Jual Beli Barang Bekas dengan Modal Jari-Jemari bersama Prelo

Posted on Updated on

Lifestyle – “Tidak ada salahnya menjual barang bekas, yang penting masih punya kualitas“. Jika bisa menggunakan jari untuk mendapatkan rejeki, kenapa tidak? Jaman dulu, untuk mendapatkan barang, orang harus bekerja keras. Menggunakan langkah kaki, mengantar kesana kemari hingga resiko tinggi yang mungkin selalu menghantui. Belum lagi pengalaman saya pribadi, kalau ikut nungguin istri belanja di mall atau supermarket itu bikin capek, banyak tenaga yang dikeluarkan, mondar-mandir cari barang yang cocok, belum lagi kalau pas belanjanya tanggal muda, di antrian dikasir harus melapangkan dada (sabar).

Pada hakekatnya manusia ingin semuanya serba praktis dan mudah.

Hal ini sangat berbeda dengan kehidupan saat ini, khususnya kaum milenial. Di jaman serba canggih, orang bisa melakukan apa saja hanya dengan menggeser dan menyentuh dengan jari. Hal inilah yang membuat orang-orang harus bersyukur karena serba dimudahkan, saat ingin membutuhkan barang tertentu tinggal klak klik komputer atau nyentuh-nyentuh di smartphone dengan membuka marketplace yang sudah disediakan di internet.

Dengan maraknya perdagangan di internet atau online banyak orang yang mempertanyakan : belanja online itu banyak aman atau tidak sih? Jangan-jangan banyak penipuan? Terus kira-kira kalau pengen beli barang yang kualitas bagus, harga miring atau mungkin barang bekas bisa atau tidak? Menurut saya aman-aman saja terlebih buat para pedagang maupun pemebeli barang second.

Kini semua itu bisa dilakukan dengan marketplace terbaru yang spesialis menawarkan barang bekas antar sesama user yang sudah terdaftar di Prelo. Jadi bagi yang memiliki barang bekas, sudah tidak terpakai dan kondisinya masih bagus bisa dijual di Prelo.

Prelo – Jual Beli Barang Bekas,  Aman,  Berkualitas.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Prelo tidak hanya berbasis web. Tetapi aplikasi Prelo kini sudah tersedia untuk Android dan iOS. Sehingga siapapun yang menggunakan mobile phone bisa tetap melakukan transaksi secara aman untuk mendapatkan maupun menjual barang bekas yang berkualitas. Karena sistem aplikasi prelo sudah menggunakan rekber (rekening bersama).

Lalu bagaimana cara memulai bisnis barang bekas dengan menggunakan Prelo?

Download Prelo di Playstore atau iOS

Langkan pertama untuk bisa mendownload aplikasi Prelo anda harus mempunyai smartphone berbassis Android maupun iOS. Lalu bisa download di link ini untuk Android dan iOs untuk anda yang mempunyai smartphone berbasis Apple. Nah ini adalah hasil screen shoot saya untuk aplikasi yang berbasis android yang saya install.

Tampilan depan Prelo Mobile

 setelah proses installasi selesai, maka akan tampil tampilan utama dari Preo. Beberapa kategori mengenai barang bekas yang di jual di market place preo lumayan banyak macamnya. Barang tersebut mulai darui kategori untuk wanita, pria, kecentikan, buku, gadget, barang hobi, barang antic, produk rumahan hingga produk untuk bayi dan anak. Andapun bisa mengurutkan data barang dari a-z termasuk dari harga.

Mendaftar sebagai Member Prelo

Sebelum melakukan transaksi jual beri barang bekas, tentunya saya harus mendaftarkan terlebih dahulu sebagai member Prelo, sekali daftar anda sudah bisa menjadi pembeli atau penjual dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi maupun website Prelo. Pada saat mendaftar harus mengisi beberapa data diri seperti nama, nomor handphone, alamat utama dan pilihan kurir.

Cari Barang Bekas Berkualitas dengan Filter

Nah disini bisa terlihat beberapa barang bekas menurut kategori, pertama adalah editor pic. Barang-barang ini merupakan barang terbaik pilihan tim Prelo dan sangat direkomendasikan. Atau jika kurang berkenan juga bisa memilih barang berdasarkan kategori  sera filter lainnya seperti berdasarkan merk, top pencarian hingga custom filter.

Dengan menggunakan jari dan menyentuh foto maka profile barang tersebut akan di tampilkan mulai dari siapa penjualnya, kategorinya apa, merek, berat, ukuran, kondisi, lokasi asal dan alasan kenapa barang tersebut dijual hingga spesifikasi serta kondisi barang bekas tersebut. Jika belum yakin, bisa bertanya terlebih dahulu mengenai barang tersebut di kolom komentar.

Jangan Khawatir, Lakukan Transaksi dengan Aman

Untuk transaksi Prelo menggunakan rekening bersama yang di kelola oleh tim Prelo. Dengan menekan tombol Beli pada saat membeli barang berarti anda akan membeli barang tersebut, di layar akan ditampilkan ringkasan barang serta, alamat tujuan, metode pembayaran, voucher (jika ada) hingga sub total.

Status Transaksi

Setelah melakukan pembayaran maka bisa di cek melalui notifikasi, status  apakah  yang ada di notifikasi tersebut hingga status proses kirim. Dari sinilah tinggal menunggu barang tersebut dikirim ke alamat tujuan sesuai dengan alamat profile saat registrasi.

Selain Cari Barang, Juga bisa Menjual Barang Lho

Tidak selamanya barang bekas hanya bisa menjadi rongsokan yang tidak bermanfaat. Mungkin bagi sebagian orang, barang tersebut tidak ada gunanya atau sudah tidak terpakai, namun mungkin bagi orang lain disana masih membutuhkannya. Untuk itu ketika menjadi member Prelo, ada fitur yang memudahkan untuk menjual barang.

Pada fitur ‘jualan saya’ dapat mengupload gambar mulai dari gambar utama hingga sisi lain, pemilihan kategori, kondisi, alasan di jual, merk, harga ketika membeli dan harga yang akan di jual di Prelo.

Sebagai contoh disini saya akan menjual smartphone bekas yang sudah tidak saya gunakan, dulu pertama beli dengan harga 1.3 juta. Lalu saya akan menjualnya dengan harga 600rb. Alas an dijual karena sudah ada smartphone baru, kondisi smartphone saya saat ini bagian plugin charger rusak. Jadi harus diganti. Selain itu normal semua, makanya saya harus mengisikan form-form  sebagai berikut.

Tentunya saya harus jujur menceritakan barang tersebut dan menyesuaikan dengan harga pasar smartphone second tersebut pada saat saya menjual barang tersebut. Setelah selesai semuanya, maka barang akan ditampilkan di menu ‘Jualan Saya’. disini juga ada panduan untuk penjual dari akun youtube resmi Prelo

Sekian review aplikasi Prelo dari saya Dhanang Sukmana Adi, semoga menjadi manfaat. Tidak hanya mencintai barang bekas tapi bisa menjadi Preloved dari aplikasi ini. Bagaimana? Punya barang bekas dirumah yang masih berkualitas tapi tidak dipakai bisa dijadikan untuk penghasilan tambahan kan? Dengan aplikasi untuk para Preloved sangat mudah menjual barang dengan jari jemari.

Iklan

18 thoughts on “Jual Beli Barang Bekas dengan Modal Jari-Jemari bersama Prelo

    evrinasp said:
    23 Mei 2017 pukul 5:07 AM

    Pingin sekali-kali jual barang yg sudah tidak terpakai, tapi kok ya takut gak laku hehe, mau nyoba di prelo barangkali bisa ya

      mysukmana responded:
      23 Mei 2017 pukul 11:46 AM

      iya kak evrina, kalau punya barang bekas di jual saja disini..

    Deddy Huang said:
    21 Mei 2017 pukul 11:43 PM

    aku ketinggalan info lomba ini :(( semoga diperpanjang…

      mysukmana responded:
      23 Mei 2017 pukul 11:46 AM

      sepertinya di perpanjang kak dedy, silahkan klo mau ikitan..

        Deddy Huang said:
        23 Mei 2017 pukul 12:56 PM

        Lihat kondisi badanlah.. ngejer lomba tp badan ga sehat…

          mysukmana responded:
          23 Mei 2017 pukul 1:05 PM

          cepet sembuh koh..biar bisa ngeblogss lagi..istirahat dl ..

    Inklocita said:
    21 Mei 2017 pukul 8:31 PM

    boleh juga nih prelo, sejauh ini udah coba tokopedia, bukalapak, shoppee, carousell, olx, tinkerlust, hahhaha mau ah download prelo. kalo seller terima pembayrannya gimana? lama ga? atau kayak tokopedia masuk ke tokocash gitu

      mysukmana responded:
      23 Mei 2017 pukul 11:47 AM

      iya banyak banget sekarang marketplace, cuma klo prelo memang khusus barang bekas kak

    titialfakhairia said:
    21 Mei 2017 pukul 7:18 PM

    Aamiinn… Hmmm aplikasi ini cocok buat yang suka numpkm barang di rumah 🙂

      mysukmana responded:
      23 Mei 2017 pukul 11:48 AM

      iya bu titi..ayo langsung cuzz jual barang disini

    delinarahayu said:
    20 Mei 2017 pukul 10:24 AM

    Sebenernya lumayan banyak ya media kayak gini, seperti bukalapak yg juga bisa jual new or preloved stuffs dan uda pake rekber juga. Ada jg seperti Carousell tp belum pake rekber. Saking banyaknya jd bingung mau pake yg mana, mirip2 juga soalnya 😅

      mysukmana responded:
      23 Mei 2017 pukul 11:49 AM

      jangan bingung kak, klo ada barang bekas yang bermutu serta bermanfaat langsung by prelo hahah

    Djangkaru Bumi said:
    19 Mei 2017 pukul 5:02 PM

    Tidak bisa pakai komputer PC ya ? jadi penasaran, ingin menjual barang-barang bekas dirumah.

      mysukmana responded:
      23 Mei 2017 pukul 11:49 AM

      bisa kak pake PC atau laptop, ada yang versi webnya di prelo.co.id

    winnymarlina said:
    19 Mei 2017 pukul 4:45 PM

    aku malah nyari mac bekas kak tp blm nemu2

      mysukmana responded:
      19 Mei 2017 pukul 4:46 PM

      Disini ada kak.cb search bag gadged

    didisahertianblog said:
    19 Mei 2017 pukul 4:32 PM

    Wah bagus juga yah kak sukma didi dan abang rendang juga hobi belanja online terimakasih untuk reviewnya 🙂

      mysukmana responded:
      23 Mei 2017 pukul 11:50 AM

      sama sama mbak didi dan suamik..:D

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s