Senja di Candi Plaosan

Posted on Updated on

CandiPlaosan (2)

#Travel – Waktu kecil, yang saya tahu candi di Indonesia adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Namun semakin dewasa ini, baru tau kalau candi di Indonesia khususnya di tanah jawa itu banyak sekali, apalagi berada ditempat dimana propinsi saya tinggal . Jalan-jalan kali ini sebagai WeekEndTraveller, saya akhirnya bertemu dengan keluarga besar blogger Famtrip Jateng Gayeng.

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

Perjalanan kami lalui dari Boyolali, Klaten lalu ke Plaosan. Menurut cerita dari guide, Candi Plaosan merupakan bangunan perpaduan antara Hindu dan Budha, meskipun candi ini merupakan candi umat Budha. Candi Plaosan terletak di Dusun Bugisan Kecamatan Prambanan, Klaten, Di Karenakan berbatasan antara Jogja dan Klaten, banyak yang mengatakan candi di Plaosan berada di Jogja, namun secara administratif candi ini berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

CandiPlaosan (13)

CandiPlaosan (12)

CandiPlaosan (11)

Halaman candi ini cukup luas,  Saya bersama teman-teman harus berkeliling candi dengan jalan kaki yang cukup melelahkan, beruntungnya hari sudah sore dan cuaca tidak terlalu panas, jadi tidak terlalu terasa. Tak lama kemudian saya  berjalan ke bagian tengah halaman candi tersebut, Disitulah terdapat pendopo berukuran 40 meter persegi atau bangunan candi yang menjulang tinggi.

????????????????????????????????????

CandiPlaosan (4)

Menurut buku panduaan dan informasi dari guide yang saya terima, Candi Plaosan terdapat Pendopo dimana bagian tengah yang dikelilingi 8 candi kecil yang terbagi menjadi 2 tingkat dan tiap-tiap tingkat terdiri dari 4 candi meskipun beberapa kondisinya sudah ada beberapa yang hancur. Candi Plaosan selain bertingkat juga memiliki 116 stupa perwara dan 50 candi perwara yang mempunyai fungsi khusus dimasanya. Bahkan menurut guide dan penjaga candi Plaosan, Candi Plaosan merupakan tempat menyimpan teks-teks kanonik milik para pendeta Budha.

????????????????????????????????????

Menurut sejarahnya, Candi Plaosan yang merupakan candi Budha kembar yang terdiri dari Plaosan Lor dan Plaosan Kidul (kami mengunjungi Plaosan Lor) . Candi Plaosan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu, yaitu pada awal abad ke-9 M. Salah satu pakar yang mendukung pendapat itu adalah De Casparis yang berpegang pada isi Prasasti Cri Kahulunan (842 M). Dalam prasasti tersebut dinyatakan bahwa Candi Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan, dengan dukungan suaminya. Menurut De Casparis, Sri Kahulunan adalah gelar Pramodhawardani, putri Raja Samarattungga dari Wangsa Syailendra. Sang Putri, yang memeluk agama Buddha, menikah dengan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, yang memeluk agama Hindu.

????????????????????????????????????

Ketika saya berkeliling di Candi Plosan Lor, saya melihat arca Dwarapala yang saling berhadapan, sepasang terletak di pintu masuk utara dan sepasang di pintu masuk selatan. Kedua arca tersebut posisi duduk di atas kaki kanannya yang terlipat dengan kaki kiri ditekuk di depan tubuh. Sedangkan tangan kanannya memegang gada. lalu bagian tangan kiri tertumpang di atas lutut kiri. Di percaya bahwa kedua pasang arca tersebut sebagai simbol keamanan kala itu.

????????????????????????????????????

CandiPlaosan (3)

CandiPlaosan (1)

CandiPlaosanHore

Coba tebak saya yang mana dari foto diatas? Bagaimana? asik kan berwisata ke Candi-candi, selain berfoto-foto, kita bisa mengenal lebih jauh bahwa di Indonesia khususnya Jawa Tengah terdapat tempat wisata sejarah yang mengandung nilai heritage yang begitu tinggi :), yuk main ke Wisata Jawa Tengah

Iklan

36 thoughts on “Senja di Candi Plaosan

    Gara said:
    17 Oktober 2016 pukul 8:16 PM

    Senja di sini memang apik sekali… dulu saya sempat sekali menyaksikan senja di Kompleks Plaosan, oh Tuhan magisnya luar biasa. Bikin nagih, kayaknya saya mesti ke sana lagi deh supaya bisa menyaksikannya lagi, hehe. Oh, jadi candi ini dipakai untuk tempat teks Buddha, ya? Hm… menarik, sebab di dalam kalau saya tak salah ada pasang-pasangan patung Bodhisattwa. Namun bentuknya yang terkesan dua lantai membuat candi ini mirip Candi Sari yang memang dipakai sebagai biara pada masanya, sih…

      mysukmana responded:
      17 Oktober 2016 pukul 9:11 PM

      iya saya tau mas gara tuh sukanya yang model model sejarah beginian ya 🙂

    […] Danang – Senja di Candi Plaosan […]

    Fahmi Anhar said:
    6 September 2016 pukul 5:17 PM

    candi plaosan salah satu candi yang well preserved menurut saya. spotnya pun instagramable, layak dikunjungi kalau pas wisata ke klaten jawa tengah. seru ya jalan kesini rame-rame sama teman2 kemarin! 😀

      mysukmana responded:
      6 September 2016 pukul 5:18 PM

      Seru bgt mas, bikin ketagihan jeng jeng lagihhh hahaa

    […] Danang – Senja di Candi Plaosan […]

    Fix Jadi Anak Gaul di Umbul Ponggok | The Uber Journey said:
    5 September 2016 pukul 10:03 AM

    […] Danang – Senja di Candi Plaosan […]

    Ranny said:
    3 September 2016 pukul 7:16 AM

    Lucky me, pindah ke Solo 😉 banyak tempat wisatanya. Apalagi candi! Saya suka wisata candi dan baca kisah di baliknya.
    Noted! Harus ke candi ini.

      mysukmana responded:
      3 September 2016 pukul 7:25 AM

      Fardhu Ain bu pokoknya hehe

    masslara said:
    3 September 2016 pukul 7:07 AM

    Jalan jalan terus,mbok aq diajak 😁😁😁

      mysukmana responded:
      3 September 2016 pukul 7:23 AM

      lha saya saja juga di ajakin kok mas 😀

    arintaadiningtyas said:
    3 September 2016 pukul 6:25 AM

    Ini Klaten..saya pernah kesana. Katanya memang disana warganya sering nemu batu candi kalau lagi nyangkul. Memang ngga sebesar candi prambanan, tapi saya lebih suka kesini. Ngga capek jalannya..haha.. Dan di sekitarnya masih ada sawah yaa pak? Saya kesana terakhir kurang lbh 3 tahun lalu. *lama juga yaa.. 😀

      mysukmana responded:
      3 September 2016 pukul 6:32 AM

      Jateng memang keren,banyak wisata..candi cuma ada di Indonesia

    Citra Rahman said:
    2 September 2016 pukul 8:58 AM

    Belum kesampaian sunrise dan sunset-an di Candi Plaosan. Kapan-kapan balik ke sini lagi aaah… 😀

      mysukmana responded:
      2 September 2016 pukul 9:08 AM

      yuk mari kak cit cit..backpackeran ke Solo wae

        Citra Rahman said:
        2 September 2016 pukul 9:10 AM

        Iya. Belom ke Solo. Kalau aku ke sana, bawa jalan-jalan ya. Bang. 😀

          mysukmana responded:
          2 September 2016 pukul 9:11 AM

          siap dah bang…:D

    cumilebay.com said:
    1 September 2016 pukul 2:15 PM

    Hehehehe ternyata udah masuk klaten jawa tengah yaaa, aku juga tau nya itu jogja

      mysukmana responded:
      1 September 2016 pukul 3:13 PM

      iya kak cumi, ini dah diklaten jawatengah..

    Dede Ruslan said:
    1 September 2016 pukul 1:44 PM

    aku penasaran kalo matahari terbenamnya seperti apa, pasti kereen banget 🙂

      mysukmana responded:
      1 September 2016 pukul 1:57 PM

      Sayangny kita harus ke Magelang

    winnymarlina said:
    31 Agustus 2016 pukul 3:52 PM

    horee ada akuuu, gambar2 kakak emang cakep

    Dita said:
    31 Agustus 2016 pukul 3:21 PM

    sayangnya gak pas senja beneran, coba kalo dapet sunset atau sunrise pasti makin kece fotonya 😀

      mysukmana responded:
      31 Agustus 2016 pukul 3:23 PM

      iya pengennya sih gitu kemarin, judulnya mungkin lebih cocok Sore ya haha..#ngarepSenja, tapi apa daya harus melanjutkan perjalanan nonton Wayang

    nbsusanto said:
    30 Agustus 2016 pukul 1:32 PM

    candi plaosan memang apik kok.. pernah maen kala senja disini suasananya syahdu.. pun kalo pagi hari sering liat di instagram foto di sekitar candi plaosan indah banget..

      mysukmana responded:
      30 Agustus 2016 pukul 6:25 PM

      seindah teringat sama siapa mas..

    alrisblog said:
    30 Agustus 2016 pukul 11:27 AM

    Nama kampungnya Bugisan, apa orang Bugis dulu pernah kesana?
    Candinya cakep, sebagaimana candi-candi warisan Hindu.

    alaniadita said:
    30 Agustus 2016 pukul 8:42 AM

    Candi itu.. Indonesia banget ya! 🙂

      mysukmana responded:
      30 Agustus 2016 pukul 12:59 PM

      iya, mana ada selain di Indonesia

    Avant Garde said:
    30 Agustus 2016 pukul 7:36 AM

    dulu kesini gratis, sekarang harus bayar tiket sm candi prambanan yah 😦 syedih

      mysukmana responded:
      30 Agustus 2016 pukul 5:00 PM

      gapapa mas, kan uangnya mungkin buat perawatan candi jg 🙂

    Nadia Stephanie said:
    30 Agustus 2016 pukul 6:33 AM

    Bagus ya candi plaosan.. 😍

      mysukmana responded:
      30 Agustus 2016 pukul 6:35 AM

      Yuk bu kesini

    Yusuf Saktian said:
    29 Agustus 2016 pukul 11:57 PM

    Itu yang pake kacamata item bukan om? 😀
    Kayaknya tempatnya enak buat piknik rame2 nih

    Wulan said:
    29 Agustus 2016 pukul 11:26 PM

    Seru ya jalan-jalannya, ini view senjanya mana mas? 😝😝😝

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s