkt sy udh pulang dr jkt ;))

                  BaRTZap said:
                  14 November 2015 pukul 7:47 PM

                  Terbang trus diem di kapal tepatnya. Nah itu, kita simpangan mas hahaha

                    mysukmana responded:
                    14 November 2015 pukul 8:06 PM

                    ya nanti lambaikan tangan ya wkwkw

                      BaRTZap said:
                      14 November 2015 pukul 10:32 PM

                      Hahahaha siap!

    gingerbreadandtea said:
    14 November 2015 pukul 6:15 PM

    Sundak termasuk pantai gunung kidul yang sudah agak lama terkenalnya.. sekarang makin banyak pantai2 gunung kidul yg mulai naik pamor juga..baguslah, jadinya pariwisata gunung kidul terangkat dan makin mensejahterakan rakyat.. tapi semoga semua orang ikut merawat jadi popularitasnya ga cuma sambil lalu

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 6:30 PM

      Iya sundak menurut sy ramainy g kyk deretan pantai gunung kidul lainny..pantai ini termasuk sepi.dan kmrn pas k sini ada yg main selancar..

    kusnanto said:
    14 November 2015 pukul 4:58 PM

    pantai-pantai di Gunungkidul memang begitu menawan…

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 6:30 PM

      Indah nian

    kusnanto said:
    14 November 2015 pukul 4:57 PM

    pantai-pantai di Gunungkidul memang begitu menawan

    Yasir Yafiat said:
    14 November 2015 pukul 4:43 PM

    Pantainya bersih dan berpasir putih. Dulu pernah ke sana sekitar tahun 2013.

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 6:30 PM

      Oya..udh 2th yg lalu dong mas..

    Sekar said:
    14 November 2015 pukul 4:32 PM

    pantai ini nggak banyak orang tau ya pak? apa emang saya yang kudet yak? keliatan masih asri begitu

      mysukmana responded:
      14 November 2015 pukul 6:31 PM

      Iya krn jarang org kesini kecuali yg pacaran hahaa..krn sepi ni pantai

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s