8 Jam Perjalanan Jakarta-Jogja Bersama Kereta Api Priority

Priority121 (18)

Dua minggu yang lalu, saya di hubungi oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia Persero) lewat custumer care 121. saya mendapat undangan spesial menjadi Sahabat KAI Gathering 2015 untuk merasakan naik Kereta Api Wisata Priority. Kesempatan ini di karenakan saya beberapa bulan yang lalu pernah mengirimkan desain dan puisi Ulang tahun ke 70 PT.KAI Indonesia. Desain yang saya buat digunakan sebagai contoh lomba waktu itu. tiket gratis ini juga untuk 11 pemenang lainnya yang ikut terpilih. tentunya ini adalah kesempatan yang mungkin tidak akan datang dua kali untuk merasakan kereta dengan harga tiket pergerbongnya 23-25 juta untuk rute Jakarta-Jogja.

Priority121 (7)

Dua hari sebelum keberangkatan, PT KAI lewat Pak Burhan (salah satu staf petinggi KAI bagian Custumer Care) menelpon saya untuk memastikan bahawa voucher tiket sudah ada di St.Balapan Solo. Dengan kereta Dwi Pangga Eksekutif saya pun berangkat dengan kereta malam. Tepat pukul 5.45 akhirnya sampai di meeting poin di St. Gambir Jakarta. Setelah sholat subuh saya langsung melakukan registrasi ulang dan menunggu kedatangan peserta lain di ruang VIP St.Gambir.

Priority121 (9)

Sebagai Travel Blogger ala-ala tentunya tidak akan saya lewatkan moment bersama perusahaan BUMN terbesar tersebut yang pernah di pimpin oleh pak Jonan yang sekarang jadi menteri itu. tak lama kemudian setelah pada kumpul semua saya dan teman-teman peserta lainnya foto bersama dengan jajaran direksi dan staf PT.KAI

Priority121 (28)

Priority121 (10)

Tepat pukul 08.30 kereta kami pun datang, dengan rangkaian gerbong saat itu berjumlah 13 (sudah termasuk lokomotif, satu kereta generator paling belakang dan membawa rangkaian kereta Eksekutif Tansaka). rangkaian ini agak mleset dari rencana sebelumnya yang di jadwalkan gerbong Priority kami akan ditarik oleh Argo Dwi Pangga.

Priority121 (11)

CaptCrew (2)

Kami pun di sambut oleh dua Captain Crew yaitu mas Damar dan mbak Riska yang juga asal Jogja. dengan keramahan mereka, kami di persilahkan masuk untuk menikmati perjalanan selama 8 jam nantinya menuju kota Jogjakarta (balik lagi deh ke jogja :D)

Priority121 (16)

Priority121 (23)

Priority121 (24)

Priority121 (30)

Priority121 (29)

Priority121 (23)

Keakraban antara kami para peserta mulai mencair setelah memanfaatkan segala fasilitas yang ada didalamnya seperti karaoke dan tentunya foto-foto itu pasti :). sekedar informasi saja, bahwa gerbong yang kami gunakan dalam perjalanan ini ada dua yaitu Priority 1 dan Priority 2. semua fasilitas sama, yang menbedakan hanya interiornya saja. Priority 1 menggunakan wallpapper sedangkan Priority 2 yang baru menggunakan lapisan kayu, karena keduanya di produksi di tahun yang berbeda.

Priority121 (1)

Priority121 (27)

Priority121 (17)

Ketika naik kereta Priority ini sangat memberi kesan tersendiri bagi saya dan rekan-rekan yang lain, dan yang paling membuat saya berkesan di ajakin Nyanyi terus sama Ibu Indah (Petinggi KAI Pusat dari Bandung). data base lagunya cukup komplit dan kami pun langsung menyanyikan lagunya Ermy Kulit judulnya Kasih (mungkin anak sekarang gak tau), Ibu Indah walau sudah berumur tapi piyayine ketok semangat dan kalem tur miyayi banget :D. Any way Lagu dari mbak (Ermy Kulit – Kasih) biasanya saya bawakan sama istri secara wajib ketika di Inul Vizta atau Happy Puppy (sedih juga karena istri gak bisa ikutan dan karaoke banget disini:( )

Priority121 (14)

Priority121 (26)

Selain hiburan karaoke yang saya puas puasain selama hampir setengah perjalanan di kereta, hiburan lainnya yang ada di Kereta Wiasata Priority adalah TV LED Touchscreen yang ada di 28 kursi dalam gerbong tersebut. kita bisa memilih beberapa film dan musik untuk bisa dinikmati dengan Earphone. TV LED ini sudah dihubungkan dengan satu komputer server yang di tanam di gerbong priority yang berisi beberapa database lagu dan film didalamnya. karena setelah cirebon hujan dan saat ini bulan November, lagu yang cocok adalah November Rain by GNR 😀

Priority121 (25)

Priority121 (21)

PriorityB (54)

Priority121 (3)

Priority121 (2)

Tak hanya hiburan yang berada di gerbong, didalam gerbong Kereta Wisata Priority juga terdapat pantry dan mini bar dengan dua Captain Crew yang sudah siap melayani kami dengan setulus hati 🙂 . Mas Damar dan Mbak Riska yang bertugas waktu itu dengan sangat ramah melayani kami. Karena keramahannya dan full servis malah justru kami malah pekewuh jadinya, soalnya semua serba di ambilin mulai dari makanan ala hotel bintang , snack dan minuman seperti teh dan kopi.

Priority121 (4)

Dengan nama priority tentunya semua pasti di prioritaskan untuk penumpangnya, mulai hingga kebersihan, fasilitas dan kualitas dari Gerbong ini. bahkan toiletnya pun sangat bersih layaknya hotel. dan airnya cukup deras dibanding kereta-kereta pada umumnya. menurut saya sih seperti hotel atau tempat hiburan berjalan kalau dikereta ini.

PriorityB (56)

PriorityB (55)

Akhirnya 8 jam perjalanan kami lalui lewat jalur utara (di jawa barat) cirebon-purwokerto hingga jogja (jalur selatan) menuai kesan tersendiri. Bagi rekan-rekan penggemar atau ingin menikmati Wisata bersama menggunaan kereta ini bisa menghubungi Indo Rail Tour atau langsung ke PT KAI Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. selain Priority juga ada kereta lainnya yaitu seperti Toraja, Imperial, Bali dan Nusantara yang profilnya bisa dilihat di Indo Rail Tour.

Dan ini adalah Videographer dari Sri Baskoro Bagus Pratikno

*Terimakasih Banyak Untuk PT Kereta Api Indonesia

Baca juga tulisan tentang pengalaman mereka naik priority yang sudah mendahului saya 😀
Iklan

155 comments

  1. Gagal fokus liat interior mewah dan fasilitas keren Priority sama Mas Damar..eaaa. Keren bangetlah ini bisa kepilih untuk ngerasain luxury train trip. Pengennya sik ke Surabaya jaraknya jauh bisa ada boci2 bobok ciang segala. Wahh pas ngeliat tarifnya dah kayak impian mau ngerasain Trans Siberia. Harga tiketnya sepadan dengan luxurynya ya :-D. Btw agak penasaran di foto yang layar Karaoke itu Mbak Nurul Arifin bukan sih? hehe muuph klo pertanyaannya gagal fokus, aku benar2 memperhatikan detail setiap foto kereta impian ini.

  2. Keretanya nyaman banget. Jangankan 8 jam, 12 jam aja saya betah kalau keretanya seperti ini ditambah lagi teman-teman yang bisa diajak menggila. Kemarin ke Malang aja naik kereta api biasa nggak masalah, apalagi model beginian

  3. Mas Adi. Ini beneran 23-25 juta sekali jalan 8 jam? Per gerbong kan ya? Hahaha mahal banget ya kalo per orang :))

    Seru kalo rame2, satu gerbong satu grup. Apalagi gratis. Haha. Semoga ada event serupa lagi taun depan. Pengen coba naik Kereta Prioritas (gratisan) juga. Hahaha.

  4. Kereta api yang keren banget ! Aku selalu kangen pingin naik KA jarak jauh (lagi). Dulu waktu masih kuliah di Bdg paling sering naik KA Parahyangan atau Argo Gede ke Jakarta.. hehehe.

      1. Disini ada juga KA tapi gak sebagus yang di Jawa mas… Entah kapan kali ya, aku bisa naik KA antar propinsi gitu😀. Terakhir aku malahan naiknya kereta peluru super cepat (bullet train) yang di China… hihihi 😊.

    1. semua berawal dari mimpi dan jangan pernah meremehkan mimpi, bisa naik inipun berawal dari mimpi hehee..pertama kali kejakarta saya kelas 1 SD naik kereta ekonomi..jaman itu..hmm nggak banget pokoknya mas 😦

  5. Selamat Mas, keren sekali membaca postingan teman-teman yang ikut berbagai event atau menang berbagai lomba, salut dan kalian luar biasa banget :hehe.
    Gerbongnya memang keren banget, semacam pesawat jet tapi versi kereta apinya ya Mas :hehe. Lengkap, pelayanannya pun memuaskan. Sampai kagum-kagum sendiri melihat gerbong dan semua pernak-pernik di dalamnya, perjalanan jauh jadi tidak terasa ya.
    Cuma sayang tidak sempat ketemuan dengan Mas di tanggal 21 kemarin :hihi, padahal Stasiun Gambir dari tempat saya tidaklah jauh. Semoga bisa ketemu di lain waktu.

  6. awww mantapnyaaaaaa bisa naik kereta api seperti ituu..
    aq iri *jujur loh ngakunya hehehehe

    gilaa keren bgt keretanya..
    maklum biasanya naik kereta ekonomi aja dan masih suka hitung-hitungan kalo naik kereta jauh vs tiket pesawat hehehe
    cuma klo naik kereta beginian dg harga beda tipis sm pesawat, mau coba deh sepertinyaa..

    1. iya mas bro, harus pesen 1 gerbong.konon ada seorang pengusaha besar pengen naik itu sendiri 1 gerbong doang..tapi gak boleh karena minimal aturannya harus 2 org minimal. akhirnya pengusaha tersebut bawa bodyguardnya dua dan boleh..(kata capten crew)

        1. iya itu soalnya sudah aturan dari Keretanya begitu mas..jadi minim 2 orang. mungkin itu bapak pengusaha pengen menyendiri ya..rela bayar 25juta. seneng tuh yg jd bodyguardnya ..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s