Jalan-Jalan Ke Candi Gedong Songo

Posted on Updated on

CandiGedongSongo (14)

#Travel – “Seperti para petualang hebat, aku telah melihat lebih banyak daripada yang bisa kuingat, dan aku mengingat lebih banyak daripada yang telah aku lihat”, meskipun tidak asing bagi saya Candi Gedong Songo adalah  yangselalu  saya ingat ketika berkunjung ke Bandungan, lokasi dimana dekat dengan Ambarawa dimana asal Ayah saya berasal. Apalagi sewaktu SMP saya pernah kemah disini selama 3 hari 2 malam yang foto-fotonnya bisa dilihat disini.

CandiGedongSongo (36)

Akhir pekan kemarin saya bersama teman-teman travelblogger berkesempatan lagi untuk mengunjungi Candi Gedong Songo,  tentunya setelah beberapa tahun banyak yang berubah, terutama jalan setapak untuk menuju candi sedikit mengalami perubahan, mulai dari penambahan paving dan rute.

Candi yang terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Sesuai dengan namanya, Gedong Songo yang berarti terdapat 9 bangunan candi, akan tetapi yang saya temui disana hanya ada 7, lalu yang dua dimana? kata orang setempat sih yang dua itu Goib, hanya orang -orang tertentu saja yang bisa melihatnya.

CandiGedongSongo (19)

CandiGedongSongo (20)

Suasana Candi pada saat saya berkunjung kesana cukup sepi, jadi lebih memberikan rasa ketenangan dan menyatu dengan alam waktu itu. Saya pun berjalan sepanjang 2 km untuk mengelilingi candi, mulai dari candi pertama hingga candi terakhir. Meskipun di siang hari yang begitu panas, namun udara di sekitar candi antara 19′-21′ c membuat kami merasa nyaman dan tidak terasa capek.

CandiGedongSongo (22)

CandiGedongSongo (21)

Selain sebagai loksi wisata, di komplek candi ini juga terdapat bumi perkemahan dan tempat untuk outbond. Selain itu di komplek candi ini ini juga terdapat tempat untuk istirahat sambil menikmati air hangat sekaligus mandi dengan air hangat, lokasi nya tepatnya di antara candi ke 3 dan candi ke 4. Dengan mandi dengan air hangat yang mendandung belerang, konon katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

CandiGedongSongo (29)

CandiGedongSongo (27)

CandiGedongSongo (33)

Asal tau saja, lokasi antara candi satu dengan candi yang lainnya tidak berdekatan sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk menempuh jarak ratusan meter agar bisa melihat keseluruhan candi-candi yang ada, namun tidak usah khawatir bagi kalian yang tidak kuat jalan kaki, banyak jasa persewaan kuda yang bisa digunakan para wisatawan untuk berkeliling seluruh komplek candi Gedong Songo ini.

Candi yang terletak pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl menurut sejarahnya diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).

CandiGedongSongo (18)

CandiGedongSongo (17)

CandiGedongSongo (34)

CandiGedongSongo (23)

CandiGedongSongo (35)

CandiGedongSongo (37)

Jadi bagaimana menurut kalian, masih cuma dirumah saja? yuk traveling dan kunjungi candi-candi di Indonesia khususnya di Jawa Tengah, karena Indonesia itu Indah 🙂

Iklan

15 thoughts on “Jalan-Jalan Ke Candi Gedong Songo

    […] Bang Sukmana: Jalan-jalan ke Candi Gedong Songo […]

    itsmearni said:
    9 September 2016 pukul 5:35 AM

    Salah satu candi yang nampak sejuk. Dibandingkan beberapa candi lain yang biasanya panaaaaas

      mysukmana responded:
      9 September 2016 pukul 8:00 AM

      Iya bener, krn letaknya digunung ungaran

    Ranny said:
    7 September 2016 pukul 7:38 AM

    Ini Pe-er banget ih bagi aku untuk ke candi-candi. Buanyaaak banget ternyata ya mas spot candi ini. Kemarin baca di Klaten laah ini ada post baru di Kabupaten Semarang heheheh
    Tapi itu ketinggiannya bikin ciut hiks aku parno di ketinggian 😦

      mysukmana responded:
      7 September 2016 pukul 8:23 AM

      masa parno sama ketinggian, asik lho candi gedong songo, malah tinggian candi sukuh yang di karanganyar..

    Fahmi Anhar said:
    6 September 2016 pukul 5:21 PM

    seumur-umur baru pertama kali ke gedong songo kemarin itu, dan langsung ketagihan. trekking segitu jauh tapi nggak kerasa, kok tiba2 udah turun lagi. anyway, aku punya pengalaman mistis kemarin, tapi diem aja nggak cerita ke temen2, ntar malah pada takut hahaha

      mysukmana responded:
      6 September 2016 pukul 5:22 PM

      Nah ap itu, penasaran mistisnya…

    Avant Garde said:
    6 September 2016 pukul 10:50 AM

    Mas Sukma, ajak aku famtrip kesini dong haha

      mysukmana responded:
      6 September 2016 pukul 11:19 AM

      waduh, aku aja juga di ajakin mas..

    Lenny Lim said:
    5 September 2016 pukul 6:02 PM

    salut buat kak danang yang jalan kaki explore kawasan ini.

    Salam,
    traveler jompo :p

      mysukmana responded:
      5 September 2016 pukul 6:04 PM

      duh kak sonya udah tua ternyata, main kuda kudaan di Gedong Songo..:))

    Rico Sinaga said:
    5 September 2016 pukul 4:54 PM

    Dari semua destinasi Gedong Songo ini kayak penutup yg manis ya kak.

    Segar ia, capek ia tp benar2 nyaman banget di sini.

      mysukmana responded:
      5 September 2016 pukul 5:17 PM

      iya masnis banget, sayangnya harus smpe disini, semoga dilain kesempatan ketemu lagi…btw kak, kasian kudanya saya hahaha 😀

    Rissaid said:
    5 September 2016 pukul 8:27 AM

    Keliatanya Asri ya kak, yg moto sudutnya jago hehe

      mysukmana responded:
      5 September 2016 pukul 8:33 AM

      Duh jd malu ak sist…

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s