Daily of Mind : Sharing Ilmu di Tumpi Read House di Desa Pentur Simo Boyolali

TumpiReadHouse (6)

#Daily – Hari Sabtu, 16 Juli 2016 kemarin saya dan beberapa teman pelaku sosial media di kota solo mendapat undangan dari mas Joko Narimo, salah satu pengelola sekaligus owner dari perpustakaan yang diberi nama Tumpi Read House. Mas Joko Narimo sendiri juga sebagai salah satu pegiat film di Kota Solo, membuat perpustakaan buku dan film baginya bisa menjadi modal awal untuk ikut mencerdaskan dan melahirkan sineas-sineas baru di kampungnya.

Perjalanan kami tempuh dari kota Solo, selama kurang lebih 45 menit menuju Tumpi Readhouse Dk. Karang RT.16 RW 04 Desa Pentur, Kec. Simo Boyolali, ternyata lokasinya lumayan jauh juga meskipun masih satu Karisidenan Surakarta. Jalanan yang kurang bagus untuk akses kedesa tersebut memaksa kami harus naik motor ber empat. Setelah sampai disana kami pun disambut oleh mas Joko dan beberapa adek-adek yang sudah menunggu kedatangan kami.

TumpiReadHouse (7)

Lalu sebenarnya apa sih Tumpi Read House?, Tumpi merupakan sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada pengembangan dan pemberdayaan anak muda. Tumpi Read House sendiri diresmikan pada tanggal 16 Juli 2012 yang ditandai dengan acara Jineman #1. Untuk menggali dan mengembangkan potensi lokal, saat ini Tumpi membuat sebuah perpustakaan  buku dan film yang digunakan sebagai sarana belajar alternatif bagi masyarakat sekitar. Selain sebagai taman baca, harapannya Tumpi juga dapat menjadi ruang sirkulasi anak muda, menjadi tempat belajar sekaligus ruang diskusi dan berbagai pelatihan sehingga kedepannya Tumpi bisa menjadi laboratorium kreatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi.

TumpiReadHouse (1)

TumpiReadHouse (2)

Kedatangan saya dan kawan-kawan disini tak lain adalah hanya untuk berbagi ilmu yang kami ketahui, saya pribadi membahas tentang Blogging, teman-teman yang lain membahas tentang optimasi dan edukasi tentang sosial media seperti twitter,facebook dan instagram.

Dengan penuh kesedhanaan, sebelum acara di mulai, kamipun disambut dengan masakan tradisional ala pedesaan yang jarang kami temui di kota, acara tersebut ternyata sekaligus acara syukuran ulang tahun dari Tumpi Read House. Wah betapa senangnya kami mendapat sambutan dari adek-adek yang sudah menunggu kami di Tumpi Read House. Dan ternyata peserta yang ikut di acara kami selain dari desa setempat juga berasal dari daerah Ampel, Boyolali yang jaraknya cukup jauh, tapi tidak mengurangi niat mereka untuk datang.

TumpiReadHouse (3)

TumpiReadHouse (5)

TumpiReadHouse (4)

TumpiReadHouse (6)

Kegiatan tersebut berlangsung sekitar dua jam, setelah selesai dari acara sharing bersama, ba’da maghrib kami pun ngobrol santai sambil ngeteh bersama mas Joko Narimo, Saya yakin perjuangan mas Joko Narimo dibantu dengan mbak Anna Subekti untuk mendiringan perpustakaan ini sangatlah besar, apalgi lagi di desa yang letaknya low sinyal. Tapi jangan salah kalau di Tumpi Red House juga full koneksi internet. Bahkan beliaunya ketika saya tanya rela mengeluarkan dana pribadi untuk bikin tower supaya internet bisa masuk ke Tumpi Red House yang letaknya sangat jauh dari perkotaan.

Tumpi Readhouse

  • Dk. Karang RT.16 RW 04 Desa Pentur, Kec. Simo Boyolali – Jawa Tengah 57377
  • email : info@tumpi.org
  • CP : Joko Narimo 08156630217 atau Anna Subekti 085640088852
  • www.tumpi.org

 

Iklan

22 comments

  1. Terima kasih Mas atas postingan ini, apresiasi luar biasa untuk Mas Joko Narimo dkk
    Selamat menikmati bacaan ya adik-adik di desa Pentur, Simo.

  2. Andai saja di tempatku Dk.sambengan DS.gunung kec.simo ad yg kaya mas narima/mbk anna subekti pasti akan menambah semangat dan wawasan untuk generasi penerus di kampung kami, semangat buat mas/mbk pendiri #TumpiReadhouse semoga perpustakaannya makin maju.

      1. Kampung saya di dukuh sambengan, desa gunung, kecamatan simo, kampung yg plosok 😂 di sana juga sinyalnya ngadat, kl saya yg mendirikan g tau deh jdnya apa lawong g punya pengalaman😀 makanya milih nguli di ibu kota ✌

      1. Soalnya akses internet jadi penting banget zaman sekarang ya, apalagi untuk perpustakaan seperti ini :). Moga-moga aja ke depannya sinyal makin bagus mas.

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s