Bakmie Kadin Jogja Yang Melegenda

Posted on Updated on

Kadin (3)

Ngomong-ngomong soal Bakmie Jawa, memang daerah DIY dan Jateng juaranya, kali ini jalan-jalan dan trip di jogja saya mampir di kuliner Mie Jawa yang cukup terkenal di kota Gudeg yaitu Bakmie Kadin, kenapa bisa dinamakan dengan bakmie Kadin? entah secara kebetulan atau sudah takdirnya, Kadin dipilih karena letaknya di dekat Kantor Kamar Dagang Jogja dan juga Kadin merupakan singkatan dari Karto Kasidin nama pemilik sekaligus pendiri warung Bakmie yang sudah terkenal tersebut. Bakmi Kadin sudah berdiri sejak tahun 1947, jadi warung bakmi yang satu ini masuk kategori Legendanya  Kuliner di Kota Jogja.

Kadin (1)

Kadin (4)

Sore itu saya dan teman-teman dari Jakarta, Bandung, Surabaya berkesempatan untuk berkunjung di warung ini, suasana antrian cukup ramai sekali. Lahan parkir selalu dipenuhi oleh kendaraan baik mobil maupun motor. Namun siapapun yang ingin mencoba kuliner disini tidak usah khawatir, karena kapasitas warung cukup luas dan ada 5-6 gerobak yang siap memasak bakmie bagik Mie Godog maupu Goreng dengan tungku arang yang mampu menciptakan cita rasa yang sempurna.

Kadin (5)

Dengan harga per porsi antara 11K hingga 25K perporsinya, saya rasa setara dengan bahan-bahan yang digunakan sebagai pelengkap manu bakmi biasa hingga spesial. Telur yang digunakan bukan telur ayam, melainkan telur itik, sedangkan ayam yang digunakan adalah ayam kampung . Dengan begitu, mutu ayamnya selalu terjamin. Seperti bakmi jawa pada umumnya, Bakmi Kadin juga menyertakan irisan kekian (sejenis cakwe) yang kenyal dan biasa digunakan sebagai campuran Cap Cay. Soal rasa saya menilainya Top deh,  tekstur bakminya benar-benar kenyal berpadu dengan rasa kuahnya yang gurih. apalagi waktu itu saya memilih bakmi gorengn, rasanya  tidak terlalu manis dan sangat pas terasa di lidah.

Kadin (2)

Konon kata orang-orang Jogja kelezatan Bakmi Kadin ternyata juga sampai ke Jakarta. waktu itu Saat Presiden Soeharto memerintah, Bakmi Kadin selalu diundang ke Istana Negara setiap perayaan 17 Agustus. Setelah acara selesai, pasti diminta datang ke pertemuan keluarga besar Cendana untuk menyediakan konsumsi keluarga presiden saat itu. Para pejabat di Yogyakarta atau pejabat yang sedang berkunjung ke Yogyakarta pun menjadi pelanggan setianya.

Bakmie Kadin Jogja

  • Jl. Bintaran Kulon No. 3 dan. 6 Yogyakarta
  • Jam buka: 10.00-24.00
  • Kisaran harga: Rp 11.000-Rp 25.000 (tahun 2013)
  • Telepon : (0274) 373396 HP : 0878 385 96 400
Iklan

38 thoughts on “Bakmie Kadin Jogja Yang Melegenda

    Sefin said:
    26 Desember 2015 pukul 7:50 PM

    Whoaaa jadi kangen Bakmi Kadin! Pertama dan terakhir kali nyicip itu waktu masih kelas 5 SD kira-kira tahun 2003 huahahaha… Emang enak banget sih mie godognya :”)

      mysukmana responded:
      27 Desember 2015 pukul 5:20 AM

      Wah 2003 msh 5 SD? Saya udh kuliah smt 1..udah tua bgt ternyata saya sef hahaa

        Sefin said:
        28 Desember 2015 pukul 1:33 PM

        huahahahaha saya sih memang masih muda, Kak. :”)

    jonathanbayu said:
    14 Desember 2015 pukul 11:02 PM

    kebetulan minggu dpn mau ke jogja, mampir ahh

      mysukmana responded:
      15 Desember 2015 pukul 5:03 AM

      Monggo mas bro..

    maisya said:
    12 Desember 2015 pukul 4:33 PM

    Aku bukan penggemar bakmi jawa sih.. lebih suka mie jakarta karena menurutku lebih tasty hehe.. Tapi berhubung tinggal di Jogja jadi lama2 cocok juga sama rasa bakmi jawa. Pernah makan di Kadin. Rasanya lumayan.. Tapi nggak terlalu suka sama tempatnya. Plus di Jogja banyak warung bakmi biasa yang rasanya sama enaknya dengan harga yang lebih miring. 😉

      mysukmana responded:
      12 Desember 2015 pukul 6:39 PM

      Iya sih mbak..cm ini kmrn ada yg ngajakin tour kesini ya mau mau saja.btw any way klo sy ada langganan waktu kuliah dl deket kampus mipa arah sarjito ugm

    Bang Cup(uh) said:
    11 Desember 2015 pukul 11:47 PM

    jebule panganan presiden yo ngene ki to dab.. hehehee
    murah kuwi hargane 11 K mas, apa lg, ayame ayam jawaaaa….. hahahaa.. bukan ayam kam….

      mysukmana responded:
      12 Desember 2015 pukul 5:56 AM

      presiden asline yo wong ndeso mas

    poetrasoekardi said:
    10 Desember 2015 pukul 5:38 PM

    pesen bakmi gorengnya satu mas. Bakmi campur manis pedes sayur banyak pake telor. #BanyakMau :))

      mysukmana responded:
      11 Desember 2015 pukul 8:44 AM

      Tunggu bentar angklonya arangnya blm panas :))

    Avant Garde said:
    10 Desember 2015 pukul 3:34 PM

    aku paling suka bakmi godog di mana aja, di pinggir jalan juga oke 🙂

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 5:37 PM

      Jangan lupa yg penting higenis

    Gara said:
    10 Desember 2015 pukul 11:18 AM

    Hmm, bakmi goreng, jadi ngiler… ah kalau ke Jogja nanti mau coba deh Mas, terima kasih buat rekomendasinya! Saya suka bakmi yang kayak begini, minya lebar-lebar terus kuahnya nyemek, uuuh enak, apalagi kalau pedas dan banyak suwiran ayamnya. Bisa jadi favorit nih *kemudian ngeces*.

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 11:22 AM

      Waduh..ngiler lg mas gara? Gak lg tidur kann..ayo ke jogja

        Gara said:
        11 Desember 2015 pukul 4:31 PM

        Bukan tidur Mas, tapi lapar :hehe. Ayo ayo!

    adelinatampubolon said:
    10 Desember 2015 pukul 11:02 AM

    Selalu ngiler sama mie godog dan aroma dari arangnya itu yang khas bangat.

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 11:21 AM

      Iya..memang masakan jika dimasak pake areng itu lebih sedep

    ochimkediri said:
    10 Desember 2015 pukul 10:18 AM

    percaya deh kalo bakmi jawa itu memang enak,tapi itu porsinya minimalis banget yo mas?kurang banget untuk ukuran saya.wehehehee

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 11:20 AM

      Wah..berarti harus 2-3 porsi..

    Yulia's said:
    10 Desember 2015 pukul 10:09 AM

    lagi-lagi bikin ngiler Mas…duhhhh…

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 11:20 AM

      Aduh..kok jd merasa bersalah bikin kamu ngiler trs mbk xixii

    Akhmad Muhaimin Azzet said:
    10 Desember 2015 pukul 8:37 AM

    Saya sudah dua kali ke Bakmie Kadin, Mas 🙂

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 8:57 AM

      Menurut jenengan enak godog apa gorengnya pak ustadz..

    agisagistia said:
    10 Desember 2015 pukul 7:39 AM

    Bakmi jawaa..nyaam.. bakmi pak pele di alun2 utara juga enak bangget lo

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 8:58 AM

      Bisa dong ditulis tentang bak mie pele pak

    Brad said:
    10 Desember 2015 pukul 1:06 AM

    Tapi ini bakmi juga terkenal dengan antriannya yg lama. Hahaha

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 5:56 AM

      iya nunggunya aja 1 jam haha

    winnymarlina said:
    9 Desember 2015 pukul 10:22 PM

    saya penyuka mie miean mas jd penasran ah

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 5:56 AM

      dolano rene mbak win

    rosaamalia said:
    9 Desember 2015 pukul 10:16 PM

    Plg nyamleng mnrt sy mmg bakmi gorengnya, klo yg kuah agak amis krn telornya

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 5:56 AM

      iya memang enak bakmie gorengnya.klo godog saya juga kurang terlalu suka hehe

    rahmattrans said:
    9 Desember 2015 pukul 9:49 PM

    Kayaknya banyak kuliner enak ya di Jogja… pingin lah ke sana… sedap-sedap tuh.. hehe 😀

      mysukmana responded:
      10 Desember 2015 pukul 5:55 AM

      iya kuliner jogja memang nyuss mas

    md_ayomi said:
    9 Desember 2015 pukul 7:05 PM

    Bakmie..oh..bakmie.. T_T

    Alris said:
    9 Desember 2015 pukul 5:35 PM

    Liat foto bakmie goreng diatas membuat air liur saya menetes, 🙂 Jadi referensi kalo ke Yogya.

    titim nuraini said:
    9 Desember 2015 pukul 5:17 PM

    Legendaris banget ya mas

    Febriyan Lukito said:
    9 Desember 2015 pukul 4:06 PM

    Belum pernah coba bakmie Kadin sih tapi memang bakmi godog jawa itu enak banget mas. Apalagi makan malam2 pas cuaca dingin. huihhhhh *lapar langsung dot com*

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s