Ketoprak Pak Ganjar Pranowo Hingga Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016

Posted on Updated on

NonThoprak (7)

#Event – Walau sudah hampir setengah bulan berlalu, masih teringat di memori saya tentang pagelaran Ketoprak Laras Budaya dan Parade Seni Budaya yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Tengah Agustus 2016 yang lalu dimagelang. Pada hari pertama saya dan teman-teman blogger berkesempatan untuk melihat secara langsung Kethoprak. Kethoprak ini tidak seperti biasanya yang saya lihat di TV maupun halnya wayang orang yang sering di selenggarakan di tempat saya berasal (Wayang Orang Sriwedari Solo), namun kethoprak ini luar biasa, karena diperankan oleh jajaran pejabat teras tingkati provinsi, kota, dan kabupaten se-jawa tengah.  

NonThoprak (8)

NonThoprak (6)

Kethoprak tersebut diperankan oleh Bapak Gubernur Jateng yang lagi hit dan fenomenal itu, sebut saja Ganjar Pranowo, selain itu juga tampil walikota saya Pak Rudi dan beberapa bupati atau walikota lainnya di Jateng. Kethoprak bertajuk Gelar Budaya Kethoprak Eksekutif dengan Lakon Bhumi Sambhara  Bhudara itu merupakan rangkaian Pesta Rakyat HUT ke-66 Jawa Tengah. Tepuk tangan dari Saya dan teman-teman blogger melihat peformance mereka yang tak kalah seru dengan para seniman. Pak Ganjar dan Pejabat lainnya tampil total dan menghibur penonton yang memadati gedung Tri Bhakti Magelang.

NonThoprak (4)
NonThoprak (12)

NonThoprak (11)

Meskipun sebenarnya saya tidak mengikuti sampai selesai karena sesuatu hal , inti dari kethoprak tersebut adalah skenarionya menggambarkan sejarah kerajaan Buddha dan Kerajaan Hindu yang berseteru pada masa sebelum pembangunan Candi Borobudur. Salut pokoknya untuk pemimpin daerah yang ikut nguri-nguri  buaya jawa 🙂

NonThoprak (10)

NonThoprak (9)

NonThoprak (5)

NonThoprak (2)

Bahkan tidak hanya penonton lokal dari penduduk magelang yang menyaksikan kethoprak ini, beberapa blogger se rombongan dengan saya dari berbagai kota di Indonesia juga ikut menyaksikan, termasuk mahasiswa pertukaran dari Jepang Kayiro kalau gak salah namanya juga di belain ke Magelang untuk mengikuti serangkaian acara Ulang Tahun Jateng Gayeng ke 66 tahun ini
Seru abis pokoknya 🙂

ParadeJawaTengah (2)

Day 2 – Setelah menikmati Ketoprak Ala Bapak Ganjar Pranowo, event berikutnya adalah Parade Seni Budaya Jawa Tengah. Sebelum maghrib, saya dan rekan-rekan menikmati kupat tahu dan sholat maghrib di sekitaran alun-alun magelang yang sedang di guyur hujan, namun hal tersebut tidak mengurungkan niat kami untuk menghadiri undangan Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan di belakang alun-alun kota Magelang. Tadinya kami khawatir, hujan yang deras tersebut akan membatalkan acara yang sudah di rancang oleh Pemprov Jateng dan kota Magelang tersebut.

ParadeJawaTengah (4)

ParadeJawaTengah (3)

Setelah beberapa sambutan dari pejabat teras Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, acara di buka dengan meriahnya pesta kembang api yang meluncur di langit kota Magelang, setelah itu Tari Topeng Ireng dan Drumband dari Akademi Taruna Militer. Di sesi inilah pastinya para gadis gadis Gitar (Gila Taruna) pada histeris termasuk salah satu gadis rombongan blogger yang tidak saya sebutkan namanya 😀 .

ParadeJawaTengah (5)
ParadeJawaTengah (6)

ParadeJawaTengah (7)

Malam itu sebenarnya saya kurang fit, gara-gara kehujanan dan kepala rada pusing, sebenarnya saya radha malu dengan antusias para penonton dan teman-teman blogger di acara malam itu, mereka All Out semua, bahkan saya sendiri tidak sempat mengambil gambar dengan kamera pribadi di Acara Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016 ini. Jadi, terpaksa minta ijin mas Fahmi Anhar Blogger Kece dari Magelang yang pernah singgah di Solo terus sekarang di Semarang itu,  Thanks ya bro untuk gambarnya 🙂 .

ParadeJawaTengah (8)

ParadeJawaTengah (9)

ParadeJawaTengah (1)

Dan di hari berikutnya saya mendapatkan informasi, yang menjadi juara dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah adalah Kota Semarang sebagai juara 1 dengan menampilkan tari Manggar Warak yang terinspirasi dari tradisi dugderan. Diikuti Kota Surakarta sebagai juara 2 dengan tema wayang orang bertajuk Ciptoning (Hote Kota Asal Saya Juara 2 🙂 ). Juara 3 berhasil dimenangi oleh Kabupaten Boyolali dengan tari Rodatan. Juara harapan 1,2, dan 3 berhasil diboyong oleh Kabupaten purbalingga, Kota Pekalongan dan Kabupaten Wonogiri. Sedangkan, Juara Favorit jatuh kepada kontingen kesenian Kabupaten Blora. Wah seru, semoga next ada lagi, kira kira di kota mana ya event seperti ini berikutnya ?.. Jangan lupa Visit Jawa Tengah ya…

Youtube Video : By Fahmi Anhar

Iklan

13 thoughts on “Ketoprak Pak Ganjar Pranowo Hingga Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016

    winnymarlina said:
    16 September 2016 pukul 9:36 AM

    pas ketoprak sayangnya gk dapat photo bagus akunya 😦

      mysukmana responded:
      16 September 2016 pukul 9:40 AM

      yah kasihan winny, lensanya blur ya, kita di rewangi ngesot2 di tengah2 deket kamera TVRI..

        winnymarlina said:
        16 September 2016 pukul 9:41 AM

        demi photo kece hahah

          mysukmana responded:
          16 September 2016 pukul 9:41 AM

          pagi pagi udah ngeblog nih winy, gak kerja..atau udah mau packing ke iran?

    bersapedahan said:
    15 September 2016 pukul 5:32 PM

    bener2 kethoprak pejabat ya …kayaknya baru kali ini ada pentas seni yang di isi oleh para pejabat, sepertinya bisa di tiru oleh daerah lain, apalagi banyak artis yang sekarang jadi pejabat 🙂

      mysukmana responded:
      15 September 2016 pukul 6:42 PM

      jamannya ternyata sudah berbolak balik, tapi tak apa supaya bisa tidak bosan

    evrinasp said:
    10 September 2016 pukul 5:19 PM

    Yeayyyy Semarang walopun udah bukan orang sana lagi tetap senangggg

      mysukmana responded:
      10 September 2016 pukul 10:37 PM

      Semarang hebat,tp solo adem ayem

    Timothy W Pawiro said:
    10 September 2016 pukul 1:08 PM

    Wah seru yak! 🙂

      mysukmana responded:
      10 September 2016 pukul 1:15 PM

      Banget..

      mysukmana responded:
      12 September 2016 pukul 8:55 AM

      Seru pake bgt

    Frany Fatmaningrum said:
    9 September 2016 pukul 8:39 PM

    Baca judul ketoprak, Saya pikir makanan ternyata pagelaran. Hihi. Keren juga ya. Saya fans nya Pak Ganjar, sama seperti ngefans dengan Pak Ridwan Kamil dan bu Risma juga.

      mysukmana responded:
      9 September 2016 pukul 9:08 PM

      ketoprak jg nama makanan kesukaan saya jaman SD dl bu, wah penggemar pemimpin idealis ternyata #shakehand 🙂

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s