Menyiapkan ‘Your Stuff’ Sebelum Travelling

Posted on Updated on

travelbag

#Daily – “Setiap individu pastinya tidak lepas dari segala aktivitas maupun rutinitas yang melelahkan. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri adanya karena setiap individu memerlukan usaha untuk mempertahankan eksistensinya“. Oleh karena itu, hal-hal yang diperlukan untuk memenuhi eksistensi tersebut diantaranya ialah dengan melakukan refreshing untuk mengembalikan kondisi mood yang terkadang menurun.ย Refreshing dapat dilakukan dengan bepergian ke berbagai tempat, misalnya ke luar negeri atau mengunjungi berbagai objek-objek wisata. Namun, bepergian tidak hanya memerlukan tenaga fisik maupun pikiran, bahkan seringkali kita melakukan perjalanan jauh maupun dekat menuju objek-objek wisata tersebut dengan membawa barang-barang atau perlengkapan travelling. Barang-barang seringkali kita perlukan ketika melakukan perjalanan maupun sesampai ditempat tujuan.

Berikut ini beberapa tips bagaimana mempersiapkan perlengkapan Travelling:

Buat checklist keperluan barang yang akan dibawa selama perjalanan atau ditempat tujuan.

  • Checklist sangat perlu dilakukan sebagai bentuk kontrol kita terhadap barang-barang yang akan kita bawa. Hal tersebut seharusnya dilakukan sebelum hari H bepergian agar kita lebih siap dalam mempersiapkan barang bawaan.
  • Checklist dapat dilakukan dengan cara menulis di secarik kertas kecil/buku atau mengetiknya ke handphone, atau dengan media lain yang memudahkan kita untuk mengingat dan mempersiapkannya.

Lakukan seleksi terhadap checklist yang kita buat.

Dalam melakukan checklist, tidak semua barang/benda yang kita tulis/ketik harus semuanya dibawa, Oleh karenanya, seleksi checklist tidak kalah penting dilakukan agar kita sedapat mungkin meminimalisir barang bawaan ketika bepergian. Hal tersebut perlu dilakukan agar barang bawaan kita tidak terlalu berat dan justru dikhawatirkan akan membuat kita kelelahan karena terlalu berat membawa beban. Oleh sebab itu, lakukan minimalisasi barang bawaan sebelum bepergian dan lakukan dengan selektif mungkin agar kita dapat menikmati perjalanan.

Siapkan barang-barang yang tertera dalam checklist untuk kemudian dimasukkan ke dalam tas/koper.

Sebelum bepergian, hendaknya barang/benda yang tertera dalam checklist sesegera mungkin kita persiapkan sebelum dimasukkan ke dalam tas/koper. Dalam mempersiapkannya, tidak ada salahnya kita cek kembali barang-barang tersebut agar tidak ada yang terlewatkan. Sehingga, jika kita tidak memiliki barang/benda yang kita perlukan sesuai dengan checklist, maka kita dapat mempersiapkannya dengan cara meminjam/membeli barang tersebut. Hal tersebut perlu dilakukan agar barang bawaan kita benar-benar well-prepared.

Masukkan barang bawaan ke dalam tas/koper.

Setelah persiapan barang bawaan lengkap, mulai masukkan barang bawaan ke dalam tas/koper. Namun, dalam tahap ini kita harus cukup cermat dan berhati-hati karena tidak semua barang bawaan kita jadikan tumpukan didalam tas. Berikut cara memasukkan barang bawaan ke dalam tas/koper:

  • Lakukan penggulungan terhadap pakaian (benda berbahan kain). Hal ini cukup efektif dilakukan untuk menghemat muatan tas/koper yang ukurannya tidak terlalu besar.
  • Pisahkan barang/alat untuk keperluan make-up, mandi, dan obat-obatan. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkannya ke dalam tas/pouch berukuran kecil sehingga mempermudah kita untuk mengambilnya. Jika membawa kamera,handycam, handphone, atau kaca mata, gunakan softcase terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam tas/koper. Hal ini akan membuat aman barang yang akan kita bawa.
  • Jangan lupa untuk membawa tas/plastik cadangan untuk keperluan sewaktu-waktu ketika kita memerlukannya, sebagai contoh untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih, sebagai wadah untuk menaruh sandal/sepatu, khususnya ketika kita hendak bepergian ke pantai.
  • Beri label/nama/identitas pada pakaian/barang-barang yang kita bawa. Hal tersebut tidak kalah penting dilakukan agar barang bawaan kita terjaga, terutama ketika bepergian bersamaan dengan orang banyak. Selain itu, setidaknya meminimalisir barang bawaan kita agar tidak tertukar/hilang.

Cek kembali tas/koper setelah memasukkan barang bawaan.

Setelah barang bawaan disiapkan dan dimasukkan ke dalam tas/koper, sebaiknya yang kita lakukan ialah mengecek kembali tas/koper apakah sudah tertutup dengan baik. Jangan sampai resleting tas/koper terbuka/terlalu kencang karena barang bawaan kita yang terlalu banyak. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan barang bawaan tas/koper kita. Sehingga, perjalanan tidak akan terganggu karena terlalu beratnya barang bawaan atau tas/koper yang bedah karena isi terlalu penuh.

Demikian tips bagaimana mempersiapkan barang bawaan sebelum kita bepergian. Semoga bermanfaat๐Ÿ˜‰ย , tulisan ini terinspirasi dari istri saya yang selalu menyiapkan sesuatu sebelum travelling.

Iklan

37 thoughts on “Menyiapkan ‘Your Stuff’ Sebelum Travelling

    cinta1668 said:
    19 November 2016 pukul 5:36 PM

    Eh bnran mas ya? ๐Ÿ˜Š
    Slam knal mas, ini Cinta panggilnya siapa ya mas? ๐Ÿ˜

      mysukmana responded:
      19 November 2016 pukul 8:02 PM

      Iyapp..udah percaya hahaha..

        cinta1668 said:
        19 November 2016 pukul 8:10 PM

        Iya mas, sudah. Salam buat istri mas ya, cantik ๐Ÿ˜Š

    Deddy Huang said:
    15 November 2016 pukul 8:19 AM

    TFS mas ๐Ÿ˜€

      mysukmana responded:
      15 November 2016 pukul 9:23 AM

      Sama sama mas

    Pink Traveler said:
    14 November 2016 pukul 7:33 PM

    Bikin check list penting, soalnya kemarin pas trip weekend packing abis subuh barang penting gak dibawa krn merasa dah expert jd tambah males packing dari jauh2 hari

      mysukmana responded:
      14 November 2016 pukul 8:23 PM

      Nah itu loh mbak salah satu kelemahan manusia adalah “merasa” hehehe

    Andik Taufiq said:
    10 November 2016 pukul 6:06 PM

    Saya termasuk tipe orang yang susah sekali untuk menjadi simpel saat akan bepergian. Pinginnya dibawa semua sampe seringkali barang bawaan terlalu banyak dan berat. Capek bro… tapi.. yaa tiap kali mau pergi terus aja begitu. Entah kenapa.. ๐Ÿ˜€

    Larasati Neisia said:
    10 November 2016 pukul 12:43 PM

    Aku kalo traveling barang yang wajib yang dibawa selain baju itu : Koyo, Minyak Angin, dan kantong plastik (takut mabuk) hahaha

      mysukmana responded:
      10 November 2016 pukul 12:47 PM

      wah itu kudu ya mbak..duh, mabok lagi mabok lagi

    Contoh Resensi Buku Non Fiksi said:
    9 November 2016 pukul 9:38 PM

    wah mantappp mas postingannya… beruntung yah punya istri yang selalu memplanningkan segala sesuatunya hehe. Doakan cepet nyusul … awkwk

      mysukmana responded:
      10 November 2016 pukul 2:13 AM

      semoga disegerakan jodojnya..btw any way..memang semua kudu di checklist

    Okti D. said:
    9 November 2016 pukul 4:12 PM

    Beli handuk kecil quick-dry, Biasanya bentuknya mungil sehingga menghemat space, dan cepat kering walau cuma sebentar diangin-anginkan…

      mysukmana responded:
      10 November 2016 pukul 2:13 AM

      iya saya biasanya juga bawa anduk kecil, meski di hotel sebenarnya juga disediakan ya kak

    Ranny said:
    9 November 2016 pukul 3:58 PM

    Sebagai tukang nyiapin barang untuk traveling, aku setuju sama tips itu hehehe karena bikin checklist, dicek lagi itu penting. Barang-barang dibagi ke dalam berapa bagian, lipatannya juga. Dan traveling bareng anak itu bikin bawaan macam mau konser saja ๐Ÿ˜€

      mysukmana responded:
      10 November 2016 pukul 2:14 AM

      apalagi bawa anak2 pasti juga kayak konser band ya bu..propertienya banyak banget yang harus di bawa..ibu yang hebat ๐Ÿ™‚

    ghozaliq said:
    9 November 2016 pukul 3:14 PM

    hampir sama dengan yang sering saya lakukan mas,
    membuat daftar, menyusun per kategori barang, memasukan masing-masing kategori dalam kantong terpisah, agar pas bongkar muat tidak ada “ranjau” yang tumpah…ahhaha

      mysukmana responded:
      10 November 2016 pukul 2:16 AM

      haha iya biasanya sampo tuh kalau gak pas nempatinnya bisa tumpeh2 hehe

    Penerjemah Inggris ridha said:
    9 November 2016 pukul 10:21 AM

    Bawa simpangan colokan kabel listrik buat pakai ramai-ramai sudah dimasukin gak yah. Penting nih. Kemarin waktu naik kerata api, kepakai colokan listrik ini.

      mysukmana responded:
      9 November 2016 pukul 10:23 AM

      Nah Bener itu mas,kebutuhan pokok skg

    Gustiawan said:
    9 November 2016 pukul 8:39 AM

    Biasanya sih langsung prepare di h-1 malemnya, alhasil ada aja yg ga kebawa. Hehehe

    nyonyasepatu said:
    8 November 2016 pukul 9:10 PM

    rapih banget kamuu ๐Ÿ™‚

      mysukmana responded:
      9 November 2016 pukul 4:03 AM

      Iya mbk noni ๐Ÿ™‚

    Agung Rangga said:
    8 November 2016 pukul 4:24 PM

    Setuju mas, checklist memang penting banget, apalagi buat saya yang suka lupa sama barang sendiri. Harus double check biar afdol~ ๐Ÿ˜‚

      mysukmana responded:
      8 November 2016 pukul 6:20 PM

      mungkin harus ada asisten mas

    edo said:
    8 November 2016 pukul 3:28 PM

    Ah bener banget nih mas, kayanya perempuan itu paling detil til til soal beginian. Mas dpt inspirasi dari istri, saya pernah dapet tips ini dari nyokap. Dan bener, sangat membantu sekali hehehe. Nambahin mas, fungsi list ini buat ngecek kembali barang apa aja yang kita bawa, ketika akan pulang ke rumah. (Soalnya gue pelupa brgkt bawa shampoo, plg bawa sabun) wakakak.

      mysukmana responded:
      8 November 2016 pukul 6:18 PM

      kalau sabun hotel gpp, itu pasti ketuker.. kalau saya biasanya malah nambah aminites dari hotel loh kak

    tuaffi said:
    8 November 2016 pukul 3:04 PM

    saya selalu kebanyakan bawa baju kalau kemana- mana. hehe.

      mysukmana responded:
      8 November 2016 pukul 6:18 PM

      gpp, dari pada kekurangan baju malah repot kan…

    reza aprilda said:
    8 November 2016 pukul 1:30 PM

    benerrr bangettt mas ๐Ÿ™‚

    penulismalas said:
    8 November 2016 pukul 1:10 PM

    Kantong plastik!! Penting banget tuh mas, aku pasti selalu bawa untuk hal paling penting dalam perjalanan darat…

    kalau mau muntah, ada plastik ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

      mysukmana responded:
      8 November 2016 pukul 1:11 PM

      ketahuan ya suka mabok wkwkw (mabok darat)

    iyoskusuma said:
    8 November 2016 pukul 11:54 AM

    Nah.. List ini memang perlu banget ya, Bang. Hehe. Saya sering banget lupa masukin barang ke tas pas packing. Akhirnya, harus bongkar lagi, lalu ubah susunan lagi. Mending kalo cuma sekali, kadang bisa dua sampai tiga kali tuh. Buang-buang enerji.

      mysukmana responded:
      8 November 2016 pukul 12:31 PM

      wah keliatan nih kalau tidak di list, harusnya di check list bang biar gak bongkar pasang bang..capek juga kalau 3 kali tuh hehe

    ysalma said:
    8 November 2016 pukul 11:49 AM

    bawaan tak ada yg terlupa, tinggal mempersiapkan hati agar travelling pun bakal berjalan nyaman.

      mysukmana responded:
      8 November 2016 pukul 12:39 PM

      iya kak, kalau hati gak tenang mana bisa menikmati kan ya

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s