Bakmie Kadin Jogja Yang Melegenda

Kadin (3)

Ngomong-ngomong soal Bakmie Jawa, memang daerah DIY dan Jateng juaranya, kali ini jalan-jalan dan trip di jogja saya mampir di kuliner Mie Jawa yang cukup terkenal di kota Gudeg yaitu Bakmie Kadin, kenapa bisa dinamakan dengan bakmie Kadin? entah secara kebetulan atau sudah takdirnya, Kadin dipilih karena letaknya di dekat Kantor Kamar Dagang Jogja dan juga Kadin merupakan singkatan dari Karto Kasidin nama pemilik sekaligus pendiri warung Bakmie yang sudah terkenal tersebut. Bakmi Kadin sudah berdiri sejak tahun 1947, jadi warung bakmi yang satu ini masuk kategori Legendanya  Kuliner di Kota Jogja.

Kadin (1)

Kadin (4)

Sore itu saya dan teman-teman dari Jakarta, Bandung, Surabaya berkesempatan untuk berkunjung di warung ini, suasana antrian cukup ramai sekali. Lahan parkir selalu dipenuhi oleh kendaraan baik mobil maupun motor. Namun siapapun yang ingin mencoba kuliner disini tidak usah khawatir, karena kapasitas warung cukup luas dan ada 5-6 gerobak yang siap memasak bakmie bagik Mie Godog maupu Goreng dengan tungku arang yang mampu menciptakan cita rasa yang sempurna.

Kadin (5)

Dengan harga per porsi antara 11K hingga 25K perporsinya, saya rasa setara dengan bahan-bahan yang digunakan sebagai pelengkap manu bakmi biasa hingga spesial. Telur yang digunakan bukan telur ayam, melainkan telur itik, sedangkan ayam yang digunakan adalah ayam kampung . Dengan begitu, mutu ayamnya selalu terjamin. Seperti bakmi jawa pada umumnya, Bakmi Kadin juga menyertakan irisan kekian (sejenis cakwe) yang kenyal dan biasa digunakan sebagai campuran Cap Cay. Soal rasa saya menilainya Top deh,  tekstur bakminya benar-benar kenyal berpadu dengan rasa kuahnya yang gurih. apalagi waktu itu saya memilih bakmi gorengn, rasanya  tidak terlalu manis dan sangat pas terasa di lidah.

Kadin (2)

Konon kata orang-orang Jogja kelezatan Bakmi Kadin ternyata juga sampai ke Jakarta. waktu itu Saat Presiden Soeharto memerintah, Bakmi Kadin selalu diundang ke Istana Negara setiap perayaan 17 Agustus. Setelah acara selesai, pasti diminta datang ke pertemuan keluarga besar Cendana untuk menyediakan konsumsi keluarga presiden saat itu. Para pejabat di Yogyakarta atau pejabat yang sedang berkunjung ke Yogyakarta pun menjadi pelanggan setianya.

Bakmie Kadin Jogja

  • Jl. Bintaran Kulon No. 3 dan. 6 Yogyakarta
  • Jam buka: 10.00-24.00
  • Kisaran harga: Rp 11.000-Rp 25.000 (tahun 2013)
  • Telepon : (0274) 373396 HP : 0878 385 96 400
Iklan

38 comments

  1. Whoaaa jadi kangen Bakmi Kadin! Pertama dan terakhir kali nyicip itu waktu masih kelas 5 SD kira-kira tahun 2003 huahahaha… Emang enak banget sih mie godognya :”)

  2. Aku bukan penggemar bakmi jawa sih.. lebih suka mie jakarta karena menurutku lebih tasty hehe.. Tapi berhubung tinggal di Jogja jadi lama2 cocok juga sama rasa bakmi jawa. Pernah makan di Kadin. Rasanya lumayan.. Tapi nggak terlalu suka sama tempatnya. Plus di Jogja banyak warung bakmi biasa yang rasanya sama enaknya dengan harga yang lebih miring. 😉

  3. Hmm, bakmi goreng, jadi ngiler… ah kalau ke Jogja nanti mau coba deh Mas, terima kasih buat rekomendasinya! Saya suka bakmi yang kayak begini, minya lebar-lebar terus kuahnya nyemek, uuuh enak, apalagi kalau pedas dan banyak suwiran ayamnya. Bisa jadi favorit nih *kemudian ngeces*.

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s