Senja di Al-Wustho

Posted on Updated on

Senja di Al-Wustho
Senja di Al-Wustho

sore itu matahari sudah menutup diri dari langit yang terbentang luas diangkasa, langit merah sudah tampak diatas saya ketika akan melakukan perjalanan untuk pulang ke rumah bersama istri. dan kebetulan sekali lewat didaerah monumen pers serta waktu akan menunjukkan adzan maghrib. akhirnya kami berdua mampir ke masjid sebelah barat Istana Mangkunegaran yang bernama Al-Wustho, merupakan masjid yang dibangun pada tahun 1878 dan Selesai pada tahun 1918, meskipun sampai saat ini beberapa renovasi dan pemeliharaan selalu di lakukan oleh ta’mir.

Al-Wustho Dari Samping
Al-Wustho Dari Samping

Setelah memarkirkan mobil kesempatan kami untuk mengambil foto dikala senja dan akhirnya dapat 3 jepretan sebelum masuk masjid dan mendirikan sholat berjamaah di sana. masjid yang beralamat di  Jl RA Kartini 3 RT 003/09, Ketelan, Banjarsari Solo 57132 Jawa Tengah ini merupakan salah satu dari 3 masjid bersejarah di kota Solo setelah masjid Agung dan masjid Darusalam. Kompleks masjid Al Wustho Mangkunegaran terdiri dari bangunan utama serta bangunan bangunan pendukungnya. Di sebelah selatan terdapat bangunan sekolah Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal yang berhubungan langsung dengan bangunan rumah tinggal keluarga ta’mir atau pengurus masjid. Di sebelah utara terdapat fasilitas Unit Kesehatan Masjid dan tempat tinggal Ta’mir masjid.

Gerbang Utama
Gerbang Utama

Pengalaman saya, hampir setiap bulan pasti kalau tidak cukup waktu untuk melakukan perjalanan sering mampir di masjid Al-Wustho untuk sholat disini.  Masjid ini suasananya lebih tenang dibanding masjid lain di kota solo. mungkin karena letaknya ditengah kota namun jauh dari tempat ramai dan  didukung dengan luas komplek dan bangunan mencapai 4200 m2. Yang menarik dari masjid Al-Wustho adalah Ornamen berupa nukilan ayat ayat suci Al-Qur’an maupun hadist yang menghiasi beberapa bagian masjid. selain di gapura pertama dan kedua, kaligrafi arab tersebut juga dapat disaksisakan pada pintu pintu masjid, jendela, 4 sokoguru masjid dan 12 soko rowo masjid, markis/kuncungan, soko dan Maligin. Tiap tiap tiang di dalam masjid tersebut dihias dengan kaligrafi. Salah satu nukilan hadist nya berbunyi “siapa yang membangun masjid ini untuk Allah, maka Allah kan mendirikan sebuah rumah untuknya di surga kelak”.

Iklan

31 thoughts on “Senja di Al-Wustho

    normakeyla said:
    5 Januari 2016 pukul 5:36 PM

    referensi tempat ibadah yang kerennnnnn

      mysukmana responded:
      5 Januari 2016 pukul 7:18 PM

      Keren beud iki bu bro

    SlameTux said:
    27 Desember 2015 pukul 12:47 PM

    Subhanallah, tempatnya uapik tenan.

    Lestarie said:
    27 Desember 2015 pukul 12:09 PM

    Akkkkk keren banget ini. Kalau ke solo sebatas di jalan selamet riyadi 😦

      mysukmana responded:
      27 Desember 2015 pukul 12:51 PM

      Nah solo itu luas kak

    Sefin said:
    26 Desember 2015 pukul 7:44 PM

    Kelihatannya cantik. Memang tempat wisata kah Masjid Al-Wustho ini? Saya kan non-muslim, Kak, apa boleh ke sana? Hehehehe

      mysukmana responded:
      27 Desember 2015 pukul 5:18 AM

      Non muslim boleh kok kesini kak, ini tempat sejarah juga dan sangat erat dengan kraton mangkunegaran

        Sefin said:
        28 Desember 2015 pukul 12:12 PM

        asyiiik nanti mampir ke sana, ah!

    Alris said:
    26 Desember 2015 pukul 7:56 AM

    Luas juga kompleks-nya ya mas. Masjidnya juga keren, antik. Kalo ke Solo kudu disamperin nih.

      mysukmana responded:
      27 Desember 2015 pukul 5:16 AM

      Wajib sholat disini..

    annosmile said:
    24 Desember 2015 pukul 11:14 PM

    arsitekturnya bagus mas..
    pengen kesini..baratnya persis tembok mangkunegaran ya..
    sering lewat mangkunegaran malah baru tau 😦

      mysukmana responded:
      25 Desember 2015 pukul 5:38 AM

      Iya ini baratnya..cm ak blm smpet foto n eksplore lebih dlm mas

    Gara said:
    24 Desember 2015 pukul 11:28 AM

    Rona senja di sana indah sekali Mas, sinar ungunya berasa penuh tapi memang bagus sekali. Juga berasa banget arsitektur Islam zaman Mataram di sana, karena gerbangnya yang keren banget gayanya :)). Saya rikues foto-foto bagian dalam masjid dong Mas, kalau boleh memotret di dalam ruangan sana :hehe.

      mysukmana responded:
      25 Desember 2015 pukul 5:39 AM

      Ditunggu ya klo ada kesempatan kesana lg hehe #padahalSeringLewat

    febridwicahya said:
    23 Desember 2015 pukul 10:41 PM

    pembangunan masjidnya cukup lama ya mas ._. tapi, klasiknya dapet :’) baguuus :)) bersejarah banget pastinya :))

    Shudai Ajlani said:
    23 Desember 2015 pukul 10:40 AM

    Senja di al wustho, foto-fotonya unik.. Bersejarah.

    winnymarlina said:
    22 Desember 2015 pukul 2:47 PM

    belum prenah kesini mas

    jampang said:
    22 Desember 2015 pukul 1:49 PM

    bangunan zaman dulu kuat-kuat yah

      mysukmana responded:
      22 Desember 2015 pukul 1:51 PM

      iya mas..tampak BAKOH 😀

    ayanapunya said:
    22 Desember 2015 pukul 12:45 PM

    gerbangnya mencolok banget ya. he

      mysukmana responded:
      22 Desember 2015 pukul 1:07 PM

      tapi kalau pas lewat gak terlalu mencolok karena sejajar dan sebrangnya tembok kraton mbak

    cumilebay.com said:
    22 Desember 2015 pukul 11:21 AM

    Soko guru itu apa yaaa ??? #oraMudeng

      mysukmana responded:
      22 Desember 2015 pukul 11:24 AM

      Soko guru itu penyangga atau tiang mas cum..itu bhs filosofis… :))

    RahmanBatopie, M.gs said:
    22 Desember 2015 pukul 8:51 AM

    wiih pemandangannya kereeen…
    pas banget bisa menyaksikannya bersama orang yang kita cintai ❤

    adelinatampubolon said:
    22 Desember 2015 pukul 8:50 AM

    Penasaran pengen tau susana didalamnya

      mysukmana responded:
      22 Desember 2015 pukul 9:21 AM

      Next ku foto2 mbk hehee

    Mamoru Afiz said:
    22 Desember 2015 pukul 6:42 AM

    Ikut gan

      mysukmana responded:
      25 Desember 2015 pukul 5:35 AM

      yuk mARI MAS

    Jejak Parmantos said:
    22 Desember 2015 pukul 5:24 AM

    Wah saya belum pernah kesini….

      mysukmana responded:
      22 Desember 2015 pukul 5:55 AM

      Ayo kpn ksni lg

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s