Menara Al-Husna, Museum Islam Masjid Agung Jawa Tengah

Museum Masjid (6)

#WeekEndTraveller – Beberapa waktu lalu kami menyempatkan diri untuk mampir sholat di Komplek Masjin Agung Jawa Tengah yang terletak di kota semarang, setelah selesai sholat dhuhur kami pun mampir di menara masjid yang terletak di diepan sisi selatan masjid. Bangunan menara tersebut ternyata sebuah museum. Menara tersebut di beri nama menara Al-Husna dan ternyata memang selain sebagai tempat ibadah, komplek masjid tersebut juga sebagai tempat wisata religi dan belajar mengenai perkembangan Islam di tanah jawa khususnya Jawa Tengah.

Museum Masjid (9)

Sebelum memasuki menara Al-Husna, kami pun harus antri untuk beli tiket dengan harga per orang 7K rupiah, untuk dapat menikmati pemandangan kota semarang dari menara dan dua lantai museum sejarah Islam. Al-Husna mempunyai tinggi 99 meter dan didalamnya terdapat 19 lantau sudah termasuk museum dan restoran memutar (namun waktu itu tidak mampir di restorennya). Ketika berada dilantai paling atas dari menara tersebut, terdapat teropong dimana jika akan menggunakannya harus menggunakan uang coin pecahan 1K rupiah.

Museum Masjid (10)

Museum Masjid (12)

Museum Masjid (1) Museum Masjid (2)

Setelah menikmati pemandangan di kota semarang, kamipun turun ke lantai 3 dan 2 dengan menggunakan lift, disitulah museum berada. Mueseum yang terdiri dari dua lantai tersebut berbagai maca menyimpan keris, mushaf Alquran kuno, Alquran raksasa, mimbar kuno dari Masjid Terboyo, artefak, gamelan, wayang, dan nisan yang asli dan juga beberapa benda replika antara lain, Termasuk maket Masjid Agung Jawa Tengah dan menara Masjid Sunan Kudus

Museum Masjid (3)

Museum Masjid (4)

Koleksi benda-benda bersejarah pada museum ditata berdasarkan alur cerita yang menggambarkan sejarah perkembangan Islam di Jawa Tengah yang mencakup beberapa periode . Pertama Raden Patah sebagai pendiri Kerajaan Islam Demak yang merupakan perkembangan awal Islam di Jawa Tengah. Kedua adalah perkembangan pesantren di tanah jawa khususnya pesisir pantai utara. Ketiga adalah masa dimana perkembangan Islam di wilayah pedalaman Jawa Tengah menghasilkan dialog Islam dengan budaya lokal. Keempat memasuki era kolonialisme dengan belanda dan dunia pesantren mengisolir diri dari kekuasaan penjajah dengan sikap non kooperatif. terakhir dunia modern terdapat kebutuhan untuk meningkatkan fasilitas peribadatan yang representatif antara lain pengembangan Masjid Agung Jawa Tengah seperti yang telah dibangun saat ini.

Museum Masjid (11)

Museum Masjid (5)
Museum Masjid (7)

Tak lama kemudian, kami pun turun tangga untuk menuju ke museum selanjutnya yang berada dilantai dua. Disinilah koleksi-koleksi yang ditampilkan bercerita tentang awal perkembangan Islam di Jawa Tengah. Beberapa menceritakan tentang perkembangan budaya islam asing. yang masuk di pesisir utara seperti  pelabuhan di kawasan pesisir utara Jawa Tengah,  dan merupakan tempat pertama kali nya terjadi interaksi antara pedagang muslim dari Gujarat, Persia, dan China dengan penduduk lokal Jawa Tengah.

Museum Masjid (8)

Museum Masjid (14)

Museum Masjid (13)

Beberapa koleksi benda-benda peninggalan di museum yang terletak di lantai dua ini antara lain adalah Duplikat Lawang Bledheg, Ornamen Masjid, Gamelan dan Tulisan arab dari Kyai pada jamannya (saya kurang tau hehe). Untuk Gamelan dan Wayang  dulunya digunakan sebagai salah satu sarana pengajaran Agama Islam . Selain wayang kulit juga ada wayang golek menak (wayang nya gak kefoto tapi) 😀 . Wayang golek ini dirancang oleh R. Ng. Yasadipura I yang digunakan sebagai salah satu media siar Islam. Wayang ini mengisahkan perjuangan Amir Hamzah memerangi kaum kafir. Tokoh Jayengrana merupakan penggambaran Hamzah paman nabi Muhammad S.A.W.

19 comments

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s