Melihat Terbitnya Matahari di Gunung Bromo

Posted on Updated on

bromo-7

Travel – “Keindahan alam seperti di Bromo, adalah anugrah terindah dari Tuhan YME untuk negara kita, Indonesia”.  Dimulai sekitar jam tiga dini hari, disaat matahari masih bersembunyi di belahan bumi bagian timur dan malam masih gelap gulita berselimut kabut dan dinginnya udara. Untuk menikmati sunrise saya harus menuju puncak dengan kendaraan yang tentunya diperlukan kesabaran dikarenakan kondisi jalan yang tidak mulus, menanjak, berbelok-belok serta tidak adanya penerangan selama perjalanan.

bromo-6

Selain deretan gunung, diantara kabut terdapat sebuah Pura yang sangat di banggakan oleh Suku Tengger. Masyarakat Suku Tengger menjadikan agama Hindu adalah agama yang di anutnya. Nama Gunung Bromo sendiri konon mengacu pada Dewa Brahma pada Agama Hindu, dimana mereka masih mempertahankan tradisinya.  Salah satu kegiatan masyarakat Suku Tengger adalah Upacara Kasada yang diadakan setiap tahun puncak Gunung Tengger. Sayang waktu berkunjung kesana tidak di waktu yang bersamaan.

bromo-8

bromo-10

bromo-11

bromo-12

bromo-13

bromo-14

bromo-16

bromo-19

Setelah subuh, rona merah terlihat di muka langit sebelah timur, menandakan Matahari menampakkan dirinya diantara kabut tebal dan deretan gunung di kawasan Taman Nasional Bromo. Pesona keindahan  beberapa Gunung diantaranya adalah Bromo, Batok, Widodaren dan Semeru serta puncak gunung Tengger yang hampir selalu diselimuti kabut tebal membuat mata ini terpana. Moment inilah yang sangat cocok untuk mengabadikan dengan foto siluet berlatar belakang kabut langit dan mentari pagi.

bromo-15

bromo-3

bromo-20

bromo-2

bromo-17

bromo-18

bromo-4

bromo-5

bromo-9

Hari sudah beranjak siang,  langit sudah mulai memutih dan kawasan ini mulai ramai dengan wisatawan domestik dan mancanegara baik yang naik maupun turun gunung melalui anak tangga. Kabut waktu demi waktu telah hilang, dan digantikan dengan uap kawah gunung Bromo yang masih aktif. Beberapa kudapun sudah menunggu untuk siap ditunggangi oleh para traveler dan wisatawan yang hendak menyewanya dengan latar belakang gagahnya gunung Bromo. Batin saya “Tiada Kebesaran Allah yang bisa di tandingi oleh apapun

Iklan

36 thoughts on “Melihat Terbitnya Matahari di Gunung Bromo

    Princhesta said:
    16 April 2017 pukul 7:22 AM

    Huhuu, pemandangan Gunung Bromo emang ga ada duanya, baca blog ini mangkinan kuat niat mau kesana. Kapan2 mau ah trip kesana :’) (nunggu open trip yg jadwalnya pas)

    Pernah dong ada temen moto cowok lg down on knee gitu ngelamar cewek di depan pemandangan Gunung Bromo (tetiba mupeng)

    evrinasp said:
    25 Maret 2017 pukul 12:34 PM

    brrrrrrr, merinding lihat kabutnya, aku belum nulis tentang bromo, soalnya ke sana pas zaman belum ngeblog, lupa deh sama catatannya

    nbsusanto said:
    23 Maret 2017 pukul 8:06 PM

    3 taun lalu kesana pas kabut.. 😦
    semoga segera bisa kesana lagi dan semoga cerah..

      mysukmana responded:
      23 Maret 2017 pukul 8:11 PM

      Aamiin, yuk main lagi ke Jatim

    myrosmala said:
    23 Maret 2017 pukul 3:34 PM

    Masyaa Allah keren ya, aku pas ke sana nggak dapet sunrise 😦

      mysukmana responded:
      23 Maret 2017 pukul 4:09 PM

      mungkin kak rosmala bangunnya kurang pagi ya 😀

        myrosmala said:
        23 Maret 2017 pukul 5:05 PM

        mungkin mentari sedang ingkar janji, hehe.. soalnya dilapisi kabut tebal, dan malu untuk menampakkan diri 🙂

          mysukmana responded:
          23 Maret 2017 pukul 5:49 PM

          Apalah..begitulah keadaannya hehee

    Titik Asa said:
    23 Maret 2017 pukul 2:51 PM

    Luarrr biasa…indah nian pemandangannya Mas.

    Belum pernah nih saya ke Bromo. Kalo Dieng saya pernah, dan sempat juga melihat matahari terbit dari Gunung Sikunir.

    Salam,

      mysukmana responded:
      23 Maret 2017 pukul 4:09 PM

      Salam juga bapak 🙂

    Mira said:
    23 Maret 2017 pukul 2:27 PM

    Hiks… belum pernah ke Bromo. Semoga segera bisa kesana. Aamiin

      mysukmana responded:
      23 Maret 2017 pukul 4:09 PM

      saya doakan bu Mira bisa segera menikmati indahnya ciptaan Allah SWT 🙂

        Mira said:
        23 Maret 2017 pukul 4:15 PM

        Aamiin… saya pernah lihat Bromo dari Semerunya. Tapi belum ke Pananjakannya

    Mira said:
    23 Maret 2017 pukul 2:25 PM

    Tes.. Ko ga bisa komen ya sebelumnya

      mysukmana responded:
      23 Maret 2017 pukul 4:08 PM

      halo bu, bisa komen kok..cuma harus saya approve dulu 🙂

        Mira said:
        23 Maret 2017 pukul 4:15 PM

        Bukan, tadi yang pertama ada notif errornya. Hehe…

          mysukmana responded:
          23 Maret 2017 pukul 5:48 PM

          Skg udh bisa kan

            Mira said:
            23 Maret 2017 pukul 6:11 PM

            Iya Mas 🙂

    guss! said:
    23 Maret 2017 pukul 1:28 PM

    Muantabs

    Fajrin Herris said:
    22 Maret 2017 pukul 11:32 PM

    Duh Gn.Bromo. Sunrise dsana sangat bagus banget dah mas. Dsana ada jam nya gak mas untuk melihat Sunrise

    ndu.t.yke said:
    22 Maret 2017 pukul 6:23 PM

    Terakhir kesana pas 17 Agustus 2011 atau 2012 gitu ya. Lupa 🙂

    lindaleenk said:
    22 Maret 2017 pukul 6:07 PM

    Wahhhhh
    *minta outing ke Bromo

    Emeraldine said:
    22 Maret 2017 pukul 3:36 PM

    Indah sekali sunrisenya, jadi pengen ke bromo hehe

      mysukmana responded:
      22 Maret 2017 pukul 3:47 PM

      langsung kesini kak silahkan

    Pram & Amelia said:
    22 Maret 2017 pukul 9:55 AM

    Pengen bromooo!!!

      mysukmana responded:
      22 Maret 2017 pukul 11:47 AM

      langsung cuzz ke jawa timur kak

    shintadaniel said:
    22 Maret 2017 pukul 7:59 AM

    wah keren foto2nya, sunrisenya juga kece banget….

      mysukmana responded:
      22 Maret 2017 pukul 8:13 AM

      Moment ny hrs bnr bnr pas bu..

    Hendi Setiyanto said:
    22 Maret 2017 pukul 7:31 AM

    ke sini pas kapan pak?

      mysukmana responded:
      22 Maret 2017 pukul 7:36 AM

      View week ago..pripun?

        Hendi Setiyanto said:
        22 Maret 2017 pukul 7:40 AM

        gpp pengin tau aja heheh

          mysukmana responded:
          22 Maret 2017 pukul 7:47 AM

          Tau ap tau banget..wkwk

            Hendi Setiyanto said:
            22 Maret 2017 pukul 8:40 AM

            banget juga bisa, karena aku mikir, njenengan kan sibuk banget sebagai blogger hits jadi penasaran pas ke sininya (bromo) aku pikir tahun lalu atau kapan gitu

    ceritariyanti said:
    22 Maret 2017 pukul 7:18 AM

    Saya selalu suka Bromo dari jaman kecil dulu… selalu indah, selalu rasanya magis banget view kabut-kabutnya ya… dan sunrisenya itu lhoooo… kerennn.

    Deddy Huang said:
    22 Maret 2017 pukul 5:22 AM

    Sunrisenya dapet banget yaa..

    Kamu ada hitung ga ada berapa anak tangga di bromo?

      mysukmana responded:
      22 Maret 2017 pukul 2:43 PM

      aduh hitung? kurang kerjaan om haha..saya fokus dapet sunrisenya hehe

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s