Memasak Ayam Bakar Taliwang Bareng Chef Felix Ridwan

Posted on Updated on

ayambakartaliwang-5

#Kuliner – “Ayam Taliwang adalah salah satu masakan khas Indonesia yang namanya terkenal dimana-mana”, Membicarakan soal masak memasak adalah hal yang paling saya suka, ya..memasak saat ini bukan lagi area untuk wanita, tetapi pria seperti saya dan Chef Ridwan termasuk pria yang senang sekali mendengar soal masakan, kuliner dan food 😀 . Lalu seperti apa cara masak masakan yang saya icip-icip kali ini?

ayambakartaliwang-9

Masakan yang dibuat oleh Felix Ridwan adalah masakan asli asal NTB (Nusa Tenggara Barat) tepatnya ya di Karang Taliwang Sumbawa Barat. Memang tidak dipungkiri, masakan yang berbahan dasar ayam ini sudah terkenal dimana-mana, meskipun tidak bisa berkunjung ke Taliwang secara langsung, paling tidak saya bisa mencicipi hasil masakan asal NTB ala chef Ridwan.

ayambakartaliwang-10

ayambakartaliwang-12

Lalu bagaimana cara memasak Ayam Bakar Taliwang ini? Dari hasil pengamatan saya bumbunya sih sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Untuk Bahan seperti ayam kampung atau bisa diganti dengan ayam potong, minyak goreng, air perasan jeruk limau, dan air. Bumbunya seperti bawang merang, bawang putih cabai merah, tomat, kencur, terasi, gula merah, garam. Dari bahan-bahan tersebut ditambahkan pula bahan lalapan seperti kacang panjang dan selada.

Cara masaknya cukup ayam mentah tersebut dipotong, ambil bagian terbaik yang masih segar seperti pada belahan dada atau pupu 😀 atau tepong orang jawa bilang, karena bagian ini bagian yang paling enak, eh..

ayambakartaliwang-14


ayambakartaliwang-2

ayambakartaliwang-7

Ayam tersebut dilumuri dengan air jeruk limau dan garam. Setelah itu dimasukkan ke dalam panci beserta bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan diamkan selama 15-20 menit hingga daging ayam empuk. Sambil menunggu ayam sedang di masak supaya bumbunya merasuk, chef ridwan membuat lalapannya dari kacang panjang dan sambal kelapa.

ayambakartaliwang-15

ayambakartaliwang-17

ayambakartaliwang-11

ayambakartaliwang-3

Tak lama kemudian ayam sudah lumayan matang, untuk menambah aroma dan cita rasa  bumbu yang tersisa tadi dioleskan kembali kea yam lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Belahan dada atau tepong tadi dibolak balik sampai tercium aroma harum..hmm…matang lalu disajikan deh.
ayambakartaliwang-6
ayambakartaliwang-8

ayambakartaliwang-16

ayambakartaliwang-1

ayambakartaliwang-13

ayambakartaliwang-4

Karena demonya dekat Bar Aston Hotel Solo, maka minuman yang cocok untuk menemani makan siang bersama Ayam Taliwang ini adalah Cakil Mocktail, yaitu kombinasi rasa khas beras kencur yang menyegarkan dipadu dengan, mint leave, Grenadine syrup dan lime.. Bagaimana? Nyuss kan?

Iklan

20 thoughts on “Memasak Ayam Bakar Taliwang Bareng Chef Felix Ridwan

    audhina said:
    8 Februari 2017 pukul 1:01 PM

    lapaaaarr😮

      mysukmana responded:
      12 Februari 2017 pukul 2:41 AM

      langsung makan

    vita tasmodebatam said:
    1 Februari 2017 pukul 10:11 AM

    Makanan kesukaan ayee nih sepulang jaga konter KW Tas Batam Branded teman2 sering ngajak hunting makmal dan menu ayam bakar taliwang ini gak pernah bikin bosan rasanya… Btw.. nice share kakak… saya doain juga banyak rezekinya yaa..

      mysukmana responded:
      1 Februari 2017 pukul 10:25 AM

      Mksh kak vita udah mampir..aamin lancar semua

    Iwan Tantomi said:
    31 Januari 2017 pukul 8:37 PM

    Ribet juga ya, nggak semudah menyantapnya, hahaha

    Aji Sukma | www.lagilibur.com said:
    31 Januari 2017 pukul 9:02 AM

    Suka bgt sama makanan2 khas Lombok. Endeusss *LapIiler

      mysukmana responded:
      31 Januari 2017 pukul 9:03 AM

      kalau laper seharusnya kamu langsung makan mas Aji

    Fubuki Aida said:
    30 Januari 2017 pukul 5:59 PM

    Wah enak tuh ayam taliwang apalagi nikmatinnya sambil lihat proses masaknya. Duhh

    helmavania said:
    30 Januari 2017 pukul 4:47 PM

    Langkah nya banyaaaaaak.. Aku yang langsung jadi aja ahhh mau nya 😛

    Ulfarick said:
    30 Januari 2017 pukul 10:56 AM

    Wah ujan-ujan gini liat postingan kaya gini jadi laper kepingin makan,hahahaha….

      mysukmana responded:
      30 Januari 2017 pukul 11:34 AM

      saatnya makan siang nih sekarang

        Ulfarick said:
        30 Januari 2017 pukul 11:54 AM

        Ini lagi mau maksi dulu mas,cuma kaga ada ayam bakar spt yg mas posting disini,hiks hiks

    winnymarlina said:
    30 Januari 2017 pukul 10:53 AM

    kak mau Cakil Mocktail satu

      mysukmana responded:
      30 Januari 2017 pukul 11:33 AM

      segerrr banget loh mbak winny 😀

    Dita said:
    30 Januari 2017 pukul 10:43 AM

    bisaaa nihhh aku dimasakin ntar kalo ke Solo hehehe

      mysukmana responded:
      30 Januari 2017 pukul 11:29 AM

      mau dimasakin apa nih mbak Dita..?

    Ardian Kusuma said:
    30 Januari 2017 pukul 9:57 AM

    Dari dulu pengen coba masak bareng chef, pernah sih tapi menunya pizza pas Mr. Burger mau launching varian menu pizzanya..

      mysukmana responded:
      30 Januari 2017 pukul 11:33 AM

      kalau soal pizza saya suka masakan ibu saya sama tante saya om Ardian 😀

    Alid Abdul said:
    30 Januari 2017 pukul 9:18 AM

    Duh ribet, aku mau makan langsung saja wkwkw

      mysukmana responded:
      30 Januari 2017 pukul 11:29 AM

      langsung di paketin mas Alid

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s