Pantai Sembukan Wonogiri, Keindahan Berbalut Mistis

Posted on Updated on

Sembukan (10)

#weekEndTraveller – Nyai Loro Kidul memang terkenal dengan segala mitosnya, khususnya di tanah jawa bagian selatan dan sangat kental hubungannya dengan para raja Mataram hingga presiden pertama Indonesia seperti Soekarno. Dan ini adalah pertama kalinya saya ke pantai di Wonogiri, meskipun sebelumnya seringnya di pantai wilayah Gunung Kidul Yogyakarta yang masih satu garis pantai dengan pantai yang ada di daerah Jawa Tengah hingga Yogyakarta bagian selatan.

Sembukan (7)

Terletak di Kecamatan Paranggupito, di ujung selatan Kabupaten Wonogiri, pantai ini berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota Wonogiri, perjalanan saya dan teman-teman membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari waduk untuk sampai ke tempat ini. Ketika kami datang, cuaca sedang gerimis, ini tidak menyurutkan niat kami untuk melihat deburan ombak besar dengan keberadaan karang-karang besar disekitarnya. Pantau yang di apit oleh dua buah bukit ini menjadi sebuah pemandangan yang tak menjemukan untuk dinikmati. Pemandangan lain yang menjadi ciri khas pantai ini adalah terdapat bukit-bukit cantik dengan karang di bawahnya,  Sangat bagus untuk membekukan momen perjalanan saya dalam bentuk foto.

Sembukan (8)

Sembukan (6)

Sembukan (3)

Sembukan (5)

Sembukan (9)

Menurut penduduk setempat, beberapa warga sekitar juga banyak yang menghabiskan waktunya dengan memancing di pantai ini. Selain panorama yang memukau, pantai ini juga dikenal dengan mitosnya. Seperti halnya pantai selatan lainnya. Pantai Sembukan banyak dikunjungi orang untuk bermeditasi dan menjalani ritual adat ngalab berkah. Pantai Sembukan juga erat dengan mitos tentang ‘Nyi Roro Kidul’, Tak jarang, banyak tokoh spiritual yang datang ke tempat ini untuk melakukan ritual-ritual tertentu. Selain itu, di pantai ini juga sering diadakan event-event tradisi lokal seperti Jelang 1 Suro, dan sangat ramai dengan aktivitas warga bersama dengan para abdi dalem keraton Surakarta serta pemerintah setempat dalam acara Larung Ageng, yaitu untuk memberikan sesaji bagi penguasa laut kidul dengan melarung sesaji tersebut ke laut.

Sembukan (4)

Ketika datang kesana suasana sedang gerimis dan mendung, Saya dan temen-teman juga disambut dengan acara acara ritual, yang berupa Tarian yang diiringi gamelan serta angklung, kurang tau ceritanya tentang apa tarian tersebut, yang pasti acara tarian ini salah satu ritual yang dilakukan warga setempat baik itu untuk tamu maupun wisatawan yang memesan acara ritual tersebut.

Sembukan (11)

Sembukan (2)

Sembukan (1)

Bagi teman-teman pembaca blog ini yang akan ke pantai Sembukan tidak perlu khawatir untuk menuju ke Pantai Sembukan, akses menuju pantai ini sudah cukup memadai, maksimal pakai bus kecil. Sepanjang perjalanan nanti juga akan dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit batu Kars yang khas. Dan jika  mengunjungi pantai ini, pesan saya jangan abaikan larangan-larangan terkait kepercayaan masyarakat setempat tentang mitos di pantai ini. Paling tidak kita menghormati 🙂

Iklan

25 thoughts on “Pantai Sembukan Wonogiri, Keindahan Berbalut Mistis

    rini said:
    9 Maret 2017 pukul 9:33 PM

    Hampir mirip pantai di Gunung Kidul ya, dan cerita soal mitosnya juga.

      mysukmana responded:
      9 Maret 2017 pukul 10:10 PM

      iya kan masih satu deretan 🙂

    Nur S Ahmadi said:
    19 Februari 2017 pukul 9:03 AM

    Saya baru dengar nama pantai sembukan, kalau paranggupito pernah dengar
    Btw salam kenal ya mas, saya asli sukoharjo tapi sdh lamaaa……banget di sulawesi tengah…jadi saya tertarik kalau ada tulisan topiknya sekitar solo.

    Syifna said:
    27 Februari 2016 pukul 10:21 PM

    Ternyata ada pantai cantik yang tersembunyi di sana hehehe

      Anonim said:
      18 April 2017 pukul 5:41 AM

      ada banyak mbak…

        mysukmana responded:
        18 April 2017 pukul 12:23 PM

        saya mas kak syifna :))

    adelinatampubolon said:
    9 Februari 2016 pukul 4:43 PM

    pantainya indah sekaligus berasa bangat mistis nya gitu yach? apalagi ada unsur nyi roro kidul.

    Arie Kurniawan said:
    1 Februari 2016 pukul 5:53 PM

    Nyimak

    anisupriyatni said:
    1 Februari 2016 pukul 11:29 AM

    Wah baru denger juga nih mas nama pantai sembukan di wonogiri, padahal saya yg memang lahir di wonogiri tapi agak kudet utk masalah obyek pariwisata di kampung halaman sendiri hehehe.
    Pantai yg pernah saya kunjungi yaitu pantai nampu (https://anisupriyatni.wordpress.com/2013/08/12/sensasi-touring-3-pantai/) yg juga berada di kecamatan paranggupito di kabupaten wonogiri, pemandangannya baguuuusss utk org yg tinggal di kota seperti saya,,,karena pemandangan langka 🙂
    memang pantai di daerah selatan punya eksotisme tersendiri koq hehe…
    oiya selain pantai nampu di wonogiri saya juga sudah pernah menginjakkan kaki di pantai sadeng dan indriyanti di daerah gunung kidul… *promosi hehe

      mysukmana responded:
      1 Februari 2016 pukul 11:31 AM

      saya kemarin malah mau ke nampu gak jadi mbak, karena cuaca dan waktu yang sudah mepet..klo gitu tak buka link nampunya ya 🙂

    BaRTZap said:
    30 Januari 2016 pukul 8:50 PM

    Pantai-pantai di selatan jawa ini sepertinya sedang naik daun ya. Hampir tiap hari selalu ada review baru tentangnya. Dan ini pertamakalinya aku dengar soal Pantai Sembukan. Makasih infonya mas 🙂

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 8:51 PM

      iya mas bro, sama-sama. dan ini juga pertamakalinya saya kesana..biasanya ke pantai daerah gunung kidul hehe..cuma ini pantai emang agak mistikus cinta :))

        BaRTZap said:
        30 Januari 2016 pukul 9:12 PM

        Maksudnya mistikus cinta apa mas? hehehe

          mysukmana responded:
          30 Januari 2016 pukul 9:13 PM

          Mistis akan cintAnya nyi loro

            BaRTZap said:
            30 Januari 2016 pukul 9:15 PM

            Oooo kirain apa hahaha. Btw, kalau mandi-mandi di pantai ini agak susah ya mas?

              mysukmana responded:
              31 Januari 2016 pukul 2:25 PM

              mandi di pantai ini gak bisa mas, dilarang keras..karena itu langsung palung n karang

    tommy said:
    30 Januari 2016 pukul 11:34 AM

    Pantai nya emang keren ini terasa aura nya bagaimana gt

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 11:39 AM

      Keren lg klo di ajak jln jln lg mas..

    dinimuktiani said:
    30 Januari 2016 pukul 11:13 AM

    Jadi, apakah aku bisa bertambah tinggi jika kesana??? 😀
    Sayangnya kalau mudik, Bapak aku males ngajak anaknya jalan-jalan

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 11:37 AM

      Hahaha.jln jln sendiri saja

    Mase said:
    30 Januari 2016 pukul 11:03 AM

    Hi serem

    cumilebay.com said:
    30 Januari 2016 pukul 6:16 AM

    Jadi berkah apa yg kau terima dari sembakun??? Semoga makin ganteng yaaa kak 😉

      mysukmana responded:
      30 Januari 2016 pukul 6:21 AM

      wkwkw..itu sih kepercayaan mereka kak, kalo saya sih kagak percaya hah..tetep Allah SWT dong

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s