Berbagai Macam Sajian Kuliner Little India Highlight di Alila

Posted on Updated on

#Culinary – “Masakan asia adalah yang masakan penuh rempah, makanya sejak dari dulu kala selalu menjadi incaran pada penjajah karena kekayaann alamnya” . Weekend adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu menikmati lezatnya kuliner, kali ini kuliner yang saya cicipi bertema Little India yang merupakan menu masakan khas negeri yang mengagungkan daging Sapi, jadi disini tidak mungkin saya temui masakan dari Sapi.

Setelah memarkirkan kendaraan di Basement lalu naik lift menuju Epice Restaurant Hotel Alila yang terletak di lantai Lobi, saya pun disambut oleh meja makan yang sudah di set up untuk makan malam. Di atas meja tersebut terdapat beberapa menu diantaranya mulai dari minuman yaitu Mumbai Passion lanjut dengan menu makanan seperti Chicken Tikka Masala, Lamb Roghan Josh dan Mango Sandesh untuk menu penutupnya. Nah, disini saya mau bahas satu persatu apa yang saya santap malam itu.

Mumbai Passion, Mumbai Passion bisa saja disebut dengan welcome drink. Karena minuman ini mengandung alcohol saya tidak meminumnya (Because I am moslem bro ). Mumbai Passion sendiri sebenarnya salah satu minuman favorit yang berasal dari Mumbai, kota terkenal di India yang pernah buat shooting Mission Imposible ini terdiri dari Vodka, Sugarcane Juice, Plan Yogurt dan Lime. Wah pasti ini minuman ala bule bule india kelas atas. Btw sebagai penggantinya saya minum air putih dingin saja yang seger.

Chicken Tikka Masala, tak lama kemudian datanglah menu yang berasal dari bahan Ayam, namanya Chicken Tikka Masala. Karena makanan india terkenal ala rempahnya bahan-bahan yang dibuat untuk membuat menu yang diberi nama Chicken Tikka Masala ini adalah seperti Ayam sebagai bahan utamanya, yoghurt, jus lemon, tomat, kacang, paprika, garam dan beberapa bahan yang terbuat dari bubuk dan terasa pedes. Chicken Tikka Masala ini adalah salah satu makanan favorit yang berasal dari Khasmir atau India Utara. Sewaktu saya mengicipi makanan ini saya jadi inget rasanya yang lebih kayak Rendang.

Lamb Roghan Josh, menu berikutnya adalah Lamb Roghan. Kalau dilihat dari tekstur dan masakannya sih hampir sama dengan Chicken Tikka Masala bumbunya, Cuma disini lebih bewarna kuning dan rasanya tidak pedes tapi lebih kea sin. Untuk memakannya lebih cocok jika didampingi dengan Nasi India, atau roti yang bernama Dal, Naad atau Papodum. Kenapa disebut Lamb, kalau kata chefnya sih dagingnya di ambil dari bagian kaki kambing, orang seperti saya menyebutnya Sampil (kayak jatah qurban bagi yang punya hewan qurban)

Mango Sandesh, terakhir adalah menu penutup yang disebut dengan Mango Sandesh, makanan ini terbuat dari bahan mangga, chenna, cardamom dan  gula. Dan sebagai makanan penutup atau istilah orang hotel yaitu Desert.



Dari makanan-makanan hindia diatas masih banyak sebenarnya makanan pendamping lain yang saya icipi, dikit-dikit tapi komplit he..he..he.. dengan nama nama yang sangat asing bagi saya yaitu Assorted Dips, Snapper Amrisari, Calmart, Mushroom Kurkue, Aloo Tikki Papdi Chaat dan Vegetable Samosa. hmm…masakan little india memang kaya akan rempah pokoknya, bagaimana pengen mencobanya?

Iklan

5 thoughts on “Berbagai Macam Sajian Kuliner Little India Highlight di Alila

    Nita Lana Faera (@Nita_nitnotnit) said:
    21 Maret 2017 pukul 3:00 PM

    Yang chicken tikka iya kayak rendang. Lamb Roghan tampilannya cukup unik. Asyik nih, serba kulineran India, saya taunya nasi biryani aja 😀

      mysukmana responded:
      21 Maret 2017 pukul 5:35 PM

      nasinya itu jg yummy mbak nita 🙂

    bersapedahan said:
    20 Maret 2017 pukul 3:03 PM

    bene2 kaya rempah …. kayaknya saya belum pernah deh makan makanan india …
    mungkin mesti nginep dulu di hotel alila ini dulu kali ya … 🙂

      mysukmana responded:
      21 Maret 2017 pukul 4:24 AM

      Gak harus nginep kak, langsung cuzz aj bs..tp mlm

    gunturcahyono said:
    20 Maret 2017 pukul 9:21 AM

    enak banget kuwi…

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s