Citarasa Tradisional, Sarapan Soto dan Pecel di Soto Gerabah Solo

pecel-solo-di-soto-gerabah-1

#Culinary – “Soto dan Pecel adalah senyawa, yang menjadi salah satu pilihan mudah untuk sarapan“. Bagi masyarakat Solo dan sekitarnya seperti saya, Soto dan Pecel adalah salah satu menu sarapan pilihan, Menu ini  sebagai alternatif sebelum  mulai beraktifitas di pagi hari. Hampir 30% sarapan pagi saya  setiap bulan nya selalu dimulai dengan menu ini (Soto dan Pecel).

pecel-solo-di-soto-gerabah-7

Di kota dimana saya tinggal, terdapat warung makan Soto yang sangat khas sekali, mulai dari warungnya, sajian dan interiornya sangat etnik dan khas. “Soto Gerabah” namanya, sebenarnya saya sudah lama merasakan kekhasan soto ini, namun baru ini mencoba menulisnya. Menurut saya pribadi Soto Gerabah sangat nikmat dengan citarasa kuliner khas Jawa mulai dari rasa, penyajian dan suasananya. apalagi cara penyajiannya sangat tradisional sendiri, dengan menggunakan mangkok yang terbuat dari gerabah atau tanah liat , termasuk sendoknya.

pecel-soto-gerabah

pecel-solo-di-soto-gerabah-2

Selain Soto, yang menjadi cirikhas lainnya adalah pecel, disajikan di piring dan sendok yang sangat tradisional, Pecel khas Solo ini dilengkapi dengan telor dadar dan bawang goreng. Apalagi ketika saya mencoba mencampur nasi dengan sambal kacangnya.hmm…yummy sekali. lebih nikmat lagi ketika disajikan dengan kerupuk.

pecel-solo-di-soto-gerabah-6

Tidak hanya pecel dan soto yang menjadikan lidah ini tetap bergoyang, sajian menu pendamping dari kedua menu utama tersebut sangat macam-macam. Mulai dari tempe goreng, bakwan jagung, tahu dan berbagai macam sundukan seperti telor puyuh, usus, babat dan lain sebagainya ada disini.

pecel-solo-di-soto-gerabah-3

pecel-solo-di-soto-gerabah-4

pecel-solo-di-soto-gerabah-5

Soto yang dimiliki pak Heri ini sudah berdiri pada tahun 2007 hingga sampai saat ini sangat mempertahankan keunikannya . Ciri khas warung ini menggunakan kerajinan gerabah sebagai mangkuk dan gelas serta peralatan makan lain karena dirasa memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana, hasil foto -foto saya? menggoda bukan untuk mengicipinya he..he..he..
Soto Gerabah
  • Jl Prof. Dr. Supomo No57, Pasar Beling, Solo
Iklan

54 comments

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s