Plating Cokelat Cinta Bareng Cheef Rudy Alila

Posted on Updated on

platinglovewithchefrudy-21

#Culinary – “Secara pribadi sih saya tidak merayakan valentine, tapi kalau di ajarin masak sama plating coklat cinta sama cheef itu pengalaman seru bagi saya ”. Cokelat bagi sebagian orang adalah makanan untuk mood boster dan menggugah rasa percaya diri dan semangat. Selain rasanya yang manis dan pahit-pahit gimana gitu, cokelat bisa di sajikan dengan penuh makna dengan plating yang sempurna.

platinglovewithchefrudy-6

platinglovewithchefrudy-5

platinglovewithchefrudy-8

Malam minggu kemarin dapat email sekaligus WA, “kak dateng ya”, “siap kak, inshaAllah” begitu jawab saya kepada salah satu staf hotel Alila Solo. Setelah hadir di acara tersebut, saya disambut dengan beberapa kru hotel termasuk Chef Rudy yang akan mempraktekan pembuatan coklat dan plating yang rencananya cokelat tersebut digunakan untuk sajian menu valentine.

Beberapa bahan sudah disediakan termasuk bantalan yang biasa disebut Marshmallow atau manisan kenyal, makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna. Marshmallow bila dimak.an meleleh di dalam mulut karena merupakan hasil dari campuran gula atau sirup jagung, putih telur, gom arab, dan bahan perasa yang dikocok hingga mengembang.

platinglovewithchefrudy-3

platinglovewithchefrudy-7

platinglovewithchefrudy-11

platinglovewithchefrudy-9

platinglovewithchefrudy-14

platinglovewithchefrudy-13

platinglovewithchefrudy-12

platinglovewithchefrudy-16

platinglovewithchefrudy-15

platinglovewithchefrudy-17

Disini Cheef Rudy mulai mengelola cokelat dengan berbagai campuran diantaranya adalah cokelat pilihan yang di campur dengan susu dan beberapa bahan lainnya lalu di kocok hingga merata, kalau mau praktik sendiri bisa menggunakan cokelat susu, cokelat pekat (dark chocolate), atau bahkan cokelat putih. FYI untuk tips untuk memasak Cokelat hingga meleleh jangan sampe diatas suhu 60’ karena bisa burn dan rasanya menjadi gak enak.

platinglovewithchefrudy-18

platinglovewithchefrudy-10

platinglovewithchefrudy-4
platinglovewithchefrudy-20

platinglovewithchefrudy-19

platinglovewithchefrudy-1

Setelah itu cokelat di cetak dengan menggunakan cetakan khusus yang berbentuk spiral, dan ditunggu hingga mengering atau mengeras. Setelah semua selesai baru deh mulai platingnya dengan menyusun Coklat Kering, Marshmallow dan beberapa bahan untuk toping lainnya. Bagaimana? Asik kan, cokelatnya udah siap dimakana nih 🙂

Iklan

26 thoughts on “Plating Cokelat Cinta Bareng Cheef Rudy Alila

    Pypy said:
    24 Februari 2017 pukul 2:06 PM

    Gilee cantikkk bangett,, Jadi sayang ga sih makannya? haha 😀

      mysukmana responded:
      24 Februari 2017 pukul 2:08 PM

      ya udah di foto saja kak jangan dimakan

    gegelin2 said:
    21 Februari 2017 pukul 9:19 PM

    Duh mas plating itu emang penting banget deh! Penampakan yang cantik sukses menggugah selera *slurp* 😉

      mysukmana responded:
      21 Februari 2017 pukul 9:46 PM

      langsung di mam mam mbak 😀

    Aiko said:
    20 Februari 2017 pukul 2:04 PM

    duh gemes dan enak banget kayaknya itu coklat2 😀 boleh banget tuh buat jualan ahahaha

      mysukmana responded:
      20 Februari 2017 pukul 2:05 PM

      hahaha..otak bisnisnya langsung jalan “Jualan”

        Aiko said:
        20 Februari 2017 pukul 2:08 PM

        hahahahha iyaa yang unyu2 gitu biasanya laku :p

    Lois said:
    19 Februari 2017 pukul 9:02 AM

    Platingnya apique dan cantique 🙂 Harus hati-hati dan teliti ya? Saya dengar ‘tempering coklat’ untuk bikin spiral misalnya, itu tidak mudah ya?

      mysukmana responded:
      20 Februari 2017 pukul 1:55 PM

      iya kak, bisa patah ditengah jalan :))

    tarjiem said:
    16 Februari 2017 pukul 2:54 PM

    Aduh kalau bentuk makanan sudah begitu, sayang sekali dimakan. Mending masuk kulkas deh 😬

      mysukmana responded:
      16 Februari 2017 pukul 5:22 PM

      terus klo masuk kulkas kapan makannya 😀

    Titik Asa said:
    16 Februari 2017 pukul 5:41 AM

    Aduh coklat…
    Sekarang cuma bisa ngiler lihat coklat, dulu suka banget, sekarang kalau makan gigi langsung terasa ngilu. Ah itu Mas,faktor U…

    Salam,

      mysukmana responded:
      16 Februari 2017 pukul 7:12 AM

      Mungkin semua ada masanya om

    Dewi Nielsen said:
    16 Februari 2017 pukul 12:34 AM

    Cuma bisa iri..pengen banget ikut kursus buat coklat…

    omnduut said:
    15 Februari 2017 pukul 9:43 AM

    Wah wah waaaaah, mau banget dilemparin sekotak *maruk hahaha.

    Iwan Tantomi said:
    14 Februari 2017 pukul 9:32 PM

    Kayak bungkus cincin ya, gak tega makan.

      mysukmana responded:
      14 Februari 2017 pukul 9:34 PM

      iya mas..tipis, tapi enak di mulut 😀

    capung2 said:
    14 Februari 2017 pukul 5:58 PM

    Bikinnya lama, makannya tnggal lep.. 😀 #yummy

    Grant said:
    14 Februari 2017 pukul 2:33 PM

    Kok bisa dapet undangan acara kayak gitu? Mau juga kalo ada. Coklatnya cantik banget ya, warna merah.

      mysukmana responded:
      14 Februari 2017 pukul 3:29 PM

      iya itu dalamnya lumer lumer gitu kak..

    Frany Fatmaningrum said:
    14 Februari 2017 pukul 1:07 PM

    Sebagai pencinta coklat, ngiler lihatnya. Saya sejak dulu otomatis terbawa suasana valentine. Karena ibuku ultah hari ini. Jadi walopun jomblo dulu gak pernah merana saat valentine. Haha.

      mysukmana responded:
      14 Februari 2017 pukul 1:48 PM

      wah berati kudu ngado ibu dong bu frany..oh pernah ngejomblo dan merana hahhaa?

    ardiantoyugo said:
    14 Februari 2017 pukul 12:02 PM

    pengen nyoba… 😆

      mysukmana responded:
      14 Februari 2017 pukul 1:47 PM

      langsung makan cokelat 😀

    Budi Santoso said:
    14 Februari 2017 pukul 11:56 AM

    koyone enak

      mysukmana responded:
      14 Februari 2017 pukul 1:47 PM

      enak nget mas

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s