Stay Over and Dinner dengan “Kembul Bujono”

Posted on Updated on

#Culinary – “Menikmati makanan secara kembulan itu bisa mendatangkan rasa kebersamaan diantaranya”. Mas? Besok bisa stay over bisa ga sambil dinner bareng? Ajak keluarga yah. Begitu suara dari handphone saya. Yup long weekend kemarin akhirnya saya memutuskan untuk menginap semalam di salah satu Hotel yang berada di kawasan Karanganyar Solo yaitu Alana.

Setelah Check In di siang hari dan santai sambil ngeteh , malamnya langsung mengikuti acara peluncuran Kembul Bujono yang merupakan tata cara makan sebagai ungkapan rasa syukur.Kembul Bujono Sendiri merupakan tata cara makan dimana dimana orang-orang bersama-sama duduk nenikmati hidangan sebagai simbol bahwa setiap manusia memiliki kedudukan sama di hadapan Gusti Allah. Kali ini Kembul Bujono yang bisa dinikmati ada tiga paket, yaitu paket Papandayan khas Jawa Barat, Paket Merapi khas Jawa Tengah dan paket Semeru khas Jawa Timur.

Malam itu saya bersama tamu undangan lainnya menikmati Paket Papandayan terdiri dari sayur asem, nasi putih, nasi merah, tumis tauge ikan asin, semur jengkol, ulekuteuk leunca, pepes ikan asin bilis, tahu tempe goreng, lalapan mentah dan rebus, aneka kerupuk, sambal dan es cincau selasih.

Namun kata F&B Manager, jika ingin memesan lagi juga tersedia Paket Merapi yaitu sop manten, nasi putih, nasi liwet, tumis kangkung belacan, ikan bumbu mangut, ayam goreng kalasan, sambal krecek tahu, dendeng ragi, kering tempe, bacem ati, pepes tahu, tempe mendoan, aneka krupuk, aneka sambal, lalapan dan es dawet Pasar Gede

Berikutnya yaitu Paket Semeru terdiri dari sop merah, nasi putih, nasi empok, sayur lelawar, sambal tumpang, ayam bakar Lumajang, baceman tahu tempe, besengek daging, tahu pepeul, telur penyet sambal kemiri, teri bumbu pedas, lentho, aneka kerupuk, kremesan, sambal dan es buto ijo. Nah, untuk makan makanan seperti enak memang pas kalau diiringi dengan musik keroncong , apalagi suasana kota Solo sangat mendukung sekali. Njawani banget pokoknya.

Kalau temen-temen mau makan kembulan  seperti ini, bisa memesan langsung loh ke Alana dengan harga per orang Rp 125.000 per orang, dengan pemesanan minimal 10 orang. Gimana asik kan makanan kembulan bareng-bareng seperti ini. Tentunya makan dengan cara kembulan mengingatkan saya waktu jaman kecil dulu, makan kembulan dengan alas daun pisang, rasanya pasti lebih nikmat dan seru.

Iklan

16 thoughts on “Stay Over and Dinner dengan “Kembul Bujono”

    bersapedahan said:
    5 April 2017 pukul 8:50 PM

    menu makannya tradisional banget … saya suka, dasar lidah ndeso .. kalau makan yang barat2 ga doyan .. hehe

      mysukmana responded:
      5 April 2017 pukul 11:24 PM

      Tetep dadi wong ndeso ae mas, sederhana tp nikmat..hihii

    Liza Fathia said:
    3 April 2017 pukul 10:14 PM

    Enak banget makan dengan alas daun pisang ya mas. Aku jadi lapar

      mysukmana responded:
      4 April 2017 pukul 7:55 AM

      Maem dong mak..)

    EgiyantinaNS said:
    2 April 2017 pukul 9:16 AM

    😅😅😆

    EgiyantinaNS said:
    2 April 2017 pukul 9:05 AM

    Seruuuu makannya, nasinya nasi liwet kan mas? Disinipun lagi demam makan diatas daun pisang 😆

      mysukmana responded:
      2 April 2017 pukul 9:06 AM

      Tp kmrn sy nasi metah..lg hit y

        EgiyantinaNS said:
        2 April 2017 pukul 9:10 AM

        Nasi mentah? Nasi biasa kali mas haha

          mysukmana responded:
          2 April 2017 pukul 9:12 AM

          Merah mksdnya..kyk dfoto..typo hihii

    Ulfarick said:
    1 April 2017 pukul 11:11 AM

    Klo dulu waktu aku kecil pas ulang tahun selalu makan bancakan kaya gitu mas,ibuku bikin beberapa masi ditaruh ditampah dan dialasi daun pisang trs makan deh rame2,enak dan seru meski lauknya cuma ayam goreng,telor suir2 dan perkedel tapi nikmat dn sekarang malah ngehits lagi ya makan dialasi daun pisang.

    Roy Vandi Tambunan said:
    1 April 2017 pukul 9:48 AM

    itu makan nya pakai daun pisang ya. wah seru pasti itu. kamarnya juga ok saya lihat , boleh lah di tag di kalender kesini nanti

      mysukmana responded:
      1 April 2017 pukul 9:59 AM

      Iya kak, tradisional pokoknya..monggo kak k solo

    ajheris said:
    1 April 2017 pukul 5:48 AM

    makan pake daun pisang rame rame itu lagi ngehits bgt ya sekarang. sebagai penggemar daun pisang aku sudah bayangin pasti enak

      mysukmana responded:
      1 April 2017 pukul 6:40 AM

      Iya kak..lg hit nih skg

    Deddy Huang said:
    1 April 2017 pukul 5:03 AM

    Yah masih subuh mas….

    Eh itu mau liwetan juga pake alas daun pisang?

      mysukmana responded:
      1 April 2017 pukul 6:40 AM

      Iya..sayur asemnya d mangkuk

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s