Olahan Seafood Ikan Bakar Bathok, Sensasi Kuliner Kuno di Kota Solo

Posted on Updated on

ikan-bakar-bathok-14

#Culinary – “Meskipun banyak peralatan masak modern, namun cara tradisional tetap dipertahankan untuk mengabadikan lezatnya citarasa nusantara”. Seperti itulah yang saya tangkap ketika menghadiri undangan spesial makan lagi makan lagi  di Ikan Bakar Batok yang baru saja berdiri seminggu yang lalu di Kota Solo 🙂 .

Sebagai orang yang dilahirkan di pesisir pantai utara (pantura), seafood adalah makanan yang tidak asing bagi saya. Saya secara pribadi sangat doyan banget makanan yang berasal dari laut dan berbau amis-amis. Apalagi ketika aroma ikan tersebut di masak diatas tungku, baik di goreng maupun di bakar, ditumis dan lain sebagainya, tentunya akan semakin menggugah selera makan saya, he he he..

ikan-bakar-bathok-10

ikan-bakar-bathok-11

ikan-bakar-bathok-19

ikan-bakar-bathok-18

Kembali lagi ke Ikan Bakar Batok, apasih sebenarnya Ikan Bakar Batok?, warung semi resto ini adalah warung hasil kerjasama antara UMS dengan pengelolanya. Bertempat di kampus Double Degree di wilayah Laweyan Solo. Warung Ikan Bakar Batok ini memang dibuka untuk umum sebagai salah satu unit usaha dari kampus tersebut. Tentunya pengelolaannya dikelola sangat higenis.

Ikan Bakar Batok di warung ini juga spesial di datangkan dari Tuban Jawa Timur yang letaknya di pantai utara, Ikan selalu didatangkan secara fresh dan disimpan di lemari dengan suhu khusus. Selain menyajikan kuliner seafood tentunya kehadiran Ikan Bakar Batok ini sebagai edukasi para pecinta kuliner khususnya di Kota Solo.

ikan-bakar-bathok-17

ikan-bakar-bathok-16

Specialy sebagai blogger ala-ala dari kota Solo saya mendapatkan undangan untuk test food disini dikala pembukaan minggu yang lalu. Disana saya dengan beberapa blogger lainnya Emak-Emak Blogger diberi kesempatan untuk dinner bareng. Lalu apa sih yang saya lakukan disana? Selain tour menyaksikan proses memasak Ikan dengan Batok saya dan teman-teman memesan berbagai macam menu, diantaranya adalah Cumi Asam Manis, Udang Goreng Tepung, Kakap Bakar, Ikan Kerapu Goreng, Tomyam dan Spesial buat saya pribadi yaitu Ikan Tengiri Bakar.

ikan-bakar-batok

ikan-bakar-3

ikan-bakar-bathok-21

Warung dengan nama Ikan Bakar Batok bukanlah seperti warung ikan bakar biasanya. Spesial dari warung ini yaitu memasak ikan bakar dengan menggunakan alat pembakaran konvensional memakai batok sebagai bahan bakarnya. Tentunya dengan menggunakan batok kelapa akan memberikan aroma yang lebih sedap pada ikan bakar, dan lebih sedap dibandingkan memasak menggunakan cara modern atau menggunakan teflon.

ikan-bakar-bathok-15

ikan-bakar-bathok-7

Memang memasak ikan dengan cara dibakar atau diasap dengan batok kelapa adalah cara paling kuno namun menghasilkan kelezatan rasa ikan bakar yang sebenarnya. Resto Ikan Bakar Batok ini hadir di Solo memang untuk menyajikan Spesial ikan bakar khas dibakar dengan bathok , bagi yang tidak suka dengan ikan dimasak dengan cara di bakar, Warung Ikan Bakar Batok juga menyediakan menu  seafood dan menu-menu pendukung lainnya.

Ketika disini jangan heran jika pelayanannya agak sedikit lama, karena itu adalah salah satu konsekuensi para penikmat kuliner untuk menunggu.  Karena prosesnya harus mengeluarkan banyak waktu untuk membuat bara api terlebih dahulu dari batok arang tersebut. Meski begitu, ketika masakan sudah jadi dijamin akan menghasilkan dijamin mendapatkan ikan bakar yang enak dan lezat seperti yang saya makan di warung ini, sambil menunggu ikannya di bakar, pihak warung juga menyediakan hiburan live show tembang lagu-lagu. Bagi yang ingin nyumbang lagu disini juga diperkenankan.

Seperti apa edukasi yang diberikan kepada masyarakat Solo yang jauh dari pantai dengan adanya warung ini? Tentunya seafood banyak manfaatnya seperti Ikan Kerapu, Cumi dan Tengiri yang di jual di warung ini. Memasak dengan arang memang berbeda ketika dimasak dengan arang batok. Karena lebih alami dan tidak terlalu banyak menghilangkan zat yang terkandung pada Ikan tersebut.

ikan-bakar-bathok-4

ikan-bakar-bathok-6

Sebagai contoh seperti cumi, cumi ternyata mempunyai banyak manfaatnya, yaitu sebagai  Mengoptimalkan Sel Darah Putih, Dapat Menurunkan Kandungan Kolesterol Dalam Darah, Menambah nafsu makan, Memperkuat tulang, Menghilangkan bekas cacar hingga sebagai obat kanker.

Selain itu untuk Ikan Kerapu yang namanya memang jarang saya dengar ternyata d ibeberapa Negara, penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian atau cacad akibat stroke. Mengkonsumsi ikan kerapu secara teratur akan memberi manfaat bagi kesehatan yakni mampu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.  Penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor individu seperti genetika, gaya hidup maupun pola makan. Dengan mengkonsumsi ikan kerapu akan memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi jika dibadingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi ikan sama sekali.

ikan-bakar-bathok-5

ikan-bakar-bathok-12

Ikan Kerapu ini mengandung Omega 3 (salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh) dengan kandungan 200 mg yang mempunyai efek mampu mencerdaskan anak-anak, menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol tinggi, anti inflamasi dan mencegah penyakit alzheimer. Disamping itu ikan ini juga mengandung asam amino, vitamin B kompleks, taurin dan selenium yang berfungsi membangun jaringan, meningkatkan imunitas tubuh, merawat sistim pencernaan dan antioksidan.

ikan-bakar-bathok-8

ikan-bakar-bathok-2

Paling Spesial menurut saya adalah yang saya pesan, yaitu ikan tengiri, selain saya suka aromanya, saya juga penggermar berat krupuk yang terbuat dari ikan tengiri. Ikan tengiri sendiri mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh. Ikan tenggiri memiliki kandungan protein, asam lemak omega 3, dan nutrisi lainnya. Ikan tenggiri bermanfaat bagi tubuh seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah sel- sel kanker, dan mencegah penyakit jantung. Omega 3 merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi dalam tubuh tidak dapat memproduksinya.

ikan-bakar-bathok-3

Bagaimana dengan teman-teman blogger, ingin mencobanya? Kalau ke Solo jangan lupa mampir kesini, Warung Ikan Bakar Batok bua setiap hari, dan saya sangat merekomendasikan warung ini, selain harganya jelas terpampang di menu, masakannya juga enak. Dan menurut saya lebih murah dibanding seafood di tenda-tenda pinggir jalan.

 

Warung Ikan Bakar Batok

  • Jl. dr. Radjman No. 284 Penumping, Laweyan, Surakarta ( Halaman Kampus UMS Internasional )
  • Buka  jam 17:00 s.d 23:00 WIB
  • Minggu/libur buka mulai jam 11:00 WIB
  • Phone 0821377588
Iklan

48 thoughts on “Olahan Seafood Ikan Bakar Bathok, Sensasi Kuliner Kuno di Kota Solo

    Dee Rahma said:
    25 Oktober 2016 pukul 5:26 PM

    Jadi ngebayangin harumnya yang khas karena dibakar pakai batok 🙂

      mysukmana responded:
      28 Oktober 2016 pukul 9:06 AM

      iya mbak ini tentunya sangat enak sekali kak

    Witri Prasetyo Aji said:
    25 Oktober 2016 pukul 8:22 AM

    Pagi-pagi belum sarapan, saya jadi laparrr..heheh…

    Sayangnya, aku kemarin ngecancel ke acara ini karena anak enggak ada yang momong… kapan2 deh nyobain

      mysukmana responded:
      27 Oktober 2016 pukul 10:43 AM

      Awas jangan nyobain.ntar ketagihan…

    annosmile said:
    22 Oktober 2016 pukul 4:21 PM

    kayaknya enak dicoba mas 😀

      mysukmana responded:
      29 Oktober 2016 pukul 8:05 AM

      wajib mas kalau ke Solo

    ampuh kurniawan said:
    22 Oktober 2016 pukul 9:32 AM

    bikin ngileeeer… bisa delivery ke Pekalongan??

      mysukmana responded:
      22 Oktober 2016 pukul 5:11 PM

      Bukannya pekalongan jg surganya seafood mas

        ampuh kurniawan said:
        22 Oktober 2016 pukul 6:45 PM

        Iya byk jg c mas, tp baca artikel mas jd pengen nyoba gimana enaknya sea food yg di bakar pake batok gt

    Pink Traveler said:
    22 Oktober 2016 pukul 9:21 AM

    aku penggemar ikan mau diapain aja suka apalagi ikan bakar trus tempatnya etnik pula di batokin

      mysukmana responded:
      23 Oktober 2016 pukul 8:26 PM

      sama dong kita kak..toss dulu 🙂

    Grant said:
    21 Oktober 2016 pukul 8:47 PM

    hari biasa buka jam 17.00. pengen protes, tapi…. baiklah, dicatat! 😀

      mysukmana responded:
      21 Oktober 2016 pukul 9:06 PM

      Mau makan siang mas hahaha

    Ranny said:
    21 Oktober 2016 pukul 10:14 AM

    lahir dan besar di Manado, bikin aku akrab sama ikan dan seafood tiap hari. Terus pindah ke Solo dikit sedih karena susah nemu ikan segar hiks..
    Mau coba lah untuk yang ini, setidaknya rindu makan ikan bakar bisa terobati ^^

      mysukmana responded:
      21 Oktober 2016 pukul 10:17 AM

      nah ini kan bisa mengobati rindumu akan seafood bu Ranny..kapan kapan mampir sini, deket kan..

    Sandi Iswahyudi said:
    21 Oktober 2016 pukul 6:56 AM

    enakk… kalau lauknya, seafood, sambalnya harus pedas hehe. pasti mantap

      mysukmana responded:
      21 Oktober 2016 pukul 8:51 AM

      iya mas sandi, pastinya kudu yang mantap2

    ajheris said:
    21 Oktober 2016 pukul 5:15 AM

    Pengen terbang ke Indonesia

      mysukmana responded:
      21 Oktober 2016 pukul 8:51 AM

      langsung rencanakan pulang kak..di luar jarang ada beginian

    ira i / ira noor said:
    20 Oktober 2016 pukul 7:57 PM

    Haduh ini mah beneran bikin ngiler. Saya suka sekali makan ikan, dan ini khasnya ikan dibakar pakai batok kelapa, kebayang wangi aromanya.

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 10:04 PM

      pasti nagih banget ya bu…cobain deh kalau pas ke Solo 🙂

        ira i / ira noor said:
        20 Oktober 2016 pukul 10:05 PM

        Noted. Saya catat nih di agenda. Matur nuwun Mas Adi

          mysukmana responded:
          20 Oktober 2016 pukul 10:06 PM

          sama-sama bu Ira

    rynari said:
    20 Oktober 2016 pukul 5:48 PM

    Catet dulu Mas, siap nyambangi Laweyan, terpikat dg aroma batok yg meresap ke ikan.

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 6:40 PM

      Monggo mbk rynari..

    Ety Abdoel said:
    20 Oktober 2016 pukul 4:47 PM

    Ikan bakar, udang, cumi itu kesukaan saya.
    Wah, ada ikan tengiri juga. Lama nggak makan ikan yg satu ini.

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 6:43 PM

      Selera kita sama bu ety

    helmavania said:
    20 Oktober 2016 pukul 3:19 PM

    Ngirim bahan nya jauh juga ya ternyata. Tapi aku kok salah fokus liat menu Beef Steak nya ya, kinclong2 digambar 😂😂

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 10:07 PM

      itu bukan beef steak kak helma..ikan tengiri

        helmavania said:
        28 Oktober 2016 pukul 3:26 PM

        Beef steak yang didaftar menu kak maksud ku 😛

          mysukmana responded:
          28 Oktober 2016 pukul 3:38 PM

          owalah..itu aku posting baru lagi lho, diatas..makan makan again..

    satuaspal.com said:
    20 Oktober 2016 pukul 2:07 PM

    Nyummi ya mas bro

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 10:08 PM

      madyang mas bro..ben tambah padang, ojo motoran wae

    arintaadiningtyas said:
    20 Oktober 2016 pukul 11:51 AM

    Ikannya dari Tuban? Jauh juga yaa.. Aduh..sayang kemarin ngga bisa ikutan..huhuhh…. *geret pak suami ah..pengeeenn..

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 12:25 PM

      Yahh..kok g ikut knp mbk..

    Gio | Disgiovery said:
    20 Oktober 2016 pukul 11:23 AM

    Keren ini cara pengolahannya masih pakai batok kelapa, pasti hasilnya lezat & harum!

    *masukin itinerary

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 11:27 AM

      langsung buat makan siang

    Molly said:
    20 Oktober 2016 pukul 11:20 AM

    Ngga bisa komentar apa-apa selain mau bilang menu-menunya endeus bangeeet, mas! Ya Allah… jam segini aku jadi lapar deh :(.

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 11:28 AM

      Ishoma terus cari seafood di sana mbak molly

        Molly said:
        20 Oktober 2016 pukul 11:43 AM

        Kayaknya iya nih, mau cari seafood buat makan siang ini, mas😀.

          mysukmana responded:
          20 Oktober 2016 pukul 12:24 PM

          Ini gr gt tulisanku ap pengen beneran y..hahaa

            Molly said:
            20 Oktober 2016 pukul 1:51 PM

            Efek dua-duanya mas. Sukses bikin melapar! Hahahaha😂

    luckman aziz said:
    20 Oktober 2016 pukul 11:13 AM

    Cara bakarnya menggunakan batok kelapa pantas lama hehe tapi memang rasanya berbeda jika membakarnya dengan arang biasa. Dan banyak juga ya variasi olahan seafoodnya, mantap. .

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 11:14 AM

      kok ra melu mas kemarin?

    maswar said:
    20 Oktober 2016 pukul 10:53 AM

    wah mantap batok kelapanya

      mysukmana responded:
      20 Oktober 2016 pukul 10:54 AM

      gak baca ya..ikannya apa batoknya hayo, gak ada gambar batok padahal

        maswar said:
        20 Oktober 2016 pukul 10:59 AM

        baca kok, itu yang diwadahi batok kelapa kayaknya enak

          mysukmana responded:
          20 Oktober 2016 pukul 11:00 AM

          haha oke deh mas, klo ke solo main kesini mas

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s