Antara Waduk Gajah Mungkur dan Taman Tombo Galau

Posted on Updated on

OW Gajah Mungkur (4)

#weekEndTraveller – Wonogiri, atau lebih dikenal dengan kota gaplek, yaitu makanan yang terbuat dari ketela pohon atau pohong, mempunyai potensi pariwisata yang tak kalah menarik jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten di wilayah Surakarta (Solo). Salah satunya yang beberapa hari lalu saya kunjungi adalah Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Gajah Mungkur sendiri adalah sebuah waduk yang terletak 6 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah yang masih termasuk karisidenan Surakarta. Perairan danau buatan ini dibuat denganmembendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo dan sebagai penghasil sumber daya listrik.

OW Gajah Mungkur (1)

Pagi itu begitu dingin dan sejuk dan suasana agak mendung tidak menyurutkan niat saya  untuk jalan-jalan berkeliling sepersekian pinggiran waduk, karena tidak mungkin berkeliling di semua waduk dengan luas 8800 Hektar ini. Waduk yang konon di resmikan oleh mantan presiden kedua Indonesia (Pak Soeharto) ini telah mengorbankan 5-6 Kecamatan yang harus rela di pindahkan ke Sumatra.

OW Gajah Mungkur (8)

OW Gajah Mungkur (7)

OW Gajah Mungkur (3)

Beberapa pinggiran waduk, khususnya jalan akses untuk masuk ke lokasi kini sudah dikembangkan oleh pemerintah setempat sebagai tempat rekreasi yang disebut dengan istilah OW Gadjah Mungkur. Di OW Gadjah Mungkur juga menyediakan kapal boat untuk mengelilingi waduk , ada juga tempat khusus memancing. Selain itu para wisatawan dapat pula menikmati olah raga layang gantung (Gantole) dari bukit yang terletak di sebelah barat waduk dan finish atau mendarat di lapangan yang sudah disediakan di pinggir waduk, ada juga gedung pertemuan dan restoran baru yang baru saja selesai di bangun tahun 2015 kemarin, Selain itu juga terdapat objek baru dilokasi tersebut yaitu “Taman Tombo Galau” yang menurut saya namanya enggak banget, entah motivasi apa yang di bangun oleh Dinas setempat membuat taman seperti ini, tentunya ini akan lebih menarik para wisatawan khususnya anak-anak muda yang sedang galau dengan hatinya 😀

OW Gajah Mungkur (10)

Bicara soal kegalauan, istilah yang sedang trend di kalangan anak muda jaman sekarang, Ternyata Dinas Pariwisata dan pihak pengelola sangat mengerti tentang hal tersebut. Taman Tombo Galau ini merupakan proyek yang telah dikerjakan sejak Oktober 2015 . Proyek ini memasuki tahap finishing dan dibuka untuk umum pada liburan Natal dan Tahun Baru 2016, meskipun belum secara resmi dibuka Taman ini sudah banyak dikunjungi anak – anak muda hingga dewasa .  Taman ini dilengkapi berbagai wahana seperti kereta gajah, kapal wisata, rumah hantu, bianglala dan sebagainya. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan taman hijau dan air mancur.  Selain Taman Tombo Galau, Waduk Gajah Mungkur juga sedang mempersiapkan membangun berbagai fasilitas yang menarik lainnya untuk menunjang . Antara lain lokasi selfie dengan latar belakang Gajah Mungkur, rest area dan taman-taman yang unik.

OW Gajah Mungkur (9)

OW Gajah Mungkur (11)

OW Gajah Mungkur (12)

OW Gajah Mungkur (13)

OW Gajah Mungkur (14)

Taman Tombo Galau kalau dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan Taman yang bisa mengobati orang-orang yang sedang galau. Atau malah mungkin pengunjung yang ada disini malah tambah galau :D. didalam taman ini terdapat tempat duduk model melinggar separuh koleseum dan di pelatarannya terdapat papan catur, ular tangga dan sudarmanda yang berbentuk raksasa, Namun waktu saya kesana masih dalam tahap pengerjaan (jadi ya tidak di foto). bagi teman-teman pembaca blog ini yang sedang merasa dirinya galau, mungkin bisa mampir ke Kawasan Objek Wisata Wonogiri “Taman Tombo Galau” dan siapa tau dapat jodoh disini, masuknya cukup terjangkau kok, cuma 5100 (nanggung pasang tarifnya).

Iklan

42 thoughts on “Antara Waduk Gajah Mungkur dan Taman Tombo Galau

    nianastiti said:
    2 Februari 2016 pukul 5:18 AM

    Kekinian bgt nama tmnnya. Aku prnh ke sebuah area di Sumbar yg isinya dr Wonogiri semua, pakek boso joeo ngomongnya 😀

      mysukmana responded:
      2 Februari 2016 pukul 8:46 AM

      boso jowo? iyah itu mungkin keturunan2 yang di transmigrasi

    Mas Nuz said:
    1 Februari 2016 pukul 3:05 PM

    Wah, pangling saya. Terakhir 1994 yang lalu. 😀

    Intan Sudibjo said:
    31 Januari 2016 pukul 9:01 AM

    boleh nih buat nanti liburan akhir semester

    Ety Abdoel said:
    30 Januari 2016 pukul 6:49 AM

    Wah, ada yang baru rupanya.
    Terakhir kesana tahun 2013, lumayan lah buat nyenengin anak-anak.
    Saya kok suka sama ikan wader krispinya.

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 7:23 AM

      iya banyak perubahan kayaknya, padahal saya pertama kalinya kesini, btw sya gak beli wader krispinya bu..tapi beli udang n kakap nya..:D

    cumilebay.com said:
    30 Januari 2016 pukul 6:18 AM

    Yg ngak galau boleh kesana ngak ??? Hehehe. Waduk ini saat gw masih kecil begitu fenomena banget

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 6:21 AM

      boleh boleh saja kak, kita godain orang yang lagi galau saja wkwk..iya waduk ini memang fenomenal, n skg lg mulai di angkat lagi kak cumi..

    hidayahsulistyowati said:
    30 Januari 2016 pukul 1:40 AM

    Harus siapin receh ratusan kalo cuma berdua ya hehehe… nanggung amat tarif masuknya. Akhir tahun saya sempat mampir makan di salah satu rumah makan di pinggir jalan tersebut. Lumayan, pemandangannya waduk, sayangnya airnya lagi surut

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 7:27 AM

      iya klo berlima atau ber sepuluh bisa pas..:)

    Liberto Amin said:
    30 Januari 2016 pukul 12:14 AM

    Samasama indahh :’D

    abah shofi said:
    29 Januari 2016 pukul 6:17 PM

    namanya kekinian bgt ya mas. bagian humas nya pasti anak muda dan gaul abis 😀

    Dita said:
    29 Januari 2016 pukul 3:33 PM

    hahahaha lucu yaa namanya, tombo galauuu 😀
    kalo ada taman lagi coba bikin taman tombo baper

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 3:34 PM

      Wkwk..ada ada aja skg ini..tp ini semoga jadi hits ya biat wisatanya maju

    dani said:
    29 Januari 2016 pukul 3:13 PM

    Hahahaha. Nanggung pasang tarifnya.
    5-6 kecamatan transmigrasi ke Sumatera semua Mas? Luar biasa ya. Pantesan banyak orang Jawa di sana. Hehehe. Swru kayaknya area wisatanya Mas.

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 7:26 AM

      iya orang jawa memang banyak yg di sumatra mas, kayak bulek saya juga kena transmigrasi kesana dulu tahun akhir 80an..

    naniknara said:
    29 Januari 2016 pukul 2:57 PM

    kalau pas mudik/balik dari klaten ke malang, biasanya kami mampir di gadjah mungkur, masuk warung lalu pesan ikan bakar

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 7:25 AM

      klaten lewat wonogiri memang deket mbak..iya ikan bakar juga enak, tp sy kemarin beli ikan yng di goreng. krn buat bawa pulang 🙂

    Maisya said:
    29 Januari 2016 pukul 2:26 PM

    Hehe.. Taman Tombo Galau mungkin maksudnya untuk menarik anak muda ya Mas. Sekalian biar pada sembuh galaunya. :p

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 2:29 PM

      iya anak sekarang kan mudah pada galau, yang gak galau gak usah ke tamannya, cukup naik perahunya aja kewaduk atau mainan gantole 🙂

    febridwicahya said:
    29 Januari 2016 pukul 1:50 PM

    Wakakak aku ngakak baca-baca tulisan yang ada di taman tombo galau mas 😀 wkwkw kayaknya aku harus diculik kesana deh 😀 kwkwk 😀

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 2:23 PM

      suruh nyulik kekasihmu aja mas, yang pernah kamu tulis di blog mu itu hahha ::peace

        febridwicahya said:
        30 Januari 2016 pukul 4:50 PM

        Eng… gimana mas gimanaaaa? nggak kebacaaaa mas balasanmu :p

    sari said:
    29 Januari 2016 pukul 12:48 PM

    ya ampun tulisan-tulisannya..wkwkwkwk

    iya, tarifnya kenapa nanggung gitu, 5100..

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 2:26 PM

      Dinas Pariwisata Wonogiri memang tau maunya anak muda sekarang 🙂

    adelinatampubolon said:
    29 Januari 2016 pukul 11:56 AM

    kreatif juga yach buat taman ini dan kata-kata yang ada disekitaran taman juga ngena bangat buat jomblo. semoga benar-benar tempat yang membuat jomblo yang ada jadi kreatif yach, bukan menggalau nga jelas.

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 2:26 PM

      makanya disana sedang di bangun hiburan hiburan mbak..biar para jomblo gak galau

    khsblog said:
    29 Januari 2016 pukul 11:18 AM

    wah belom pernah kesitu untuk kedua kali

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 2:27 PM

      kesinilah kisanak 😀

        khsblog said:
        29 Januari 2016 pukul 2:38 PM

        terakhir 2011 silam pas main ke rumah simbah

    fasyaulia said:
    29 Januari 2016 pukul 10:35 AM

    Wah taman nya leh ugaaa~

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 10:57 AM

      Fasyagalau y

    jampang said:
    29 Januari 2016 pukul 10:20 AM

    saya belum pernah nyoba gaplek, kaya gimana rasanya.

    itu di taman tombo galau banyak hiburannya donk ya supaya yang galau pada sembuh 😀

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 2:27 PM

      klo main wonogiri jangan lupa, beli gaplek mas 🙂

    virmansyah said:
    29 Januari 2016 pukul 9:04 AM

    wah udah berapa tahun ya nggak ke WGM, terakhir waktu SD 😀 Itu di Taman Tombo Galau ada apanya aja, kok cuma kayak tempat duduk2 gitu, nanti malah tambah galau dong 😀

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 9:05 AM

      itu ada macam2 tp masih tahap pembangunan mas brohh..makanya duduk biar gak galau

    Mase said:
    29 Januari 2016 pukul 8:36 AM

    Woh iki rupanya… Pernah ane ke sini dulu, waduknya tapi ding

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 8:37 AM

      semoga waktu disini gak galau dulu mas :))

        Mase said:
        29 Januari 2016 pukul 8:45 AM

        Wakakakak

    winnymarlina said:
    29 Januari 2016 pukul 8:32 AM

    waduknya ada tulisannya yg bg

      mysukmana responded:
      29 Januari 2016 pukul 8:48 AM

      yang BG gimn mbak win?

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s